Masih ingatkah kamu dengan rentetan kasus bunuh diri yang akhir-akhir ini sering terjadi? Baik bunuh diri yang dilakukan seorang laki-laki di jagakarsa dan business director JKT48 keduanya adalah seorang pria. Ternyata kasus bunuh diri nggak bisa disepelekan, boys, apalagi buat para cowok. Karena berdasarkan survey, saat ini angka kematian cowok akibat bunuh diri tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan cewek. Kok bisa ya? Padahal cowok seharusnya lebih tegar.

Ternyata penyebabnya adalah karena cowok cenderung sulit untuk melampiaskan kesedihannya. Sementara cowok lebih impulsif daripada cewek dan berkemungkinan untuk melakukan tindakan-tindakan diluar kebiasaan. Beban psikologis yang diderita cowok cenderung hanya dipendam dalam hati hingga ia tak mampu membendungnya dan memutuskan mengakhiri hidupnya. Sangat disayangkan ya, boys. Untuk itu, ikuti tips berikut biar ketika terpuruk kamu nggak akan berpikiran untuk bunuh diri.

1. Jangan sok tegar, nggak baik buat kesehatan jiwamu. Berbagilah paling tidak dengan keluargamu!

Cari teman curhat! via www.wallpaperup.com

Kalau kamu sedang merasakan kesedihan yang sangat dalam atau cobaan hidup yang berat, jangan mencoba untuk melupakannya, tapi cobalah untuk menghadapinya. Sharing is caring. Ceritakan permasalahanmu kepada orang lain, minimal dengan teman dekat dan keluarga. Dengan begitu kamu akan melepaskan energi-energi negatif yang terbendung dalam kesedihanmu. Tidak menutup kemungkinan, teman dan keluargamu justru akan membantumu mengatasi masalahmu. Untuk apa kamu berpura-pura tegar sementara hatimu rapuh? Tidak ada kebohongan yang lebih kejam dari membohongi diri sendiri, boys.

2. Hidup ini indah, pandai-pandai bersyukur. Ini masalah cara pandang kepada hidup

Harus pandai bersyukur! via inspower.co

Advertisement

Hidup bukan hanya tentang kamu, tapi juga tentang teman-temanmu, dan keluargamu. Mereka akan merasa sangat kehilangan jika kamu melakukan hal-hal bodoh seperti bunuh diri. Syukurilah setiap nafas yang Tuhan berikan sehingga kamu masih bisa bertemu orang yang kamu sayangi dan menyayangimu. Ingat-ingat lagi, banyak tempat indah di dunia ini yang belum kamu kunjungi. Kamu harus bersyukur masih diberikan kesempatan untuk mengunjunginya.

3. Menangislah jika harus menangis. Laki-laki tidak terus menjadi bukan laki-laki hanya karena menangis

Cowok juga boleh nangis! via cdn.gdn.ng

Siapa bilang cowok nggak boleh nangis? Semua manusia memiliki kelenjar air mata, kok. Jika kamu merasa ingin menangis, menangislah seperlunya, selebihnya kamu harus menjadi pribadi yang lebih kuat.

4. Masalah ada untuk diselesaikan, bukan dihindari. Jangan terlalu lama membawa beban!

Jangan terlalu lama dipendam via cache.understandingrelationships.com

Kamu justru akan terlihat lebih cemen jika selalu lari dari masalahmu. Berusahalah selalu menyelesaikan masalah, maka kamu akan menjadi dewasa setelahnya. Bunuh diri merupakan contoh bagaimana seseorang berusaha lari dari masalahnya. Faktanya, bunuh diri bikin masalahmu semakin besar, karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan kamu hadapi setelah kematian.

Fakta tentang bunuh diri yang banyak dilakukan oleh cowok secara nggak langsung menunjukkan kalau kaum cowok sebenarnya lebih rawan terkena depresi. Jadi selain jangan lupa bahagia, maka jangan lupa bersedih juga boys, biar seimbang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya