Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan ulah seorang pemilik akun Facebook bernama Indriasantika Kurniasari. Pasalnya, perempuan ini mengunggah foto presiden Indonesia Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi yang sedang menggunakan pakaian adat Maluku. Netizen marah bukan hanya karena dia mengunggah foto sang presiden tapi gara-gara caption yang dibikinnya. Indriasantika Kurniasari dianggap menghina presiden karena dia menyebut Jokowi “Raja Kodok”.

MAAF MAU TANYA NI. INI RAJA KOSOK PAKE BAJU ADAT DAERAH MANA YA? APA DOI INGIN BERSAING DENGAN KING SALMAN YA? SAMPAI SEGITUNYA DALAM MENCARI KOSTUM, HANYA KARENA INGIN BERSAING DENGAN KING SALMAN | Indriasantika Kurniasari

Tentu saja kalimat ini memicu kemarahan publik apalagi masyarakat Maluku yang merupakan pemilik baju adat tersebut. Kasus inipun ditanggapi serius oleh masyarakat dan akan diseret ke meja hukum. Nah, seharusnya ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar menjaga lisan dan tulisan dimanapun. Kalau kamu juga nggak tahu baju adat yang dipakai ini, berikut penjelasannya.

Inilah pakaian adat yang membuat heboh setelah seorang pengguna Facebook menghina Jokowi yang menggunakannya merupakan pakaian kebesaran Raja Maluku

Pakaian kebesaran Raja Maluku via pojoksatu.id

Pakaian yang sempat membuat heboh ini ternyata berasal dari Maluku. Pada hari Jumat (24/2) lalu, presiden Jokowi mendapat gelar kehormatan dari tetua adat Maluku, ““Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku” yang artinya pemimpin besar yang peduli terhadap kesejahteraan hidup masyarakat adat Maluku. Pada saat penganugerahan tersebut, Jokowi melewati proses pasawari adat, lalu dipakaikan jubah kebesaran, kain ikat pinggang, dan mahkota kebesaran. Tak lupa perwakilan adat Maluku juga memberikan pemberian tongkat komando adat.

Pakaian adat dari Maluku ini memang banyak modelnya. Dan yang dipakai oleh presiden ini adalah baju kebesaran Raja Maluku

Advertisement

Jokowi saat dipakaikan baju kebesaran Raja Maluku via image-serve.hipwee.com

Kalau selama ini kamu nggak pernah lihat model baju adat Maluku seperti ini mungkin wajar. Karena baju yang dipakaikan kepada presiden Jokowi merupakan pakaian kebesaran Raja Maluku. Berbeda dengan pakaian adat sehari-hari masyarakat. Pakaian kebesaran ini didominasi oleh warna putih dan merah namun juga ada sentuhan warna emasnya. Pakaian ini terdiri dari Jubah Kebesaran berwarna putih, kain bahu dan kain pinggang berwarna merah, mahkota serta tongkat kehormatan. Gagah banget ya baju Raja Maluku satu ini.

Untuk masyakaratnya, pakaian adat maluku terlihat lebih simpel namun tetap didominasi oleh warna putih dan merah

Pakaian masyarakat adat tentu berbeda dengan pakaian kebesaran Raja. Pakaian adat masyarakat Maluku terlihat lebih simpel. Pakaian yang dikenal dengan nama baju Cele atau kain Salele ini memang mengandung nilai estetis dan filosofis tinggi. Baju cele berwarna merah terang ini dihiasi dengan motif garis-garis emas atau perak berbentuk kotak biasa. Kalau untuk pria, baju Cele ini dibuatkan jas. Untuk dalamannya, para pria biasa menggunakan kemeja berwarna putih dan kain pinggang. Sedangkan bawahannya bisa berwarna putih atau hitam. Sedangkan bagi wanita digunakan sebagai bawahan, dengan atasan berbentuk kebaya panjang, lengkap dengan kain yang menutupi dada dan disematkan di bagian bahu. Khusus untuk kaum wanita ada aksesori yang dikenakan seperti konde, bunga ron, dan kak kuping.

Nah, jadi kamu udah paham ‘kan pakaian apa yang dikenakan oleh Jokowi ini? Keberagaman Indonesia ini harusnya kita jaga dan lestarikan, bukan malah menghinanya. Mengenal adat suku lain itu penting, biar wawasanmu bertambah dan tentunya kebanggaanmu sebagai bagian dari NKRI semakin besar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya