Aksi pesepeda yang menghentikan konvoi Motor Gede (Moge) di Yogyakarta cukup menyita perhatian publik. Berbagai tanggapan pun bermunculan menanggapi aksi sosial yang dilakukan Elanto Wijoyono ini. Ada yang beranggapan positif dengan menganggap Elan mewakili suara banyak masyarakat yang terganggu dengan adanya konvoi motor. Di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa aksi yang dilakukan Elan tersebut hanyalah sekedar mencari sensai semata.

Terlepas dari berbagai tanggapan bebas yang dilontarkan publik, Hipwee ingin berbagi tips untuk semua pengguna jalan yang senang melakukan konvoi. Tips ini juga terinspirasi dari meme-meme yang muncul dari aksi penyegatan motor gede di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

1. Agar tidak mengganggku perjalanan lalu lintas pengendara lain, kamu bisa konvoi di sirkuit balap.

Konvoi di sirkuit via www.path.com

Cara paling aman agar kamu dapat konvoi dengan aman tanpa mengganggu siapa pun adalah dengan konvoi di sirkuit balap. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika konvoi di sirkuit balap. Yang pertama, tentu saja kamu tak perlu khawatir akan mengganggu pengguna jalan yang lain. Di sirkuit balap tidak ada lampu merah, sehingga kamu tidak perlu takut dianggap menerabas lampu merah. Sirkuit balap juga memiliki jalan yang mulus dan tidak ada polisi tidurnya, jadi kamu bebas konvoi sekencang-kencangnya. Tak hanya naik motor gede, kamu juga bisa konvoi dengan mobil.

2. Konvoi yang paling aman, tertib, dan tidak mengganggu dari zaman dahulu kala adalah konvoi kereta api. Walaupun ada banyak, gerbong tetap nggak bikin satu kota macet kan?

Konvoi naik kereta via www.path.com

Advertisement

Kalau dipikir-pikir, dari dulu kereta api sudah konvoi beriring-iringan setiap hari tapi nggak mengganggu lalu lintas. Mungkin, kamu harus meniru cara konvoinya kereta api agar dapat kovoi dengan tertib dan tidak menggangu jalan. Kereta api bisa jalan beriringan dengan tertib karena memiliki jalan sendiri yang disebut dengan rel. Nah, kalau begitu agar konvoimu dapat tertib, teratur, dan tidak mengganggu pengguna jalan lain kamu bisa membuat jalan sendiri. Namanya juga jalanmu sendiri, jadi bebas mau dipakai konvoi, mau dipakai tiduran juga boleh.

3. Konvoi akan bermanfaat bagi orang lain dan tidak bikin pengguna jalan lain sewot ketika kamu konvoi bersama gerobak makanan. Mereka yang lapar bisa langsung pesan.

Konvoi bersama tukang soto via www.path.com

Waktu sedang konvoi ada baiknya kamu bersama dengan beberapa rombong makanan. Hal ini membuat konvoimu terlihat semakin unik dan lain dari pada yang lain. Orang-orang yang melihat tidak akan merasa terganggu. Sebaliknya, mereka akan merasa senang karena jika ada yang kelaparan bisa langsung pesan makan. Sungguh konvoi yang bermanfaat, bukan?

4. Konvoimu tidak akan mengganggu pengguna jalan lain jika kamu konvoi dengan menggunakan sepeda treadmill.

Konvoi pakai sepeda treadmill via www.path.com

Tak hanya anak motor yang harus tertib di jalan, terutama saat konvoi. Anak sepeda pun tetap harus tertib di jalan saat melakukan konvoi. Untuk kamu anak sepeda yang ingin konvoi tapi tidak mengganggu jalanan sekitar, kamu bisa mencoba dengan konvoi mengguna sepeda treadmill. Sekencang-kencangnya kamu mengayuh sepeda tread mill, kamu tidak akan mengganggu pengguna jalan lain. Kamu pun tetap bisa menggowes bersama-sama teman sepedamu yang lainnya. Tetap ramai-ramai, berkeringat, dan yang penting tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

5. Atau kamu bisa menggunakan sepeda anak-anak yang berbentuk seperti motor gede. Tetap keren, kece, dan tidak mengganggu pengguna jalan lain lho!

Konvoi naik sepeda anak-anak via www.path.com

Kalau kamu ingin tampil keren dengan motor besar tapi tidak ingin mengganggu jalanan, ada baiknya kamu konvoi dengan menggunakan sepeda bermodel motor besar. Saat ini produsen sepeda sangat kreatif menciptakan berbagai jenis dan variasi sepeda. Salah satunya dengan model sepeda pacal yang berbentuk jenis sepeda motor besar. Umumnya, sepeda jenis ini didesain untuk sepeda ukuran anak-anak. Tapi, kalau kamu ingin menggunakannya untuk konvoi tidak masalah sih selama kamu nyaman dengan itu. Kamu akan tampil gagah dengan sepeda motor gede, tapi tetap tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

6. Konvoimu juga akan terasa santun bila dengan cara dituntun.

Sesekali gantian nyegat sepeda konvoi via www.path.com

Kalau kamu masih bersikeras ingin menggunakan motor gedemu untuk konvoi keliling kota, ada cara yang paling ampuh agar konvoimu tetap santun. Kamu bisa mencoba konvoi dengan motor gedemu tapi dengan cara dituntun. Dengan demikian, kamu tidak akan menimbulkan suara yang berisik dan kecepatan laju sepeda motormu pun dan disesuaikan dengan kondisi dan stamina tubuhmu. Konvoi motor gede dengan cara dituntun ini pastinya juga membuat badanmu semakin sehat dan kuat. Dengan menuntun kendaraanmu ketika konvoi, kamu akan semakin terlatih untuk mengawasi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Ada banyak cara agar konvoimu berjalan lancar tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Yang perlu kamu pahami adalah saling respek antar sesama pengguna jalan. Mau bawa motor, mobil, sepeda, semua harus santun dan menaati rambu lalu lintas saat di jalan raya.