Tak cuma kekayaan, tapi juga kekuasaan. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan kehidupan para pejabat. Tak terkecuali istri-istrinya. Begitu resmi menyandang status istri pejabat, penampilan para istri pun mulai berubah. Mereka mungkin sedang berusaha memantaskan diri dengan status barunya. Sebut saja penampilan Arumi Bachsin yang jadi ibu bupati Trenggalek dan Adelia Wilhelmina, istri Pasha Ungu yang sekarang jadi wakil walikota Palu.

Dandanan mereka dari mulai model rambut atau hijab, pemilihan baju hingga sepatu terlihat makin kenes ala-ala istri pejabat biasanya. Rasanya tak pantas saja kalau menjadi istri walikota, bupati, gubernur, apalagi presiden kalau tak pakai barang-barang mahal. Artis abal-abal saja ada yang bisa pakai mobil sport. Memantaskan diri ala istri pejabat ini tidak salah, tapi harusnya tetap diimbangi dengan pelaksanaan tugas yang benar. Bersyukurnya, ternyata nggak semua istri-istri pejabat menomorsatukan gaya hidup, masih banyak di antara mereka yang memprioritaskan pengabdian.

Sepenuh hati mereka mendukung kinerja suaminya, kadang tanpa perlu meminta disorot kamera atau tanpa memajang kerja kerasnya di media sosial. Mereka bekerja keras dengan cara yang biasa saja.

1. Dimulai dari ibu negara kita, Iriana Jokowi yang gayanya sederhana dan tak terlalu mengumbar aktivitasnya di media

Iriana Jokokwi via merahputih.com

Ibu Iriana dikenal memiliki gaya berpakaian yang sederhana. Kalaupun sempat beberapa kali tersorot menggunakan barang-barang bermerek, itu masih wajar dalam posisi sekelas ibu negara. Nggak lucu juga ‘kan kalau pakai barang KW? Hampir semua pemberitaan tentang Ibu Iriana yang menghiasi media adalah tentang aktivitasnya sebagai istri presiden. Ia aktif melakukan berbagai macam kerja sosial terutama terkait dengan permasalahan kesehatan seperti kanker dan penyuluhan bahaya narkoba. Kegiatan sehari-harinya juga disibukkan dengan aktivitasnya menemani sang suami melakukan berbagai kunjungan kerja. Ibu Iriana tak banyak pamer aktivitasnya, media sosial Instagramnya saja sudah tidak pernah update.

2. Veronica Tan, istri Ahok yang cantik dan berkharisma justru paling anti “dilayani” karena merasa ialah yang harus “melayani”

Advertisement

Veronica Tan via youtube.com

Dalam sebuah wawancara dengan Liputan6.com, Veronica mengatakan bahwa ia risih kalau terlalu dilayani, dikerumuni, dan dikawal. Ia benar-benar ingin orang-orang di sekitarnya memperlakukannya biasa-biasa saja. Tak seperti istri-istri pejabat yang kadang pamer punya banyak asisten, Veronica justru lebih suka menjadi sosok yang mandiri. Ia kini aktif menjadi ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, ketua Yayasan Kanker Indonesia wilayah Jakarta, dan ketua Dewan Kerajinan Nasional daerah Jakarta. Salah satu prestasi sarjana arsitektur ini adalah mampu mewujudkan ruang terbuka publik.

3. Si cantiknya Pak Ridwan Kamil, Ibu Atalia Praratya yang supel dan tidak membangun jarak dengan masyarakat

Atalia Kamil via ataliapraratya.com

Ridwan Kamil dikenal sebagai sosok walikota yang gaul dan dekat dengan anak muda. Unggahan-unggahannya di media sosial selalu menggunakan  bahasa-bahasa yang dekat dengan anak muda. Sosok Atalia pun sering ia singgung dalam parodi caption-nya di media sosial dengan panggilan Si Cinta. Atalia yang supel pun terlihat gampang menyesuaikan diri dengan karakter kepemimpinan suaminya. Model kepemimpinan “baper” dan “romantis” memang sudah terbukti membuat pasangan ini lebih dekat dengan masyarakat. Mereka terlihat sering turun langsung ke lapangan. Meski kadang berdandan ala ibu pejabat, Atalia tetap tak sungkan jika harus memakai baju yang seadanya.

4.  Nggak ada bau-bau sosialitanya, istri walikota Padang bernama Harneli Mahyeldi lebih mengutamakan kinerjanya dibandingkan dandanannya

Harneli Mahyeldi via tabloidbijak.com

Istri dari H. Mahyeldi ini merupakan salah satu potret istri pejabat yang jarang terlihat menggunakan pakaian-pakaian yang glamor. Ia lebih sering terlihat sederhana saat menjalankan tugas, entah saat sendiri atau bersama suaminya. Ibu Harneli dikenal cukup agamis dan sangat aktif dalam berbagai kegiatan sosial, meski pemberitaan mengenai dirinya jarang terdengar. Ia tak mengikuti gaya hidup ala sosialita meski sudah menjabat sebagai ibu walikota dan lebih bangga dengan gayanya yang sederhana.

5. Kenalkan Dessy Ayu Trisna, ibu walikota yang ramah dan suka blusukan. Ia sering tertangkap pakai baju harga pasaran

Dessy via korankite.com

Dessy pernah muncul dalam sebuah pemberitaan yang menyebutkan bahwa ia memakai sebuah kemeja seharga 90 ribu rupiah. Meski menjadi omongan, dia mengaku nyaman mengenakan kemeja tersebut. Aktivitas blusukan-nya juga sering menjadi sorotan, pasalnya ia kadang blusukan sendiri tanpa suaminya. Dedikasinya yang tinggi didukung dengan paras cantik dan kepribadiannya yang ramah menjadikan Ibu Dessy sebagai idola.

Ternyata nggak semua istri pejabat hanya mempedulikan gaya hidup saja ‘kan? Masih banyak juga yang lebih mementingkan pengabdiannya pada tugas yang ia emban sebagai pendamping hidup pelayan negara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya