Google memang sakti. Dengan gerak kecil ujung jari dan tombol Enter, beragam informasi bisa kita peroleh dalam sepersekian detik. Pasalnya, meski udah ada Google kadang kamu masih malas aja mencari informasi. Ya udah, kali ini Hipwee ngalah deh! Ini dia beberapa hal yang sebenarnya bikin kamu penasaran dari dulu, tapi nggak cukup menggerakkan dirimu untuk cari tahu:

1. Kenapa susunan huruf di keyboard harus QWERTY?

Kamu pasti gak pernah ngeliat susunan huruf selain QWERTY dipakai di keyboard fisik, setidaknya di Indonesia. Komputer, laptop, dan sebagian tipe ponsel: semuanya menggunakan susunan huruf yang sama.

Susunan keyboard QWERTY via www.wired.com

QWERTY adalah susunan standard papan ketik berabjad Latin yang dipakai di negara-negara berbahasa Inggris, tepatnya sejak tahun 1870-an. Susunan QWERTY diterapkan pada mesin tik di masa itu untuk menghindari kemacetan mesin. Kemacetan mesin tik terjadi ketika tuts-tuts yang bersebelahan ditekan dengan cepat secara bersamaan. Christoper Scholes, seorang editor surat kabar di Amerika, mendaftar abjad-abjad yang paling sering ditulis bersebelahan dalam ejaan kata-kata berbahasa Inggris. Kemudian, dia susunlah papan ketik yang memisahkan abjad-abjad tersebut. Setelah sempurna, kita akhirnya mendapatkan QWERTY.

Ada juga negara yang tak menggunakan susunan QWERTY untuk papan ketiknya. Di Prancis, yang digunakan adalah AZERTY. Sementara di Jerman, yang digunakan adalah QWERTZ. Banyaknya variasi di benua Eropa adalah karena bahasa-bahasa di sana mengenal tanda diakritik ( , , , dll.) serta digraf ( , , dll.)

Advertisement

Lantas kenapa QWERTY yang paling populer di Indonesia? Karena bahasa kita menggunakan alfabet fonetik internasional yang nggak mengenal digraf ataupun diakritik, sama seperti bahasa Inggris.

2. Kenapa tidur harus pakai bantal? Bayi gak apa-apa tuh tidur gak pake bantal.

Nyaman pake bantal via www.huffingtonpost.com

Bantal udah dipercaya banyak orang sebagai sarana untuk tidur nyaman. Tidur menggunakan bantal bertujuan untuk mengistirahatkan otot-otot leher dan tulang belakang, dan untuk mencapai manfaat maksimal tidur, posisi tubuh kita harus simetris dan ergonomis.

Simetris berarti otot leher kanan dan kiri seimbang, sedangkan ergonomis berarti mencapai keseimbangan fungsi otot. Dr. Indra T SpRM, spesialis rehabilitasi RS Husada Utama Surabaya, gak menyarankan tidur tanpa menggunakan bantal. Posisi itu akan bikin kepala terlalu mendongak dan bisa mengakibatkan saraf terjepit.

Sementara, bayi memang gak dianjurkan memakai bantal. Dikhawatirkan, wajah si bayi bisa tertekan oleh bantal dan menjadikannya sulit bernapas. Selain itu, bayi juga belum memerlukan dukungan untuk menyokong kepalanya karena rasio kepala:tubuh bayi lebih seimbang dibandingkan kepala:tubuh orang dewasa. Sebaiknya bayi diberi bantal setelah usianya mencapai lebih dari dua tahun.

3. Apa bedanya psikolog dan psikiater?

Meskipun sama-sama mendalami ilmu kejiwaan dan perkembangan mental manusia, ternyata psikolog dan psikiater itu berbeda lho.

Psikolog adalah lulusan S-1 Psikologi yang melanjutkan dan telah menyelesaikan program profesi dengan gelar M.Psi. Psikiater adalah dokter yang sudah mengambil spesialis kedokteran jiwa dengan gelar Sp.KJ (Spesialis Kedokteran Jiwa).

Psikolog dan psikiater bisa sama-sama bekerja di rumah sakit. Psikolog pun sebenarnya bisa mempelajari ilmu kedokteran. Tapi, hanya psikiater yang boleh memberikan terapi obat-obatan ke pasien. Kalau psikiater melakukan penanganan secara klinis, psikolog lebih menekankan pada pendekatan sosial untuk menanggapi sebuah permasalahan kejiwaaan.

4. Apa bedanya Ayam Goreng Suharti dan Ayam Goreng Ny. Suharti?

Suharti dan Ny. Suharti via fajardinihari.wordpress.com

Hah? Jadi Ayam Goreng Suharti sama Ny. Suharti itu beda? Iya dong! Ada dua versi dari rumah makan spesialis ayam goreng ini: Ayam Goreng Suharti, berlogo Ny. Suharti yang mengenakan sanggul dan kebaya, dan Ayam Goreng Ny. Suharti, yang berlogo dua ayam jago.

