Tiap tahun, usia orang selalu bertambah ditandai tiupan lilin. Entah itu teman, sahabat, orangtua, pacar, mantan, gebetan, pacarnya gebetan tetangga kamu, atau mungkin kamu sendiri. Berbagai hal selalu kamu lakukan demi menyenangkan hati mereka, dari wujud yang paling kecil seperti ngucapin lewat chat sampai memberi kejutan langsung ke rumahnya dengan kado segede kebon. Salah satu cara paling basi simpel dari macem-macem cara ngasih ucapan tadi adalah: bareng-bareng menyanyikan lagu Happy Birthday.

Happy birthday to you

Happy birthday to you

Happy birthday, dear …..

Happy birthday to you

Saking mengakarnya dalam tradisi perayaan ulang tahun, lagu yang aslinya berjudul “Happy Birthday To You” itu diklaim sebagai lagu berbahasa Inggris yang paling dikenal di dunia versi Guinness World Records. Kadang kala, kita juga pakai lagu perayaan ulang tahun kepunyaan Indonesia sendiri, dengan lirik:

Selamat ulang tahun, Kami ucapkan.
Selamat panjang umur! Kita ‘kan doakan.
Selamat sejahtera, sehat sentosa!!
Selamat panjang umur dan bahagia!

Tapi apa iya kamu nggak bosan menyanyikan dua lagi itu melulu tiap tahunnya? Padahal per-tahunnya bisa berulang kali kita hadir di momen-momen perayaan hari jadi. Sejumlah musisi melihat peluang itu, dan menciptakan lagu-lagu yang khusus diracik dengan tema ulang tahun. Nah, coba deh dicek, siapa tahu bisa jadi alternatif biar tambah berkesan.

 Selena Gomez – Birthday 

Advertisement

Diambil dari debut albumnya yang berjudul Stars Dance (2013), Birthday yang menjadi lagu pembuka di album ini mengajak kita berpesta semalam suntuk. Dengan lirik yang terus diulang-ulang seperti “Tell ‘em that is my birthday, Tell ‘em that is my birthday,” penyanyi jelita yang akan melawat ke Indonesia pada pertengahan tahun 2016 ini mengatakan jika ketika kita berpesta, berpura-puralah jika hari ini adalah hari ulang tahunmu, agar semakin bahagia.

Katy Perry – Birthday 

Lagu ketiga dari album Prism (2013) yang berdurasi 3.35 menit ini nggak jauh beda sama lagu dari Selena Gomez di atas yang masih bertemakan tentang pesta. Birthday bahkan jadi single yang meraih capaian lumayan secara komersial. Namun, usut punya usut, ada referensi berbau seksual di liriknya.

The Beatles – Birthday

Dengan model lagu rock lawas dekade 60’an, kuartet legendaris ini ingin memberi tahu kalau ada seorang teman yang tengah berulang tahun, berarti kita pun juga berulang tahun. “They say it’s your birthday, It’s my birthday too, yeah.” Lagu berdurasi 2.45 menit ini memang bukan salah satu lagu populer dari The Beatles, tapi bukan berarti nggak enak juga kan?

Jamrud – Selamat Ulang Tahun

Kalau dari belantika Indonesia, lagu ini mungkin adalah lagu pop bertemakan ulang tahun yang paling tenar. Udah nggak terlalu asing pula kalau kita mendapati lagu ini dijadikan lagu alternatif pas momentum perayaan ulang tahun di kafe-kafe atau tempat umum. Ada yang diputar lewat rekamannya, ada juga yang dibawakan langsung dengan gitar dan koor dari teman-teman. Selain chord gitar yang simpel, liriknya yang memang catchy bikin lagu ini gampang diingat.

Endank Soekamti – Heavy Birthday

Belum terlalu lama lagu ini dirilis, yakni di tahun 2014 lalu dalam album KOLABORASOE. Kocaknya, di lagu berdurasi 3.12 menit ini, Endank Soekamti menyuruh kita bertobat sebelum kiamat lho di liriknya. Emang sih, kita nggak boleh seneng-seneng aja pas lagi ulang tahun, tetep harus inget sama yang di atas juga ya.

Pee Wee Gaskins – Selama Engkau Hidup

Butuh lagu ulang tahun yang berenergi dengan lirik yang bernuansa warna-warni dan anak muda banget? Selama Engkau Hidup yang dirilis tahun 2010 ini termasuk salah satu lagu andalan Pee Wee Gaskins di album Ad Astra Per Aspera. Kendati tidak seperti lagu-lagu lain yang hampir selalu mencantumkan embel-embel ‘birthday’ atau ‘ulang tahun’ di judulnya, Selama Engkau Hidup tetap ditujukan sebagai cara alternatif dalam mengucapkan selamat ulang tahun lho. Plus video musik dengan konsep kesemarakan untuk menyuguhkan kejutan yang mungkin bisa kamu tiru buat temenmu!

Gigi – Selamat Ulang Tahun

Dirilis di tahun 1997, lagu besutan band kawakan, Gigi dari album bertajuk 2×2 ini cocok banget buat kamu nyanyiin buat pasanganmu. Pasalnya, ada beberapa lirik yang manis banget seperti “Semoga kita selalu bersama. Dalam canda dan tawa. Yang masih tersisa,” so sweet banget kan? Sound-nya sih terdengar jadul. Tapi nggak janggal kok kalau dibawain bareng-bareng secara langsung dengan iringan kocokan gitar akustik.

Nah, sekarang cek kalender deh, siapa nih yang bentar lagi ulang tahun. Jadikan momentum dirgahayunya lebih berkesan dengan iringan lagu-lagu yang lebih variatif.