Mudahnya mengakses informasi saat ini di dunia maya memang mempermudah masyarakat atau netizen untuk menambah wawasan mereka. Jaringan internet nggak cuma mampu menambah pengetahuan seseorang, tapi bahkan mampu mengubah kehidupan seseorang. Contohnya saja kejadian beberapa saat lalu seorang kakek yang tertidur karena nggak ada yang beli nasi jualannya. Potret kakek tersebut disebar melalui media sosial dan setelah informasi tersebut menyebar, dagangan sang kakek laris manis.

Seharusnya memang kemudahan yang diberikan oleh kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan secara positif oleh masyarakat. Namun sayang, masih ada beberapa oknum yang menggunakannya untuk sesuatu yang nggak pantas atau bahkan salah. Misalnya saja, sebuah foto bisa dijadikan bahan provokasi oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Dan netizen yang seharusnya crosscheck atau verifikasi fakta terlebih dahulu kebanyakan malah langsung terpancing emosinya. Akibatnya tentu jelas, perselisihan yang tak bisa dielakkan.

Kalau kamu aktif di media sosial, tentu akhir-akhir ini pernah melihat foto Ahok dan Habib Rizieq berjabat tangan. Seperti yang diketahui, Habib Rizieq adalah pentolan Front Pembela Islam (FPI) yang gigih memperjuangkan kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok. Foto mereka yang terlibat kontroversi ini tentu sontak menarik perhatian netizen.

Agan Harahap adalah maestro di balik foto-foto yang editannya halus banget kayak asli, termasuk foto Habib dan Ahok yang tengah berjabat tangan

Hasil karya Agan nih via www.instagram.com

Nah, kalau kamu bertanya-tanya siapa aktor dibalik foto-foto apik ini, dia adalah Agan Harahap. Pria satu ini emang udah terkenal sejak lama dengan karya hasil editan fotonya yang bisa dibilang canggih. Hasilnya yang epik dan halus banget ini emang patut diacungi jempol. Tapi sayang, banyak orang di media sosial yang menyalahgunakan hasil karya Agan ini. Salah satunya adalah foto Ahok dan Habib yang berjabat tangan. Padahal karya ini tentu cuma sebatas seni, atau mungkin juga harapan supaya polemik di Tanah Air ini segera reda dan kembali damai. Tapi sebagian orang menyalahgunakannya dan dijadikan sebagai bahan untuk adu domba. Padahal mereka nggak tau ini adalah hasil editan. Tuh ‘kan kamu ikutan nyebar-nyebar kayak gini nggak?

Akhir-akhir ini hasil editannya tentang Ahok dan salah satu aktor IP Man 2 juga jadi bahan buat informasi yang nggak benar

Advertisement

Karyanya disalahgunakan via www.instagram.com

Beberapa saat lalu, sempat beredar foto Ahok dengan seorang aktor yang membintangi film IP Man 2. Foto yang juga merupakan hasil olahan kreatif Agan ini disalahgunakan oleh salah satu media daring. Disebutkan bahwa pria tersebut dituduh sebagai gembong mafia Hongkong yang berada di belakang Ahok. Hal ini seakan semakin memanas-manasi iklim masyarakat yang sedang sensitif dengan kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok. Entah disengaja atau sebenarnya nggak tahu kalau itu adalah editan, media-media seperti ini tentu menjadi salah satu faktor yang menyebar isu tipu-tipu, meskipun pada akhirnya berita ini dihapus. Tapi netizen yang gampang percaya tanpa memeriksa terlebih dahulu fakta sebenarnya tentu udah percaya bahwa berita itu beneran. Miris ‘kan?

Padahal seharusnya karya Agan Harahap yang apik ini diapresiasi, bukan dijadikan bahan untuk provokasi

Padahal awalnya cuma iseng doang via www.instagram.com

Karya-karya anak bangsa seperti ini patut diapresiasi. Pandanglah hasil karya seperti ini murni karya seni seseorang, bukan dibuat untuk menipu. Hasil karya seni ini seharusnya membuat kita bangga dengan kemampuan anak bangsa yang luar biasa atau minimal kita merasa terhibur dengan keberadaan olahan kreatif seperti ini. Jangan malah dijadikan sebagai bahan provokasi. Dan kamu sebagai pengguna smartphone seharusnya juga lebih kritis dalam mengolah informasi yang ada. Bener nggak?

Daya imajinasi Agan juga nggak disangka-sangka, liat aja ini foto-fotonya

Justin Bieber jadi tukang soundsystem via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

Kanye West kedinginan via www.instagram.com

Ketangkep kan tuh mbaknya hihi via www.instagram.com

Rihanna sama Lil Wayne serius ye via www.instagram.com

Nasi kuning :)) via www.instagram.com

Jadi buat kamu yang suka main media sosial, pastikan dulu faktanya ya sebelum menyebarkan informasi. Apalagi foto-foto seni seperti ini. Siapa tahu itu hasil karya Agan Harahap yang disalahgunakan oleh orang nggak bertanggung jawab.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya