Siapapun pasti pernah merasa berada dalam kondisi tertekan. Nggak mandang itu cewek apa cowok, setiap orang tentu pernah merasakan di titik terendah dalam hidupnya. Mereka yang merasa punya beban berat ini tentu harus diberikan dukungan atau seenggaknya perhatian. Dan ketika salah seorang teman atau sahabatmu berada dalam kondisi tersebut, tentu tugasmu sebagai temannya harus mendukungnya.

Urusan menghadapi stres, ternyata ada perbedaan yang cukup besar antara cowok dan cewek. Cewek yang cenderung lebih mudah menggambarkan atau mengungkapkan perasaannya dan tentu juga lebih mudah untuk ditangani saat dia butuh dukungan. Berbeda dengan cowok, yang cenderung susah untuk menjelaskan bagaimana perasaan dan pikirannya saat itu. Mungkin kalau cewek sama cewek kamu sudah bisa bayangin seperti apa mereka saling support, begitupun antara cewek dan cowok. Tapi gimana cara cowok ngasih dukungan ke temannya sesama cowok tanpa merasa awkward?

Emang sih, cowok nggak bakal melakukan tindakan fisik kayak cewek, tapi tepukan di bahu sudah cukup sebagai bentuk dukungan mereka

Tepukan di bahu sudah cukup! via images.rapgenius.com

Kalau kamu biasanya lihat cewek sama cewek ngasih dukungan dalam bentuk pelukan erat atau mengusap-usap kepalanya, tentu hal tersebut bakal canggung kalau dilakuin sama cowok. Mereka yang manly ini rasanya nggak harus melakukan kontak fisik seperti cewek. Namun, mereka tetap bisa memberikan dukungan pada teman sesama cowok. Sedikit tepukan di bahu temannya adalah bentuk dukungan dan kepedulian dari cowok. Meski tindakan tersebut kelihatannya biasa aja, tapi bagi cowok hal itu merupakan bentuk dukungan yang cukup.

Dalam keadaan tertekan, cowok lebih suka diam. Karena paham hal tersebut, teman cowoknya nggak bakal nuntut dia buat cerita apa yang terjadi

Nggak banyak tanya via gayrightsindia.files.wordpress.com

Advertisement

Dalam pertemanan cewek, jika salah satu di antara mereka berada dalam kondisi yang menyedihkan, maka teman yang lainnya bakal berusaha untuk menanyakan apa yang terjadi. Sebisa mungkin mereka tahu apa yang sedang dihadapi oleh temannya ini secara detail sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan. Mereka bakal meminta si cewek untuk menceritakan secara komplit. Mungkin bagi cewek juga nggak masalah, karena mereka bakal ngerasa lega kalau sudah nyeritain apa yang sedang dirasakannya. Tapi ini hampir nggak berlaku dalam pertemanan sesama cowok.

Dengan melihat kondisi temannya, cowok sudah tahu apa yang harus dilakukannya. Tanpa diceritakan secara detil pun, mereka tahu bahwa kondisi si cowok dalam keadaan yang nggak baik-baik saja. Dibandingkan menuntut si cowok cerita, teman-temannya cenderung lebih memahami bagaimana cara mendukung si cowok. Yah paling satu atau dua kalimat seperti “Udah, nggak apa-apa. Lo nggak bakal mati gara-gara ini juga ‘kan” rasanya sudah buktiin kalau mereka peduli sama si cowok.

Karena sebenarnya cowok nggak butuh dikasihani, teman cowok cenderung ngasih ruang buat temannya untuk menyendiri

Memberikan ruang via i.huffpost.com

Sesama cowok pasti paham, ketika salah satu di antara mereka dalam keadaan yang tertekan atau menyedihkan, bukan berarti mereka butuh dikasihani. Itu seperti aturan tak tertulis dalam pertemanan sesama cowok. Karena mereka juga paham gimana kalau berada di posisi yang sama. Makanya, ketika cowok dalam keadaan stres atau tertekan, temannya akan memberikan ruang untuk si cowok menyendiri. Bukan berarti mereka meninggalkan ya. Tapi terkadang cowok emang butuh waktu untuk sendiri agar bisa berpikir lebih jernih dan mencari cara menyelesaikan masalah yang hanya dimengerti oleh dirinya sendiri.

Diam-diam datang sambil bawa makanan, sebagai bentuk rasa peduli dan perhatian kepada sesama teman

Ngasih temennya makan via c1.staticflickr.com

Cowok yang sedang menghadapi masalah kadang suka nggak memerhatikan kesehatannya sendiri. Mengurung diri di kamar, tidur sepanjang hari, atau malah nggak tidur sama sekali. Mereka bakal mengurangi intensitas untuk berinteraksi dengan orang lain karena yang dibutuhkannya adalah ruang untuk sendiri. Oleh karena itu, pertemanan yang baik nggak beneran ninggalin temannya dalam kesendirian. Mereka tahu bahwa si cowok nggak mau diganggu, tapi bukan berarti dibiarin aja. Nah, hal-hal seperti bawain makanan buat temannya yang lagi menyendiri ini adalah salah satu bentuk mereka tetap peduli dan perhatian sama temannya.

Mereka punya cara sendiri untuk menghibur temannya. Seperti membuat masalah tersebut jadi candaan atau malah ngajak main

Menghibur teman via i.huffpost.com

Mungkin dia sudah sadar kali kalau dia sudah milih cowok yang salah hahaha

Dia sudah sadar kali kalau level dia ternyata bukan cowok kayak lo

Daripada canggung dan nggak tahu gimana cara bantu temannya dalam menyelesaikan masalah atau menghadapi rasa tertekan, cowok juga bakal lebih memilih untuk menghibur temannya. Banyak hal yang bisa dilakukan agar beban temannya terasa lebih ringan. Misalnya menjadikan masalah tersebut candaan dan lelucon, atau malah maki-maki dan ngancem temannya kayak “Awas lo balikan lagi ama nenek sihir itu, gue iket lu di rel kereta api”. Emang sih sederhana, tapi ternyata candaan-candaan seperti ini mampu membuat perasaan cowok sedikit lebih baik. Nggak cuma itu, untuk menghibur temannya, cowok kadang juga suka ngajakin temannya ini pergi ke suatu tempat buat refreshing, main game, atau melakukan hobi bareng-bareng.

Meski perbedaan di antara pertemanan cewek dan pertemanan cowok cukup kentara, tapi mereka tetap bisa ngasih dukungan dan perhatian kepada temannya yang membutuhkan kok. Tentunya dengan cara masing-masing. Yang penting nggak kerasa canggung dan menye-menye.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya