“Cewek matre… cewek matre… ke laut aje!”

Sepenggal lagu jadul yang sempat hits di tahun 90-an itu seolah jadi pengingat kaum cowok kalau banyak cewek matre yang berkeliaran di sekitarnya. Istilah cewek matre sudah lama didengar. Istilah tersebut berasal dari kata matrealistis yang berarti memeningkan materi. Biasanya cewek disebut cewek matre karena punya banyak keinginan yang bersangkut paut dengan materi, seperti pacar yang kaya atau minta dibeliin ini itu yang sering bikin cowok-cowok keki.

“Semua cewek di dunia ini sama saja! Matre!”

Tapi, apa benar semua cewek itu matre? Kira-kira apa ya alasan cewek jadi matre?

1. Orang tua udah kerja keras siang-malam supaya kehidupan anak perempuannya terjamin. Terus pas gede cowok tiba-tiba dateng mau ngajak hidup susah bersama, situ oke?

Malu-maluin diri sendiri aja via berita2nasional.blogspot.com

Advertisement

Dari kecil, cewek sering lihat bapaknya kerja keras banting tulang. Pergi pagi-pagi, pulang malam-malam. Meskipun anak ceweknya tahu kalau bapaknya lelah, si bapak selalu tampak gembira. Bahkan, si bapak sering pulang bawa oleh-oleh untuk anak ceweknya. Mati-matian bapaknya bekerja keras supaya keluarganya bisa hidup nyaman dan berkecukupan. Begitu si anak cewek sudah besar, ada cowok datang. Dia belum punya kerjaan, lulus aja belum. Kerjaannya cuma main game di warnet. Cowok itu mengajak si cewek untuk menjadi pendamping hidupnya dengan… susah bersama. Mas, situ oke?

2. Cowok selalu pingin ceweknya terlihat cantik, tapi mereka nggak ngerti harga gincu itu mahal!

Butuh modal besar via lifestyle.okezone.com

Kalau liat model-model di televisi, mata cowok langsung berbinar. Supaya menyenangkan hati cowoknya, cewek selalu berusaha untuk tampil cantik. Cowok tentu pingin punya cewek cantik yang bisa dipamerkan ke teman-temannya. Padahal untuk tampil cantik itu nggak murah. Untuk alat-alat makeup saja cewek bisa menghabiskan uang minimal Rp. 500.000,- belum pakaian yang pantas agar semakin terlihat cantik. Cewek juga harus memperhatikan tampilan rambut, tangan kaki, bahkan seluruh tubuh. Enggak mau berkorban keluar duit? Jangan komplain kalau cewek kamu tampil seadanya.

3. Dalilnya suka cewek yang cantik natural. Hei, yang organik itu sekarang harganya dua kali lipat lebih mahal. Tahu?

Apalagi yang begini via www.getscoop.com

“Kan nggak harus dandan. Aku tuh suka cewek yang kecantikannya natural,”

Pernah dengarkan kalau sayur mayur yang organik harganya lebih mahal?  Begitu juga dengan kecantikan. Perawatan kecantikan yang natural itu harganya lebih mahal. Kalau mau murah coba dari cewek kamu masih kecil kamu minta seluruh badannya dibalut seperti mumi ke mana-mana, biar tetap bersih cemerlang.

4. Kata Pak Ustadz, memang sudah seharusnya suami jadi tulang punggung keluarga. Dengerin tuh!

Coba tanya Pak Ustadz via hellohijabers.wordpress.com

Pernah nyimak nggak kultwit-nya pak ustadz di twitter? Suami itu tugasnya jadi tulang punggung keluarga. Sudah kewajiban suami untuk mencukupi semua kebutuhan keluarga, termasuk istri. Wajar dong kalau cewek nuntut punya cowok yang mapan secara materi.

5. Pas PDKT cowok sukanya baik-baikin. Traktir, ngajak traveling beliin ini dan itu, padahal cewek nggak minta juga kok.

Kamu aja kalik yang emang kere via ask.fm

Sebenarnya cewek nggak menuntut kalau nggak dipancing. Waktu PDKT, cowok sering keliatan sok baik dihadapan cewek. Tiap main ke rumah bawa martabak aneka rasa yang katanya harganya ratusan ribu itu. Terus, kasih hadiah-hadiah kecil. Padahal, si cewek sama sekali nggak minta. Terus salah siapa? Salah ge? Salah temen-temen gue?

