Apakah kamu punya banyak sahabat di sekitarmu? Entah itu laki-laki maupun perempuan. Kehadiran siapa yang paling membuatmu nyaman? Memang mereka sama-sama sahabatmu. Tetapi, sahabat cewek dan cowok itu punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing.

Nah, buat kamu yang belum tau apa aja kelemahan dan kelebihan memiliki sahabat cewek ataupun cowok — atau kamu yang ingin berkaca tentang hubungan persahabatan yang sedang kamu jalani, nih Hipwee jabarkan buat kamu!

1. Punya sahabat cewek itu kayak punya diary. Kamu bisa cerita apapun sampai ke masalah pribadi

kamu bisa bercerita apa saja kepadanya

kamu bisa bercerita apa saja kepadanya via conexaoemaustralia.com

Kamu : “Eh, kamu tiap kali PMS nyeri gak sih?”

Sahabat : “Iya, mules banget, terus pinggang juga sakit gitu.”

Kamu : “Wah, samaan dong kita, kamu ngobatinnya pake apaan?”

Sahabat : “Kalo aku biasanya dikompres yang anget-anget aja sih. Kalo si Lina tu sampe parah dia, sampe meriang gitu badannya.”

Kamu : “Wah iya kok bisa sih? Ah tapi gak papa lah ya, ‘kan pacarnya calon dokter gitu.”

Sahabat : “Hehehe.. iya juga sih ya, bisa sekalian sok manja dia pasti.”

*obrolan pun berujung pada acara bergosip sampai satu jam ke depan*

Kalau ke sahabat cowok kamu harus pintar memilah cerita. Tapi dari mereka juga kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda

kamu akan mendapatkan sudut pandung baru dari sahabat cowokmu

kamu akan mendapatkan sudut pandung baru dari sahabat cowokmu via hellogiggles.com

Advertisement

Kamu : “Duh, gue sebel banget tau gak sih, pacar gue nyebelin banget.”

Sahabat : “Nyebelin kenapa? Minggu kemaren kayaknya baek-baek aja tuh kalian.”

Kamu : “Mulai dari kemaren lusa tuh dia nyebelin abis, dia diem doang, gue tanya ada masalah apa gak mau cerita, eh udah dari kemaren sms telpon gue gak ada yang dibales.”

Sahabat : “Gak papa, dia lagi pingin diem aja, belum siap cerita sama elo.”

Kamu : “Terus gue harus gimana dong?”

Sahabat : “Udah, diemin dulu aja, cowok emang gitu. Kadang mereka butuh waktu buat sendiri dulu. Lu gak usah khawatir. Kalau lu malah ngerecokin, dianya makin risih. Besok juga paling udah ngehubungin elo.”

Kamu : “Oooo…”

*Ilmu tentang bagaimana cara menghadapi cowokpun bertambah berkat saran dari sahabat cowokmu*

2. Sahabat cewek itu bisa dibilang seperti payudara. Kemana-mana kalian selalu berdua~

kamu hampir bisa melakukan seluruh kegiatanmu bersama sahabat cewekmu

kamu hampir bisa melakukan seluruh kegiatanmu bersama sahabat cewekmu via www.tumblr.com

Eh, mir, hari ini nginep kost gue dong, sepi nih.

Hari ini kita creambath bareng yuk! Jam 10 gue jemput yak!

Besok lu ada acara gak? Temenin gue belanja baju dong.

Hari sabtu kita luluran bareng yuk, gue nemu artikel tips buat luluran di rumah nih!

Kayak payudara ‘kan berduaan terus? Iya ‘kan??

Kalau sahabat cowok sih selow aja. Selama kamu butuh, dia ada!

kamu bisa melakukan hal berbau adrenalin bersama sahabat cowok

kamu bisa melakukan hal berbau adrenalin bersama sahabat cowok via photos-h.ak.instagram.com

Mulai dari urusan yang berhubungan dengan kegiatan yang menguji nyali macam:

Eh, kita kapan naik gunung lagi?

Weekend camping yuk sama anak-anak!

