Selain pertanyaan, “Kapan kawin” pertanyaan lainnya yang gak kalah menyeramkan dan sulit dijawab adalah:

“Kapan lulus?”

Entah kenapa pertanyaan jenis ini terdengar bukan seperti bentuk perhatian tapi lebih bersifat sindiran. Memang sih, gak baik berprasangka buruk, tapi ngapain coba nanyain pertanyaan yang bikin banyak hati mahasiswa jadi terluka?

Nah kalau kamu saat ini sudah seharusnya lulus tapi belum dan sering dapat pertanyaan kayak di atas, berikut ini Hipwee berikan 10 referensi jawaban yang bisa diberikan pada orang yang suka nanya-nanya kamu lulusnya kapan:

1. Tatap matanya dalam-dalam dan bilang “Kenapa sih kamu tanya hal itu terus sama aku? Capek tahu nggak ditanyain ini melulu!”

kemampuan aktingmu dipertaruhkan di sini via giphy.com

Advertisement

Kadang-kadang untuk membuat orang bersimpati dan berhenti bertanya tentang hal-hal sensitif kayak gitu, perlu sih akting ala-ala artis FTV. #Cmiiw

2. Cuma di masa kuliah saja ada siswa dikasih gelar ‘Maha’. Sebagai manusia biasa kamu hanya mau nikmatin masa ini selama mungkin.

kapan lagi ya kan bergelar maha?? via rizaldp.wordpress.com

SD = namanya siswa SD

SMP = namanya siswa SMP

SMA = namanya siswa SMA

Kuliah = namanya MAHAsiswa

Kapan lagi jadi MAHA selain semasa kuliah? Masa iya mau dilewatin secepat itu?

3. Kamu bisa saja sebenarnya lulus tepat waktu, tapi tepatnya kapan itu yang kamu belum tahu.

kapan ya? via giphy.com

Papa: “Jadi kapan Bang mau lulus?”

Kamu: “Biar waktu yang menjawab, Pah…”

4. Atau, kalau mama kamu yang nanya dan bingung mau jawab apa lagi: Silahkan jawab dengan ‘Okay mah’ biar aman.

okein saja terus via oceanup.com

Mama: “Kamu gimana sih kuliah gak lulus-lulus. Itu anaknya Bu Yanti aja lulusnya cepat padahal kuliahnya teknik mesin”

Kamu: “Oke mah…”

Mama: “Lagian mau ngapain sih lama-lama, memangnya enak kuliah terus?”

Kamu: “Oke mah…”

Mama: “Gak malu apa ga lulus-lulus. Mama nih malu di tanyain tetangga kamu kok belum selesai-selesai”

Kamu: “Oke mah…”

Mama: “Oke-oke melulu dari tadi”

Kamu: “Oke mah…”

Dan begitu seterusnya sampai beliau nyerah sendiri…

5. Kamu juga bisa coba jawaban kayak: “Lulus cepat? Huh, terlalu mainstream

sambil pasang sombong gini via giphy.com

Cari jawaban yang membuatmu ‘terlihat’ keren, meskipun nyatanya sama sekali enggak.

6. Jawaban penuh percaya diri macam ini bisa juga kamu ucapkan:

sambil pasang tambang begini via giphy.com

“Kalau lulus secepatnya, kebayang gak gimana sedihnya kampus ini kehilangan aku sebagai mahasiswa kesayangan mereka?”

Ya memang sih kamu sendiri gak tahu apakah kampusmu itu memang sayang atau enggak sama kamu. Tapi ini bukan masalah benar/salah, yang penting jawab bro.

7. “Memangnya kalau sudah lulus beneran kenapa? Mau ngajak nikah yaaaa? Aaah so sweet

mau nikahin aku ya bang? via giphy.com

Tanyakan ini hanya kalau dia lawan jenis. Eits, tapi kalau kamu juga suka yang sesama, Hipwee gak melarang kok.

8. “Besok kalau seangkatan sudah pada lulus. Biar saja mereka duluan, jagoan belakangan!”

ngalah gue bro via giphy.com

Sebagai seseorang yang jiwanya penuh rasa tenggang rasa, haram hukumnya mendahului yang lain.

9. “Pas SNMPTN saja aku mati-matian biar bisa masuk masuk kampus ini. Ini sudah masuk, ngapain buru-buru keluar?”

buru-buru itu gak perlu via giphy.com

Mungkin kamu adalah salah satu mahasiswa PTN yang merasakan gimana dahsyatnya perjuangan mau masuk di kampus tersebut. Kalau iya, bisa tuh pakai alasan di atas.

10. Terakhir jawablah dengan lantang sembari menyulap kata-katanya Chairil Anwar: “Aku ingin hidup kuliah 1000 tahun lagi”

semangaaat via giphy.com

Setelah mengucapkannya berdoalah supaya gak ada malaikat lewat dan mengamini kalimatmu barusan.

Dari 10 jawaban rekomendasi Hipwee tadi, gunakan kalimat-kalimat tersebut saat sedang bercanda saja. Karena kalau lagi serius ditanyain ginian, kamu bisa kena damprat orang. Eh by the way, mau nanya dong

“Sebenarnya kamu mau lulus kapan sih?” :p