Tidak bisa dipungkiri bahwa menikah adalah satu fase hidup yang harus dilewati oleh semua laki-laki. Saat kamu menikah dan memutuskan untuk hidup dengan perempuan idamanmu, pasti akan banyak perubahan yang terjadi dalam dirimu. Kalau sebelumnya kamu melakukan segala sesuatunya seorang diri, sekarang kamu harus berbagi dalam hal apapun, termasuk dalam hal perasaan dan pembagian kerja dalam rumah tangga.Bahkan, banyak hal yang katanya hanya tanggung jawab perempuan, dalam pengaplikasiannya, ternyata juga membutuhkan peran laki-laki yang cukup besar.

Salah satu hal menyangkut perempuan yang laki-laki harus sangat terlibat  adalah kehamilan. Selain karena anggota keluarga baru akan hadir dan melengkapi kebahagiaan kalian, kehamilan juga menjadi pertanda bahwa kalian bukan lagi “pasangan”, tapi sudah jadi “keluarga”. Namun, laki-laki terkadang masih enggan untuk terlalu peduli pada saat istrinya sedang hamil, padahal pada saat hamil itu lah seorang istri benar-benar membutuhkan suaminya. Nah, kali ini Hipwee Boys akan memberikan gambaran seberapa stressfull kehamilan pagi seorang suami. Biar kalian siap kalau nanti sudah menikah. Yuk langsung disimak aja!

1. Kamu harus siap-siap jika tengah malam kamu disuruh keluar oleh istri mu

kalau lagi ngidam, cewek suka minta yang aneh-anehve via vemale.com

Biasanya pada saat cewek mengalami kehamilan, mereka akan lebih manja dari biasanya. Mungkin, yang dulunya waktu masih pacaran cewekmu adalah cewek yang mandiri dan gak manja, jangan heran deh pada saat dia sedang hamil, sikap dia akan berubah 180 derajat. Ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pada saat hamil, biasanya sih disebut ngidam.

Siap-siap deh kalau nanti kalian di tengah malam lagi enak-enak tidur, dibangunin cuma buat nyari makanan yang dia pengenin. Mitosnya sih kalau permintaan cewek yang lagi hamil nggak dituruti, katanya nanti anaknya bakal mengeluarkan air liur terus, ya biasanya sih mau nggak mau suami akan menuruti permintaan sang istri. Yang sabar ya!

2. Sering mengalami mual dan muntah pada pagi hari

Advertisement

morning sick via prenagen.com

Gejala seperti ini biasa disebut dengan morning sick, ini biasa terjadi pada setiap pagi hari dan terjadi di awal kehamilan. Setiap pagi cewek yang sedang hamil akan mengalami mual dan muntah, ini terjadi karena produksi hormon estrogen yang meningkat pada plasenta, dimana hormon tersebut mengakibatkan pengosongan usus menjadi lambat dan memicu timbulnya rasa mual dan muntah.

Kejadian ini membuat cewek yang sedang hamil akan malas untuk makan, padahal mereka kan juga perlu nutrisi untuk tubuhnya. Nah, disinilah kesabaran seorang suami di uji kembali. Suami harus biasa membujuk istrinya agar mau makan, demi kesehatan dia dan si anak. Repot kan?

3. Pada saat hamil perasaan menjadi lebih sensitif ( mood gampang berubah )

perasaan mood yang mudah berubah saat hamil via vemale.com

Bukan cuma panca indera aja yang jadi sensitif pada saat hamil, perasaan pun akan menjadi lebih sensitif. Cewek yang lagi hamil bisa tiba-tiba sedih dan menangis hanya karena masalah yang gak penting, tapi tiba-tiba bisa juga marah karena hal sepele yang suami lakukan.

Untuk kasus seperti ini, suami dituntut agar lebih peka terhadap istri. Apabila ingin menyampaikan sesuatu, suami harus melihat mood istrinya dulu, kalau moodnya lagi nggak baik, mending gak usah deh, daripada nanti jadi perang dunia ke tiga, gawat.

4. Sindrom baby blues yang biasanya jadi momok nih guys

baby blues biasa muncul paska melahirkan via eumom.com

Gak hanya pada saat hamil aja cewek bikin ribet suaminya, pasca melahirkan pun cewek juga masih bikin ribet suaminya. Ada beberapa kasus dimana seorang ibu merasa gundah, khawatir atau bahkan benci dengan anaknya yang baru lahir. Kasus seperti ini disebut dengan Baby Blues Syndrom.

Dalam kasus yang akut, sang ibu bisa saja sama sekali nggak peduli sama bayinya. Pada kondisi ini, peran suami sangat penting untuk meyakinkan istrinya bahwa dia bisa merawat bayinya dengan baik dan membantu dia dalam mengurus bayinya, jadi biar si istri nggak stres ya guys. Siap siap deh para calon ayah biar nggak kebingungan pada saat istrinya mengalami baby blues.

5. Cowok harus siap-siap nahan nafsu, pada saat cewek sedang hamil gak jarang cewek menolak berhubungan intim

pada saat hamil, cewek kadang menolak untuk diajak berhubungan intim via yuniarwijayanto.com

Pada saat cewek sedang hamil, nggak jarang mereka menolak saat suami mengajaknya berhubungan intim. Mereka akan menolak karena alasan malas, capek atau karena faktor hormon yang mengakibatkan sang istri tidak ada hasrat untuk melakukan hubungan intim. Selain itu berhubungan intim pada saat hamil juga kurang baik bagi kesehatan sang ibu, dapat menyebabkan pendarahan. Hmm cowok harus ekstra sabar nih, harus kuat puasa selama 9 bulan guys. Ngeri kan? 😀

Itu dia yang harus dipersiapkan para pengantin baru, khususnya bagi calon ayah, biar nggak kerepotan dan bingung pada saat menghadapi istrinya yang sedang hamil. Bukannya menakut-nakuti, hanya memberi informasi supaya nanti semuanya sudah siap dan sudah diantisipasi dengan baik. Semangat ya! 😀