Eh, gue kapan-kapan ikutan lo off road dong, kayaknya asik tuh. hehe

Atau ketika kamu membutuhkannya di titik terendah hidupmu. Bantuanya selalu tersedia

Bro, gue putus nih Bro. Anjir lah emang bener kata lo, si (nama mantan) cowok gak bener!

3. Tantangannya punya sahabat cewek itu saat kalian sedang rapuh bersama. Kalau udah begini jadi bingung harus minta tolong ke siapa….

nemenin dan nganterin

nemenin dan nganterin via www.flickr.com

Kamu : “Eh, Tin, gue lagi PMS nih, lu jemput gue dong, kram nih perut gue.”

Sahabat : “Yah, samaan, gue barusan mau minta jemput juga sama lu, gue juga lagi PMS.”

Kamu : “Yah, gimana dong, gak jadi pergi berarti nih kita? Yaah..”

Sahabat : “Iya gimana dong, abis kita sama-sama gak kuat begini.”

*kalian sama-sama tepar, acara kalian gagal total*

Buat cewek, punya sahabat cowok itu surga dunia. Gak ada yang ngelarang ini-itu, tapi ada orang yang rela pasang badan jika perlu~

mereka bisa menjadi pelindungmu

mereka bisa menjadi pelindungmu via photos-a.ak.instagram.com

“Eh, ntar kalian pas nonton konser di sebelah kanan kiri gue terus ya, jangan kepisah. Itu ranselnya ditaruh depan aja, biar gak digrepe-grepe.”

atau

“Udah malem, ntar lu pulang nongkrong gue anterin aja ampe depan gerbang rumah.”

4. Waktu mau ngomentarin sahabat cewek kamu perlu mikir 278654 kali demi kesopanan dan menjaga perasaan

cewek agak segan dan malu-malu

cewek agak segan dan malu-malu via why-areyouso-shy.tumblr.com

Kamu : “Eh, gimana, gue pake dress krem ini cocok gak sih?”

Sahabat : “Cocok aja kok, mungkin tinggal dikasih aksesoris yang matching kali ya.”

Sahabatan sama cowok, persetan sama kesopanan! Kamu aja kadang kaget sama komentarnya yang kadang brutal

cowok itu lebih ceplas-ceplos dan jujur

cowok itu lebih ceplas-ceplos dan jujur via imgkid.com

Kamu : “Eh, gimana, gue pake dress krem ini cocok gak sih?”

Sahabat : “Jelek.”

Kamu : “Hah, seriusan lo?”

Sahabat : “Iya bener, lu makin keliatan item. haha”

Kamu : “Anjir!”

Ps : Jalan tengahnya adalah selalu minta saran dari kedua sahabatmu (cewek dan cowok). Hehe

5. Walaupun bersahabat, sesama cewek sering tetap gak mau kalah. Diam-diam aroma persaingan itu tetap merekah

saingan dalam hal penampilan

saingan dalam hal penampilan via www.fanpop.com

*1 jam sebelum pergi ke prom nite di sekolah*

(dalam hati) Gue pake dress yang warna apa ya? Ntar anak-anak pada pake apa ya? Duh, pokoknya jangan sampe penampilan gue kebanting sama anak-anak se genk.

(datang ke prom, bajunya ternyata mirip sama sahabat sendiri. Dan kalah cantik juga sih, hehehehe)

Aku gagal sebagai manusia, gagaaaal

Aku gagal sebagai manusia, gagaaaal via giphy.com

Tidaaak. Aku gagal sebagai manusia, gagaaaallll……

Sahabatan sama cowok, persaingan macam ini gak ada, bahkan kamu bisa berpenampilan apa adanya saat pergi bersama mereka

Sahabat : “Woi, gue temenin cari kado dong buat pacar gue.”

Kamu : “Iya bentar gue cuci muka dulu.”

Sahabat : “Ah elah, gak usah dandan sih.”

Kamu : “Yang bilang mau dandan siape, gue cuma mau cuci muka doang ini soalnya abis bangun tidur. Gue cuma pake kaos, jeans, ama sandal jepit aja ntar, puas lu?”