6. Terus, kalau cintanya ditolak bilang: “Dasar semua cewek sama aja. Matre semua!”

Tembakan yang mematikan via www.2lucu.com

Setelah dana PDKT habis, si cowok memberanikan diri untuk menembak cewek. Si cewek yang belum ada rasa si cowok dengan jujur menolak cewek dan seketika patahlah hati cowok. Dengan kegengsian yang tinggi setelah ditolak cewek, cowok berteriak sekencang-kencangnya. “Cewek matre semuanya!” Padahal siapa juga yang minta dibeli-beliin macam-macam.

7. Cowok menuduh cewek nggak bisa sabar nunggu cowoknya yang sedang berjuang. Kurang sabar apa mas? 8 tahun nunggu kamu belum lulus juga, eh si cewek udah naik jabatan dua kali.

Cita-citanya selangit tapi nggak aja yang beres via abal-abal.com

Cewek: “Kamu kapan sih bisa punya penghasilan supaya hubungan kita bisa lanjut lebih serius? Papa nanyain terus tuh…”

Cowok: “Duh, beb! Kamu ini nggak bisa sabar ya? Kamu nggak liat selama ini aku berusaha mati-matian. Kamu sabar dong menemani aku berjuang meraih mimpi,”

Cewek: “Meraih mimpi apaan? Kemarin kamu pingin jadi pemain band beli alat-alat band, sekarang kamu pingin jadi fotografer beli alat-alat foto. Tapi, hasilnya apa? Lulus kuliah aja belum!”

Bukannya nggak bisa sabar menemani cowok dari bawah, tapi kalau kenyataannya cowok nggak usaha apa-apa ya mau sampai kapan nunggunya. Sementara si cewek udah punya jenjang karir yang jelas.

8. Sekarang sudah banyak cewek yang kerja keras buat dirinya sendiri. Terus, situ masih mau berdalil hidup sederhana?

Masih mau ngajak hidup susah? via www.pulsk.com

Mulai dari yang kerja di bank, dokter, sampai di proyek bangunan, berbagai profesi ditekuni oleh cewek masa kini. Mereka mati-matian bekerja keras untuk bisa membanggakan orang tuanya dan untuk menghidupi dirinya sendiri. Enggak jarang lho cewek juga harus lembur sampai malam atau bekerja saat liburan. Terus, situ yang cowok masih mau menganggap cewek yang nggak mau diajak hidup sederhana itu matre?

9. Cowok suka ngajak cewek untuk sukses sama-sama, mulai dari nol. Nah, kalau ceweknya udah sukses, emang dia mau sama kamu?

Yakin seleranya kamu? via memegenerator.net

“Aku memang sekarang nggak punya apa-apa, tapi nanti suatu hari kita pasti sukses bersama-sama,”

Ini lagi nih modus cowok. Kalau cewekmu udah sukses sepertinya seleranya bukan kamu deh!

10. Modal cinta doang nggak cukup bikin cewek kenyang meskipun makannya pakai nasi.

Makan tuh cinta! via memegenerator.net

Ortu pacar: “Kamu mau melamar anak saya? Kamu punya apa?”

Cowok: “Saya punya cinta, Om!”

Coba kamu ke supermarket, beli beras, gula, telor, ayam, sayur, daging, sabun, sampo, pembalut, terus bilang sama mbak kasirnya mau bayar pakai cinta. Kalau bisa, mungkin nggak akan lagi ada namanya cewek matre.

11. Intinya, cewek itu nggak matre. Mereka cuma realistis, hidup nggak bisa ngandalin sekedar makan cinta.

Hidup yang realistis aja via s1333.photobucket.com

Kalau selama ini orang menganggap cewek itu lebih emosional dan cenderung nggak realistis. Jelas-jelas itu salah. Soalnya, cewek justru lebih realistis bahwa hidup nggak sekedar makan cinta maka dia perlu seseorang yang siap secara materi.

Jadi, cewek itu bukan matre tapi realistis. Ingat itu!