Pastinya, hampir semua orang pernah mengalami kehabisan uang di tanggal tua. Namun, bagi para mahasiswa perantauan, hal ini seperti sudah menjadi salah satu kegiatan rutin bulanan. Memang benar ada mahasiswa yang sangat berkecukupan, namun rata-rata anak mahasiswa perantauan pasti pernah mengalami yang namanya kehabisan uang di tengah bulan.

Nah kali ini Hipwee Boys akan membahas tentang beberapa cara hidup hemat supaya di tanggal tua kamu masih tetap biasa bahagia. Tentu saja cara-cara di bawah ini bisa dipakai oleh siapa pun, namun cara-cara di bawah ini dikembangkan berdasarkan kehidupan mahasiswa cowok yang memang kadang nggak memiliki rasa malu. Berbeda dengan cewek yang lebih banyak kadar malu dan sungkannya. Yuk, langsung disimak aja!

1. Makan dua kali sehari di warung makan prasmanan. Kayaknya banyak deh mahasiswa yang melakukan ini

Makan dua kali tapi banyak! 😀 via 1.bp.blogspot.com

Salah satu cara paling biasa dipakai oleh para mahasiswa dalam menghemat uang adalah dengan makan dua kali sehari. Biasanya makan pagi sering dilewati karena rata-rata para mahasiswa memang bangun agak siang kalau nggak ada kuliah pagi. Nah setelah itu, pas jam istirahat siang, mereka makan di rumah makan prasmanan yang nasinya bisa ngambil sendiri. Bukannya membedakan, namun cewek mungkin akan sulit melakukan ini karena cewek nggak biasa makan banyak dalam satu waktu.

Dengan nasi yang banyak, biasanya rasa lapar baru akan menyerang nanti sekitar jam 6 atau 7 malam. Nah, pada jam itu, baru makan malam dengan cara yang sama. Dengan makan malam berporsi besar, kalaupun kita bangun pagi, pastinya rasa lapar belum akan menyerang. Jadi hari esoknya, kita bisa melewatkan makan pagi dan langsung makan siang aja. Memang hal ini agak kurang sehat sih, namun saat kebiasaan ini sudah menjadi siklus, maka biaya makan kita akan terpotong 30%. Hemat, ‘kan?

2. Cari teman sebanyak-banyaknya. Hal ini akan sangat membantu untuk penghematanmu

Cari teman banyak biar banyak yang nraktir via blog.misteraladin.com

Mungkin kelihatannya nggak ada hubungannya dan justru bisa bikin hidup kita boros. Namun sejatinya, punya banyak teman akan sangat membantu dalam program penghematan. Hubungan antara hemat dan banyaknya teman tidak bisa dirasakan secara instan, namun hanya bisa dirasakan dalam jangka panjang. Misalnya saja begini, kalau kamu punya 10 teman dan semuanya traktiran ulang tahun, berarti kamu sudah bisa menghemat biaya makan malam selama 10 hari bukan?

Selain itu, jika kita punya teman akrab, kita nggak akan malu untuk bilang kalau kita sedang nggak punya duit dan meminta untuk ditraktir. Lagi-lagi tanpa bermaksud membedakan, hal ini cenderung dilakukan oleh cowok karena cowok seringnya nggak malu kalau minta traktir ke temannya, beda dengan cewek yang mungkin  masih punya gengsi. Ingat ya, hal ini hanya bisa dilakukan kalau kita sudah sangat akrab dengan teman yang kita minta untuk mentraktir ya. Kalau baru kenal sudah digituin, dia bisa nggak jadi temanmu. 😀

3. Cari pacar. Memang kadang bisa bikin boros, tapi di sisi lain juga bisa bikin kita berhemat

Bayarnya gantian 😀 😀 via hipwee.com

Cara ini juga termasuk cara jangka panjang. Hal ini baru bisa dirasakan kalau kita mampu mencari pacar yang benar-benar baik. Kita bisa bikin program sama cewek kita tentang makan bersama. Contohnya aja gini, dalam sebulan katakanlah kalian bertemu sebanyak 10 kali. Maka, 5 kali kita yang bayarin dan 5 kali lainnya dia yang bayarin. Kesannya memang sama aja, tapi hal ini mirip dengan arisan. Tanpa sadar kamu bisa menghemat cukup banyak uang dan di lain sisi kamu sekarang bisa makan berdua, nggak sendiri lagi.

Cara ini baru bisa dinikmati jika kita bisa nyari cewek yang nggak matre. Kalau dapatnya cewek matre ya sama juga bohong. Bukannya hemat, kamu malah bakalan diporotin habis-habisan nantinya. Ada banyak cewek baik di luar sana, jadi jangan menyerah untuk mencari. 😀

4. Pilih gadget yang memberimu banyak keuntungan. Karena benda ini adalah salah satu dari sekian yang paling bikin cowok boros

Yang hemat banyak untungnya via cdn.bursahpsamsung.com

Gadget adalah salah satu hal yang bikin cowok boros. Seperti yang kita ketahui bahwa gadget selalu berkembang tiap hari dan hal ini sering dijadikan sebagai #AlasanGantiBaru oleh para cowok-cowok. Selain itu, cowok cenderung boros juga dalam hal perlengkapan gadget dan kuota internet. Buat sekadar berselancar di media sosial atau buka hiburan yang lain. Untuk hal yang satu ini, Hipwee Boys ingin memberikan solusi yang bisa mencakup semuanya. Semudah memilih gadget yang punya fitur mumpuni dan memberi banyak gratisan. Nah, anak kos paling suka nih sama yang serba gratisan. Samsung Galaxy On7 adalah pilihannya.

Kualitas yang nggak perlu dipertanyakan lagi, bikin kamu males beralih ke yang lain. Samsung Galaxy On7 juga siap memberikanmu bonus yang bertubi-tubi buat dinikmati anak kosan. JBL Microwireless Speaker bisa kamu dapat secara gratis buat dengerin lagu nina bobo sebelum tidur. Kalau kamu tipe orang yang punya motto nonton 1 film 1 hari, kuota gratis dari Indosat sebanyak 12 GB, kuota Stream On Iflix plus Spotify 1 GB, dan nelpon & SMS ini bisa kamu nikmati mulai 2 Desember 2016. Yang nggak sabar buat dapet gratisan, angkat tangan!

Cara-cara penghematan di atas memang dibangun dari kebiasaan para cowok, namun bukan berarti cewek tidak bisa mempraktekannya. Dengan cara-cara diatas, dijamin deh, akhir bulan tidak akan menjadi momok lagi bagi kalian para mahasiswa perantau yang masih mengandalkan “gaji” dari orang tua.