“Jomblo, jomblo! Nasibmu malang nian!”

Barangkali kamu juga sedang mengalami hal serupa. Baru saja atau telah lama putus dari kekasih dan kelimpungan menghadapi hidup ini sendirian. Yang biasanya dihadapi selalu berdua, kini terasa datar dijalani sendirian. Belum lagi keseharianmu cuma melihat pasangan lelaki dan perempuan pacaran.

Syukur-syukur kalau putus, ada juga yang belum pernah punya pacar sama sekali. Bukan karena pilihan, tapi belum berkesempatan saja.

Tunggu dulu! Lihatlah dulu keluar dan saksikan betapa banyak jomblowan dan jomblowati yang bahagia. Bukannya sedih, mereka justru menikmati kesendiriannya. Hidup betul-betul mereka rasakan secara penuh. Bagi mereka, menjadi jomblo itu membanggakan dan sebuah prestasi tak ternilai. Seperti apa misalnya?

1. Kalau lagi shopping di mall bareng pacar, si cowok pasti kebagian tugas bawa belanjaan yang berat. Di waktu yang sama, si jomblo malah tertantang menjajal adrenalin.

Duh capek, capek! via www.fuccha.in

Advertisement

Duit ilang, capek iya! Ngenes deh!

Sementara itu, si jomblo…

Kapan lagi bisa begini via giphy.com

Ayok, semangat! Sebentar lagi sampai puncak! Ini akan jadi prestasi terkinimu!

2. Ada juga yang sering jadi supir pribadi. Pulang kampus, langsung jemput, jalan-jalan, anter pulang. Beda sama jomblo yang bebas terjun ke kegiatan sosial.

Mau tahu sesuatu gak? Gue bosen gini terusss via giphy.com

Keseharian si taken. Kuliah – jemput pacar – jalan-jalan – antarin pulang – repeat.

Kamu bisa menambah skill dan pengalaman sebagai relawan. via giphy.com

Hebatnya si jomblo ikut berbagai macam organisasi untuk menambah keterampilannya. Bahkan ada juga yang bergabung menjadi relawan. Ilmu makin banyak, relasi pun semakin erat.

3. Gak cuma itu aja, sih. Jomblo itu bebas karena gak ada yang ngatur harus begini begitu.

Bebas, gak ada yang sok ngatur… via vogue.tumblr.com

Kamu tuh, kalau jadi cewek bangunnya harus pagi. Nyapu, masak dulu sebelum dandan. Bla bla bla

Pasanganmu, entah laki-laki atau perempuan, bisa jadi bumerang juga. Ketika memilikimu, ia membekali beragam aturan dan larangan. Mungkin tujuannya baik. Kenyataannya, sering gak betah juga dicerewetin mulu.

4. Gak ada pacar, waktu jadi lebih efisien. Yang tadinya ngerjain tugas sambil chatting-chatting manja, sekarang fokus, fokus, & fokus!

Yes, kelar! Gak sia-sia sampe badan pegel ngerjainnya. via giphy.com

Bayangkan dengan sebelumnya. Waktu mengerjakan tugas kuliah direlakan untuk jalan-jalan, nonton bioskop, belanja, dan ngobrol ngalor-ngidul. Kesempatan jalan dengan keluarga juga dibuang. Dengan hilangnya pacar, waktu lebih luang untuk mengerjakan hal yang jadi kewajiban kamu.

5. Jomblo juga gak punya kekhawatiran ditanyai macam-macam oleh orang tua pacar.

Gak ada lagi kamu digalakin sama camer. via 36.media.tumblr.com

Rumahnya dimana, dek? Kuliah gak?

Anak siapa? Golongan darahnya apa? Ningrat atau umum?

Belum juga jadi mertua, udah nanya kayak lagu Jamrud. Padahal kamu suka sebel banget ditanyain yang aneh-aneh sama ortu si doi. Dalam hati kamu cuma bisa balas bernyanyi:

Why you gotta be so rude?

Don’t you know I’m human too?

6. Yang pasti terasa efeknya adalah irit selama jadi jomblo. Sebab jadwal jalan-jalan semakin berkurang.

Nabung buat traveling via www.pinterest.com

Uang jalan-jalan dan hiburan bisa ditabung deh.

7. Pas pacaran, mesti mikir ribuan kali sebelum ngajak doi makan. Tapi sekarang, makan di angkringan atau pinggir jalan juga enak, kok!

Jajanan kayak gini kok disia-siain? via giphy.com

Sayang banget kan uangnya buat makan di mall terus! Di pinggir jalan malah ada makanan yang lebih enak dan murah!

8. Saldo tabunganmu semakin bertambah. Ini berkat rasa ‘menahan diri’ selama menjomblo.

Kayaaa… via giphy.com

Udah, anggap aja sebagai santunan selama jadi jomblo. Tidak selamanya jomblo itu merana, bro! Haha…

9. Seorang jomblo seharusnya menikmati momen ini. Di saat yang lain tengah ribut dengan pacarnya, kamu malah bebas ke mana-mana.

Ceweknya lagi marah tuh… via giphy.com

Mereka yang berpacaran bisa saja ribut karena masalah-masalah yang sesungguhnya sepele. Ada yang sampai nangis, ada juga yang sampai tidurnya terganggu. Sedangkan jomblo…

Jomblo bahagia ala Mbak Syahrini via photo4.ask.fm

Aku sangat menikmati banyak bunga-bunga dan aku mau bobok di sini. I feel free!

10. Pastinya, kamu punya banyak waktu buat mengejar kesuksesan!

Finally… via giphy.com

Coba lihat berapa kali si Taylor Swift dicampakkan dan menjomblo? Kalau gak jomblo, mana bisa dia bikin lagu-lagu hits soal patah hati. Kalau kamu terus-terusan disibukkan sama urusan pacarmu, kapan juga kamu mematangkan diri dan menjadi sukses? Bukankah sukses perlu usaha, proses, dan waktu sendiri? Malahan kesempatan untuk menjadi sukses ini semakin melekatkanmu pada predikat jomblo berkualitas.

I like being single. I’m always there when I need me 🙂

So, bagaimana? Kamu masih takut jadi jomblo? Masih merasa jomblo itu ngenes? Mulai sekarang, berbangga hatilah menjadi single!

Bangga menjomblo via sd.keepcalm-o-matic.co.uk