Kekuatan sebuah media online nggak cuma terletak pada penulisnya, tetapi juga pembacanya. Tanpa loyalitas pembaca, media online hanyalah butiran debu yang sewaktu-waktu bisa bubar jalan. Karena itu, adalah kewajiban Hipwee untuk memperhatikan siapa aja yang menjadi para pembaca setianya.

Nah, setelah melakukan pengamatan, Hipwee berhasil mengkategorikan pembaca media online berdasarkan karakter-karakter mereka. Kira-kira kamu termasuk yang mana? Yuk deh langsung simak aja:

1. Tipe Hening

Pembaca tipe hening alias silent readers adalah mereka yang rutin mengunjungi situs media online dan membaca artikel dengan cukup cermat, tapi gak pernah tergoda meninggalkan komentar. Sesekali mungkin pembaca tipe ini akan nge-share artikel ke jejaring sosial mereka kalau isi artikelnya dirasa relevan sama hidup mereka — tapi interaksi mereka dan si media online akan sampai di situ aja. Sadar atau nggak, mereka jadi pembaca yang misterius. Reaksi mereka tentang artikel-artikel yang mereka baca seringkali nggak ketebak.

2. Tipe Loyal

Loyal kayak Ksatria via www.chronicle.su

Advertisement

Pembaca tipe loyal adalah mereka yang aktif menjadi bagian dari media online tersebut. Mereka rutin berkunjung dan selalu menyempatkan diri untuk membaca minimal satu artikel baru. Mereka biasanya udah mengikuti Facebook fanpage dan akun Twitter media online itu agar bisa memantau artikel-artikel yang baru aja keluar. Yang patut dipuji, mereka juga rajin berusaha untuk menerapkan apa yang mereka baca di media online itu dalam kehidupan nyata.

3. Tipe Nggerus

Baca Hipwee jadi nggerus via indervilla.com

Pembaca tipe nggerus akan menghubungkan suatu artikel yang menurut mereka sesuai banget sama keadaan mereka saat itu. Biasanya, yang akan mereka hubungkan adalah artikel-artikel tentang “perjuangan” hidup: seperti apa yang mereka rasakan setelah putus, dilema yang dirasain sebagai jomblo seumur hidup, atau skripsi yang gak kelar-kelar. Komentar mereka akan berkutat di sekitar “Wah, pas banget sama gue!” atau “Artikelnya nampol gue banget nih….”

Eksistensi mereka mengingatkan kita bahwa masalah-masalah yang kita rasain dalam hidup ini juga sebenarnya pernah dirasain orang lain. Semoga apa yang kalian baca memang bisa nambah semangat kalian, ya.

4. Tipe Calon Orang Sukses

Semoga sukses beneran! via positive-motive.blogspot.com

Tipe pembaca yang ini “jatuh cinta” pada artikel-artikel yang bertema kesuksesan, inspirasi, dan motivasi. Mereka adalah orang-orang yang sedang mencari atau malah udah ketemu sama passion mereka dan berusaha selalu positif saat menapaki jalur passion yang terjal. Artikel-artikel inspiratif tentang kesuksesan dan passion akan membuat mereka semakin tergugah untuk maju.

5. Tipe “Narsis”

Pembaca tipe narsis beda sama tipe nggerus. Artikel-artikel yang mereka hubungkan ke kehidupan nyata mereka akan lebih bersifat “ceria”. Misalnya aja, mereka akan suka banget sama artikel yang mengangkat profesi atau hobi yang kebetulan mereka miliki — artikel tentang kenapa kamu mesti pacaran sama pendaki gunungfotografer. atau yang hobinya baca buku, misalnya. Artikel-artikel ini bisa jadi legitimasi profesi atau hobi mereka.

(Nggak apa-apa, dong, Mana ada orang di dunia ini yang gak butuh legitimasi?)

6. Tipe Pemburu Hot Thread

Artikel Hipwee yang jadi hot thread

Pembaca tipe pemburu hot thread adalah mereka yang suka nge-post di forum-forum online. Pembaca tipe ini rutin mengunjungi media online untuk mencari artikel yang layak mereka bagikan ke forum. Kadang mereka hanya akan mengambil inspirasi dari artikel itu lalu mengembangkannya dengan kreativitas sendiri. Tapi, banyak juga yang langsung melakukan copy paste. Kadang mereka bakal mencantumkan sumber, tapi ada juga yang lupa nyantumin sumbernya. Hehe…

7. Tipe Konsultasi

Konsultasi dulu via joydoulos.wordpress.com

Tipe pembaca yang ini adalah mereka yang berpikiran terbuka dan mudah percaya akan kemampuan orang lain. Jadinya, mereka sering bertanya pada kontributor media atau admin sosmed media online tentang hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan mereka. Ada yang bertanya soal suplemen kesehatan, atau juga curhat tentang bagian paling personal dari kehidupannya.

Kami senang lho kalau bisa mendengarkan atau membantumu! Tapi ingat: kami hanya bisa menjawab sesuai kapasitas kami. Untuk hal-hal tertentu, mungkin kamu bisa memilih mengkonsultasikan masalahmu dengan para profesional di bidangnya?

8. Tipe Salah Fokus

Salah fokus via lolzbook.com

Tipe pembaca yang satu ini “lucu” dan unik. Sebagus apapun suatu artikel, mereka akan lebih suka ngomentarin gambarnya, muka penulisnya, atau bahkan cuaca hari itu. Mungkin mereka berasal dari dimensi yang berbeda.

9. Tipe kritikus

Kalo kritikusnya kayak gini gimana? via www.meldmagazine.com.au

Pembaca tipe kritikus akan mengungkapkan hal-hal yang kurang mereka setujui di artikel tersebut, dengan tetap berpegang pada konteks dan logika yang kuat. Tipe ini biasanya cerdas dan bisa berdebat dengan kepala dingin tanpa melenceng dari konteks. Mereka nggak harus netral, karena setiap orang punya hak untuk berpendapat. Tapi, mereka akan selalu ingat bahwa suatu pendapat harus didukung oleh argumen yang kuat. Mereka pun bakal tetap bisa sopan pada orang lain yang berbeda pendapat.

10. Tipe Berminat Jadi Kontributor

pengen jadi kontributor via writetodone.com

Nah, pembaca tipe ini biasanya adalah mereka yang punya punya passion menulis dan merasa sejalan dengan visi dari situs media online tersebut. Sudah beberapa yang bertanya tentang kesempatan menulis untuk Hipwee. Kalau kamu memang tertarik, sila klik tautan ini, ya.

Itu dia beberapa tipe pembaca media online yang berhasil Hipwee rangkum. Eniwei, artikel ini cuma buat hiburan aja lho: jangan langsung dimasukin ke hati. Jadi…kamu termasuk tipe pembaca yang mana nih?