6. Diakui atau enggak, hal yang menyatukan persahabatan cewek di seluruh dunia cuma ada 3: GOSIP, CURHAT, dan GOSIP/CURHAT

bisa bebas ngomongin cowok laen

bisa bebas ngomongin cowok laen via galleryhip.com

*waktu lagi nongkrong di taman kampus*

Kamu : “Eh, liat deh, masnya yang pake sepatu boots tuh gak banget deh dandanannya.”

Sahabat : “Haha.. iya tapi masih mending, daripada itu tuh yang pake sandal jepit sama kaos Bali.”

Kamu : “Gak papa, itu mah nyeni, daripada pake sepatu pantofel sama kemeja dimasukin tuh, udah kayak sales obat. Hahaha.”

Sahabat : “Hahaha.. anjir.. ati-ati lho ntar dapet cowoknya kayak begitu.”

Kamu : “Aaaa…amit-amiit..”

Di sisi lain, sahabat cowok lebih cuek dan gak peduli sama masalah gosip menggosip

Apa itu gosip? Kami taunya DoTA~

Apa itu gosip? Kami taunya DoTA~ via giphy.com

 Apa itu gosip? Bodo amat! Kami taunya DoTA~

7. Soal urusan cinta, sahabatan sama cewek dan cowok itu ada untung-ruginya:

a. Sahabatan sama cewek somehow lebih aman. Kalau pacarmu masih cemburu itu namanya keterlaluan

gak bakal cemburu

gak bakal cemburu via photos-h.ak.instagram.com

Pacar : “Yank, nanti malam makan bareng yuk.”

Kamu : “Aduh sayang, aku gak bisa, soalnya udah janji mau nemenin Rani seharian, dia lagi patah hati nih, butuh dukungan moril. Maaf ya.”

Pacar : “Oh yaudah gak papa sayang. Salam ya buat Rani.”

b. Kalau pacar dan sahabat cowokmu gak sejalan ya siap-siap aja kalau dia cemburuan….

pacar pasti bakal cemburu

pacar pasti bakal cemburu via cinephilesdiary.blogspot.com

Pacar : “Yank, nanti malam makan bareng yuk.”

Kamu : “Aduh sayang, aku gak bisa, soalnya udah janji mau nemenin Antok nih, dia lagi patah hati mau curhat katanya, lagi butuh dukungan moril banget tuh dia. Maaf ya.”

Pacar : “Oh.”

Kamu : “Yah, yank, jangan marah dong.”

Pacar : “…..”

*besokannya kamu juga jomblo sama kayak si Antok*

c. Buat kamu yang jomblo, sahabatan sama cowok bikin mati pasaran karena bakal banyak yang ngira kalau dia itu pacar kalian

pasaranmu mati

pasaranmu mati via pelpelpeli.blogspot.com

*jajan berdua sama sahabat cowok di kantin*

Kamu : “Bu, soto satu es teh satu dong.”

Ibu kantin : “Lah, pacarnya gak dipesenin sekalian mbak?”

Kamu : “Hah, pacar saya yang mana buk?”

Ibu kantin : “Lha itu yang duduk sebelahan.”

Kamu : “Ah elah, bukan buk, itu mah kacung saya.” (Dalem hati : Anjir, mati pasaran gue, pantesan gue jomblo mulu.)

d. Atau kalau pacarmu dan sahabat cowokmu bisa sahabatan, ada juga nggak enaknya. Yang ada mereka sering asyik sendiri sementara kamu diem di pojokan dalam sepi

Oh gitu? YA!

Oh gitu? YA! via giphy.com

Kamu: “Sayang, kamu di mana? Makan yuk!”

Pacar: “Aku lagi sama si Geri nih (sahabatmu) main DoTA terus mau ke bengkel vespa bentar.”

Kamu: “Ooooh…”

Pacar: “Makan sendiri aja ya, Sayang. Kayaknya aku sama Geri masih lama deh.”

Kamu: (dalam hati) Kondisi darurat, Jendral! KENAPA MALAH GUE YANG DITINGGALIN BEGINI NIH? ADA YANG SALAH INI! ADA YANG SALAH!

