Hidup ini adil, kalau kita semua bisa merasakan segala hal dengan seimbang tanpa ada ketimpangan. Tapi kadang hidup ini memang nggak adil sih. Sebab masih ada beberapa hal yang memang nggak bisa disamaratakan. Terlebih bagi cewek, masih ada beberapa hal yang cenderung lebih diskriminatif pada kaum Hawa. Seperti beberapa kebijakan dari pemerintah yang jelas merugikan cewek.

Padahal, sudah begitu masif kegiatan atau suara-suara dari kaum Hawa untuk kehidupan tanpa bias gender atau kesetaraan gender yang diidamkan oleh semua lapisan masyarakat tanpa adanya diskriminasi beberapa pihak. Tapi tampaknya usaha itu nggak berpengaruh banyak pada kebijakan beberapa pemerintah di kawasan ini. Sebagai bukti, Hipwee Boys akan mengulas beberapa larangan aneh yang diskriminatif pada cewek dari berbagai daerah. Simak nih!

Cewek di Yordania dilarang mengendarai motor, apalagi yang berhijab. Katanya, ini melanggar norma masyarakat

Sudah sejak lama, Yordania melarang cewek untuk mengendarai motor, hingga 2008 lalu. Apalagi bagi mereka yang berjilbab. Tapi peraturan yang tergolong sebagai larangan norma sosial konservatif ini ditentang oleh beberapa cewek Yordania yang tergabung dalam klub motor di negara Timur Tengah itu. Alasannya, cewek berjilbab memang nggak selayaknya menunggangi motor. Padahal, menurut salah seorang anggota klub motor mengatakan bahwa kerudung hanyalah bagian dari sebuah pakaian, dan hal itu nggak bisa menjadi larangan untuk cewek mengendarai motor.

Di Tessin, Swis, cewek dilarang menggunakan hijab panjang atau burqa. Mereka akan didenda hingga 8.000 pound sterling!

Demi menghargai budaya. via sputniknews.com

Sebenarnya ini bukan hanya untuk para cewek muslimah saja. Tapi lebih pada siapapun yang mengenakan pakaian yang menandakan agama tertentu. Masyarakat di kota Tessin tetap menghargai setiap orang dan agama yang dipeluknya, tapi demi menjaga kelestarian budaya Tessin sendiri, pemerintah setempat melarang cewek yang berbusana panjang atau burqa. Sebab hal itu bisa mencederai budaya di kota tersebut.

Florida melarang cewek jomblo untuk terjun payung, tanpa alasan pasti. Kalau ini diskriminatif atau bagaimana?

Advertisement

Nggak boleh sendiri. via www.edmontonskydive.com

Peraturan ini jelas nggak masuk akal. Florida memberlakukan peraturan pada cewek-cewek, khususnya yang jomblo, untuk nggak melakukan kegiatan terjun payung. Entah apa maksud dan motivasinya, tapi yang jelas ini juga termasuk diskriminasi pada cewek. Soalnya, kalau cewek itu atlet terjun payung, bagaimana coba??

Bagi yang nggak suka pakai sepatu berhak tinggi atau high heels, bisa pindah ke Kanada. Di sana, cewek dilarang mengenakannya saat kerja

No high heels! via dailyhive.com

Mungkin ini nggak terlalu bermasalah bagi cewek. Tapi bagi cewek yang begitu menjaga penampilannya, jelas ini mengganggu. Sebab, cewek dilarang keras untuk mengenakan high heels saat bekerja. Pemerintah provinsi British Colombia, Kanada, mengeluarkan peraturan ini pada awal April lalu dengan alasan demi menjaga keamanan cewek saat bekerja. Tapi beberapa cewek nggak setuju untuk itu. Hmm. Pertentangan antarcewek.

Di desa Madora, India, cewek diharamkan untuk menggunakan ponsel. Alasannya, biar nggak berhubungan sama cowok setempat

Nggak bakal ketemu jodoh.

Mungkin bagi cewek, harus segera pindah dari desa ini kalau umurnya sudah 23 tahun. Sebab, sepertinya dia bakal kesusahan mencari jodoh kalau tetap bertahan di desa Madora ini. Bukan pemerintah kota, melainkan kepala desa setempat yang melarang cewek-cewek di desa ini untuk menggunakan bahkan untuk memiliki ponsel, dengan alasan cewek bisa berkomunikasi dengan cowok pilihannya dan dibawa kabur oleh cowok tersebut. Dendanya pun nggak main-main, bisa mencapai 5 juta rupiah, yang mana nominal itu merupakan gaji yang biasanya diterima masyarakat setempat selama beberapa bulan.

Sementara di Moroko, siapapun dilarang membunuh tikus. Ini jelas sangat merugikan buat cewek!

MUSUH!!!

Hewan yang biasanya menjadi musuh oleh cewek adalah tikus dan kecoa. Sementara di negara bagian Moroko, membunuh tikus itu terhitung ilegal. Kalau kamu lagi main ke Moroko dan ketemu tikus, mending usir aja, jangan dibunuh.

Ada satu yang aneh dari negara Madagascar. Di sini, cewek hamil dilarang menggunakan topi!

Bahaya pakai topi.

Pada dasarnya, siapapun berhak mengenakan apapun yang dia mau selama itu nggak merugikan orang lain. Tapi di Madagascar, cewek hamil dilarang menggunakan topi. Entah dari mana peraturan ini berasal, tapi sejak zaman dulu nggak ada cewek hamil yang berani memakai topi. Kalau melanggar, mereka harus siap-siap dipandang sinis oleh masyarakat. Aneh.

Kalau melihat kenyataan ini, rasanya memang nggak adil, ya? Jelas, peraturan-peraturan dari berbagai daerah ini merugikan semua cewek, dan sebagian cowok yang bersangkutan. Entah harus bagaimana, rasanya diskriminasi ini nggak bisa lepas dari kehidupan bermasyarakat. Tapi, sebagai pembaca yang budiman, harusnya kita bisa menyadarkan orang-orang bahwa diskriminasi itu nggak baik untuk keseimbangan kehidupan ini. Iya nggak sih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya