Persahabatan cowok itu kasar, penuh makian dan umpatan. Akan tetapi, di baliknya, persahabatan mereka saling menyimpan rasa sayang, simpati dan empati.

Beberapa dari kamu mungkin bakal keheranan dengan istilah bromance. Biar nggak bingung, Hipwee Boys coba kenalin dulu yak. Jadi, bromance itu sebuah kata slang yang berarti hubungan persahabatan antara dua lelaki. Sebagai informasi, kata tersebut berasal dari kata brother dan romance.

Namun istilah bromance bukan tentang penggambaran hubungan asmara antar sesama cowok lho. Melainkan pertemanan yang benar-benar akrab atau “kenthel”, begitu masyarakat suku Jawa menyebut. Kali ini, Hipwee Boys mau mengajak kamu untuk lebih tahu ‘kenapa cowok itu wajib punya bromance dan manfaat apa saja yang bisa didapat. Yuk langsung geser aja ke bawah!

1. Rasa malu bisa membuatmu merasakan kesepian. Namun adanya ikatan bromance, kamu nggak bakal merasakannya lagi deh~

dsadas via pbs.twimg.com

Kalau kamu lagi punya masalah, dan di saat yang sama nggak punya teman akrab, biasanya akan merasakan kesepian. Sedangkan, kesepian itu awalnya datang karena adanya rasa malu. Malu mengungkapkan yang ingin kamu ungkapkan. Namun beda cerita kalau kamu berada dalam hubungan bromance. Sangat mungkin rasa malu tersebut kamu dobrak. Nggak bakal lagi kesepian deh~

2. Jiwamu lebih sehat. Sebab, kamu dapat berbagi beban pikiran dengan sahabatmu

Advertisement

Ilang stresnya via mirror.co.uk

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti University of California mengungkapkan, manfaat sebuah hubungan bromance. “Sebuah hubungan bromance bisa menjadi suatu yang baik,” ujar pemimpin penelitian, Elizabeth Kirby, dikutip dari Berkeley.edu.

Pandangan masyarakat memang sering negatif terhadap hubungan persahabatan anta sesama lelaki ini. Kenapa? ya karena secara sosial cowok digambarkan sebagai makhluk penyendiri yang tidak butuh siapapun. Namun nggak usah kuatir, Kirby membela para pegiat bromance dengan jawaban tegas. “Punya teman cowok (bagi cowok) bukan berarti nggak maskulin!” tuturnya. Pertemanan yang sehat bukan hanya ketika kamu berlomba-lomba memiliki badan yang bugar dan atletis, tapi juga bisa saling memberikan wadah satu sama lain untuk kesehatan rohani dan mental.

3. Kamu jadi punya kawan untuk berlomba-lomba untuk urusan kesehatan, terutama bentuk badan

lomba sixpack via e0.365dm.com

Sebuah penelitian dari University of Pennsylvania menemukan fakta bahwa hubungan bromance dapat berpengaruh pada kesehatan orang-orang yang terlibat. Ketika kamu punya sahabat, dan sama-sama punya obsesi soal bentuk tubuh, maka kamu bisa berlomba-lomba atau menciptakan persaingan sehat. Efeknya bisa lebih terasa ketimbang kamu hanya melakukannya pembentukan tubuh cuma sendirian.

4. Keterbukaan emosional memungkinkan kamu mereduksi perasaan stres yang berkecamuk dalam jiwa

Yang penting happy! via thoughtcatalog.com

Bersantai, tertawa, berbagi masalah dan gila-gilaan bareng sahabat cowok adalah cara ideal untuk menghindari tekanan kehidupan sehari-hari. Manfaat ini jelas berlaku untuk sebuah hubungan bromance. Pada tahun 2013, sebuah penelitian dilakukan di Inggris ihwal hubungan bromance. Hasil penelitian tersebut menyarankan bahwa cowok harus bertemu dengan sahabat-sahabat cowok lainnya minimal dua kali seminggu.

Di sisi lain, Adam Bisby, seorang penulis asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa bromance memiliki manfaat kesehatan untuk mereduksi stres. “Kalau kamu punya sahabat yang terbuka, kamu bisa mengurangi hormon stres yang bisa merusak diri kamu dari waktu ke waktu. Kematianmu pun bisa agak lebih jauh karena jauh dari stres,” tulis Bisby.

5. Memunyai sahabat cowok bisa memperluas lingkaran sosialmu. Channel-mu bisa makin luas deh

Lingkaran sosial makin luas via i.huffpost.com

Buat kamu yang punya seorang sahabat cowok, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bromance adalah bertambahnya pertemanan. Kamu bakal sangat mungkin diperkenalkan dengan teman-temannya yang lain, pin begitu sebaliknya. Jelas sebuah keuntungan kalau lingkaran sosialmu meluas. Menambah teman bisa berarti juga menambahnya bala bantuan ketika kamu berada dalam situasi yang tak kamu inginkan.

6. Nggak perlu bingung lagi kalau kamu punya kebuntuan dalam urusan asmara. Kamu bakal bisa berbagi cerita, saran hingga kritik

Bisa curhat blak-blakan via i.huffpost.com

Situasi buntu yang bisa kamu temukan di usia-usia saat ini biasanya tentang masalah percintaan. Namun hubungan bromance bisa menjadi obat bagi kegalauanmu dalam masalah percintaan. Kamu bisa saling bertukar cerita dan bertukar saran untuk mengatasi kebuntuan. Ketika kamu punya hubungan bromance, nggak bakal ada lagi yang namanya ketertutupan. Menunjukkan kesedihan pun bisa jadi hal yang wajar.

Dalam persahabatan jenis ini, jangan harap kamu sebagai cowok bakal mendapatkan pujian yang menjijikan layaknya persahabatan cewek dan cewek. Paling-paling ejekan dan hinaan yang bakal kamu dapat, tapi justru tindakan-tindakan itulah yang bikin hubungan bromance makin kental. Konklusinya adalah cowok jangan pernah takut untuk menciptakan hubungan pertemanan bromance. Dari sana kamu bisa dapat banyak sekali keuntungan. Tenang, punya sahabat cowok tidak bikin kamu terlihat cemen kok. 😀