8. Karena dasarnya cewek itu hobi cerita, ya sabar-sabar aja kalau curhatanmu (GAK SENGAJA) tersebar kemana-mana

cewek itu (agak) ember

cewek itu (agak) ember via www.huffingtonpost.com

*sewaktu di kampus*

Teman sekelas : “Eh, lu habis putus ya kemaren?”

Kamu : “Ah enggak, siapa bilang? Gue baik-baik aja kok ama Vicky.”

Temen sekelas : “Lah kata si Dina lu habis putus?”

Kamu : “mmm…” *senyum aja*

dalam hati :

hih

habis ini gue giles si Dina pake traktor via reactiongif.org

Kalau sama cowok sih biasanya mereka lebih bisa jaga rahasia. Atau lebih tepatnya………

Hah? Apa? Ooooh kamu pernah cerita ya?

Hah? Apa? Ooooh kamu pernah cerita ya? via giphy.com

Kamu: “Kesel gue sama si Basar. Pacar kok begitu amat.”

Sahabat cowok: “Hah? Kenapa emang dia?”

Kamu: (dalam hati) ASEM! Kemaren gue cerita 3 jam panjang lebar kagak didengerin ya? HAHAHHAHA. Sedih 🙁

YA. LUPA SAUDARA-SAUDARA! LU-PA. ALHAMDULILLAH YAH, RAHASIANYA PASTI TERJAGA :’)

9. Asyiknya punya sahabat cewek itu kalian bisa tuker-tukeran make up, baju, sampai gosip terbaru

dandan bareng

dandan bareng via www.huffingtonpost.com

“Eh, vit pinjem dress dong, yang warna biru.”

“Cara ngebentuk alis yang sempurna kaya punya lu gimana sih, gue ajariiin.”

“Aduh, ini gimana sih caranya pake eye liner, pakein dong. Sebel gue, daritadi mencong mulu.”

Dengan sahabat cowok, kamu bisa minta diajarin hal-hal yang berbau adrenalin. Nyetir mobil, surfing, diving, atau bahkan off road

bisa minta diajarin kegiatan yang berbau

bisa minta diajarin kegiatan yang berbau adrenalin via photos-g.ak.instagram.com

“Eh, gue ajarin nyetir mobil dong, ntar bayarannya bakso dua mangkok deh. Hehe”

“Gue ajarin diving dong, lu ‘kan jagonya tuh.”

10. Soal urusan hati, sahabatan sama cewek dan cowok sama saja layak di-YAELAH-i

a. Yaelah. Sahabat cewek juga bisa naksir kamu kok. Hari gini~~~~

gak mungkin dia naksir kamu

gak mungkin dia naksir kamu via quoteeveryday.com

(Hipwee no comment) (Takut digerebek)

b. Terjebak friendzone sama sahabat sendiri? Yaelah. Bisa jadi~~

Friendzone tak berujung

Friendzone tak berujung via spoki.tvnet.lv

Hayoooo, yang ter-friendzone sama sahabat sendiri mana suaranaya hayooooo? Enak nggak rasanya, hmmmmm?

*disambit tas*

c. Ditaksir sahabat cowokmu? Yaelah, eh tapi ya bisa juga gitu~~

Foto di atas ada 2 kemungkinan :

“Mamet masuk ke friendzonenya Cinta”

atau

“Mas Nicho juga masuk ke friendzonenya mbak Dian” *kemudian digetok pake tongkat emas sama mas Nicho

d. Pure sahabatan tanpa ada rasa apa-apa sampai mati? Yaelah, ini juga bisa banget!

Sahabatan doang sampai mati? Bisa banget juga!

Sahabatan doang sampai mati? Bisa banget juga! via 8tracks.imgix.net

Ini apa yang diributin sih? Sahabatan sama cewek dan cowok mah sama aja. Sama-sama manusia. Kadang-kadang juga sama ngeselinnya. Tapi tetap aja, punya sahabat itu nyaman rasanya 🙂

Jadi, gimana? Udah tau ‘kan sekarang enak gak enaknya punya sahabat cowok dan cewek. Apa kalian punya pengalaman yang sama? Kalau pengalamanmu belum tertulis di atas, tuliskan di kolom komentar ya! 😀