Alkisah, dulunya cuma ada restoran Ayam Goreng Ny. Suharti. Restoran ini dikelola oleh pasangan suami-istri Bambang Sachlan Praptohardjo dan (siapa lagi?) Suharti. Sayang, mereka kemudian bercerai dan akhirnya pecah kongsi. Hak kelola rumah makan jatuh ke tangan Pak Bambang, sementara Ibu Suharti sendiri hampir gak kebagian apa-apa. Akhirnya, Suharti membuka rumah makan baru bernama Ayam Goreng Suharti, seperti yang sudah kita kenal sekarang ini.

5. Kenapa pasien yang menjalani operasi otak harus tetap melek?

Operasi otak dalam keadaan sadar via www.today.com

Bangun dan sadar sepenuhnya sementara kepalamu dibuka dan isinya dibedah, serem gak sih? Awake brain surgery adalah metode bedah otak dengan mempertahankan kesadaran pasien. Operasi ini cocok untuk mengambil tumor yang letaknya di permukaan, atau yang berdekatan dengan jaringan otak yang berfungsi vital. Kesadaran pasien diperlukan karena selama otaknya dibedah, pasien akan diajak mengobrol, berhitung sederhana, atau menunjuk jari. Ini supaya tim dokter tahu bahwa operasi yang sedang mereka jalankan itu tak membahayakan jaringan-jaringan otak yang berfungsi vital.

Pasien tetap akan dianestesi kok, jadi mereka gak akan merasa sakit.

6. Bismillah di lirik lagu Queen

Freddie Mercury via geeknation.com

Bohemian Rhapsody adalah salah satu lagu rock epik terbaik dan paling terkenal sepanjang masa. Lagu ini ditulis oleh Freddie Mercury, vokalis band Queen, dan terangkum dalam album Queen yang bertajuk “A Night At The Opera“. Makna lagu ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang, dan kebenarannya sendiri dibawa Freddie sampai ke liang kubur.

Lalu, kenapa dia menggunakan kata bismillah di lirik lagunya? Alasan yang paling masuk akal sih mungkin karena Freddie sendiri adalah keturunan Persia (Iran) yang lahir dengan nama Farrokh Bulsara, sehingga dia familiar dengan budaya Arab (meskipun orang Persia bukanlah orang Arab). Penggunaan kata bismillah sendiri mungkin bertujuan mempertahankan keutuhan makna larik “Bismillah — No, we will not let you go!” Larik ini kalo diartikan akan berarti “Demi Tuhan, kami tidak akan melepaskanmu!”

7. Dari mana datangnya istilah mata keranjang, hidung belang, dan buaya darat?

Buaya darat via coolcanucks.ca

Asal-usul istilah-istilah ini ada beberapa versi sih. Mata keranjang mulanya adalah cibiran dari noni-noni Belanda ke pemuda pribumi yang suka menonton mereka bercelana pendek saat bermain basket (alias keranjang). Menurut versi lain, mata keranjang sebenarnya adalah korupsi dari kalimat ‘mata ke ranjang’.

Buaya darat juga konon adalah cibiran noni Belanda ke pemuda pribumi karena suka ikut-ikutan mereka berenang. Para pemuda ini ikut berenang bukan untuk memamerkan kemahiran mereka, melainkan menyelam untuk mengintip paha-paha noni Belanda.

Lalu, istilah hidung belang kabarnya muncul karena terjadi perselingkuhan antara seorang pria Belanda dan gadis pribumi. Pria itu dihukum dan hidungnya dicoreng arang. Sepele banget.

8. Kenapa orang jaman dulu/banci selalu bilang ‘eike’ atau ‘yey’ untuk ‘saya’ dan ‘kamu’? Kenapa juga ‘maag’ dibaca ‘mah’, dan ‘dag’ dibaca ‘dah’ atau ‘dadah’?

“Eike bencong,Bo!” via babishare.wordpress.com

Kalo pernah nonton film era 80-an, kayak filmnya Suzanna atau Warkop DKI, pasti gak asing lagi sama ‘eike’ dan ‘yey’. Trus kenapa maag dibaca ‘mah’ dan dag dibaca ‘dah’? Ternyata semua itu asalnya dari pelafalan bahasa Belanda.

‘Eike’ berasal dari kata ‘ik‘ yang berarti ‘aku’, ‘yey’ berasal dari pelafalan ‘jij’ yang artinya ‘kamu’, terus ‘maag’ itu artinya lambung atau perut. Kalo ‘dag’ sendiri artinya ‘sampai jumpa’. Dalam bahasa Belanda, pelafalan ‘g’ emang terdengar seperti ‘h’.

9. Benarkah emas monas terbuat dari emas murni?

Emas di puncak Monas. via www.banyaknama.com

Nggak murni, sih. ‘Emas’ Monas itu sebenarnya adalah perunggu yang disepuh emas. Berat bagian emasnya sendiri sekitar 50 kilogram. Gimana, masih berniat nyuri emas Monas?

10. Apa faedah kecoak di muka bumi ini?

Kalo kamu bilang kecoak itu gak ada manfaatnya di muka bumi, kamu salah besar. Kecoak itu…

Lumayan dipake buat sahur. Katanya sih sehat. Katanya lho ya.

Nah, enak kan? Kamu gak perlu capek-capek ngubek-ubek mbah Google, cukup sering-sering buka Hipwee aja.