Baru-baru ini, muncul pemberitaan kalau Winnie the Pooh dilarang muncul di media sosial di Cina. Loh kok bisa? Ternyata beruang madu lucu tersebut dianggap mirip sama presiden negara tersebut, yaitu Xi Jinping. Kasus pelarangan kartun di suatu negara memang bukan hal baru sih. Banyak negara selain Cina yang pernah nge-banned kartun karena alasan yang berbeda. Ada yang melakukan pelarangan kartun tertentu karena alasan keselamatan bagi warga negaranya, tapi ada juga yang melakukannya karena alasan yang aneh.

Kali ini Hipwee sudah mengumpulkan daftar kartun yang dilarang di berbagai negara karena alasan yang gak kalah absurdnya.

1. Winnie the Pooh (Cina)

Presiden Xi Jinping bersalaman dengan PM Shinzo Abe. Mirip kayak Winnie dan Eeyore ya? via www.bbc.com

Pelarangan tokoh kartun Winnie the Pooh di negara Cina ternyata dikarenakan alasan yang sebenarnya agak kocak loh! Belakangan, media sosial Cina heboh karena sejumlah warganet mengunggah foto yang menunjukkan kemiripan Presiden Xi Jinping dengan beruang madu tersebut. Karena sama-sama punya bentuk muka dan hidung yang bulat, warganet di Cina pun menilai Winnie the Pooh punya fitur wajah yang menyerupai pemimpin negara mereka. Ada yang mengunggah foto Xi Jinping dan Barack Obama yang sedang berjalan dimiripkan dengan Winnie the Pooh dan Tigger. Ada juga yang mengunggah foto ketika Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sedang bersalaman yang disandingkan dengan Winnie dan Eeyore yang juga sedang bersalaman. Namun, tindakan warganet ini enggak dinilai lucu sama Pemerintah Cina! Memang sih aturan sensor di Cina termasuk ketat, dan menjadikan pemimpin negara sebagai bahan bercandaan bakal dianggap ofensif. Walah padahal kan Winnie the Pooh imut dan bikin gemas begitu 🙁

2. The Simpsons (Rusia, Myanmar, Venezuela)

The Simpsons via flavorwire.com

Advertisement

The Simpsons merupakan salah satu serial TV yang paling disukai di dunia. Tapi tema ceritanya terkadang memang kontroversial sih :(. Karena salah satu episodenya yang berisikan adegan kontroversial dicabut di Rusia. Wah, kok bisa? Jadi, dalam salah satu episodenya, Homer Simpsons diperlihatkan sedang bermain Peekimon Get, plesetan dari game Pokemon Go. Masalahnya, Homer main game di saat yang enggak pantas, yaitu saat ibadah di gereja. Pemimpin gereja di Rusia pun protes karena isi dari episode tersebut dinilai ofensif. Enggak cuma itu saja. Pada tahun 2007, film The Simpsons Movie yang tayang di bioskop di-banned oleh Pemerintah Myanmar. Soalnya, warna kuning dan merah pada tokoh Bart dan Lisa Simpson dinilai sebagai bentuk dukungan kelompok pemberontak di negara tersebut. Dan yang terakhir, The Simpson juga dilarang tayang di Venezuela. Katanya sih karena isi ceritanya enggak pantas buat anak-anak. Yang kocak, Baywatch kemudian ditayangkan sebagai pengganti The Simpsons di televisi. Lah sama aja 🙁

3. Spongebob Squarepants (Ukraina, Cina)

Spongebob Squarepants via www.dailymail.co.uk

Pada tahun 2008, Cina mengeluarkan peraturan yang melarang beberapa kartun produksi luar negeri untuk tayang di negaranya, termasuk Spongebob Squarepants. Alasan utamanya adalah pemerintah ingin melindungi industri film domestik yang berkembang di sana. Selain itu, dengan dilarangnya beberapa kartun produksi luar negeri, Pemerintah Cina juga berusaha melindungi warganya dari arus pop culture yang enggak sesuai dengan norma, kayak pornografi dan hal-hal berbau mistis. Kalau di Ukraina, alasan pelarangan Spongebob di layar kaca beda lagi, nih! Menurut Pemerintah Ukraina, tokoh kartun Spongebob Squarepants mempromosikan homoseksualitas :(. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh lembaga National Expert Commission for Protecting Public Morality. Konon katanya, kebiasaan Spongebob yang berpegangan tangan dengan sahabatnya, Patrick, jadi tanda kalau kartun ini emang bertemakan homoseksualitas. Waduh!

4. Crayon Shin-chan (India)

Crayon Shin-chan via id.pinterest.com

Sosok Shin-chan yang kocak dan terkadang menyebalkan ini ternyata enggak disukai oleh para orang tua di India, loh! Menurut mereka, sosok yang memiliki nama asli Nohara Shinnosuke ini bisa memberikan contoh yang enggak baik buat anak-anak. Shin-chan dinilai sebagai sosok nakal yang enggak pantas buat ditiru. Tapi memang sih orang tua harus mendampingi anak-anaknya kalau mau nonton kartun satu ini.

5. Mickey Mouse (Jerman, Romania)

Mickey Mouse via mickey.disney.com

Tokoh kartun seterkenal Mickey Mouse ternyata pernah dilarang di suatu negara loh! Bahkan, enggak cuma sekali Mickey bermasalah dengan Pemerintah Jerman. Pada tahun 1929, lembaga sensor Jerman melarang cerita pendek Mickey Mouse yang berjudul “The Barnyard Battle”. Dalam cerita tersebut, sekelompok kucing mengenakan pickelhauben, topi yang dipakai oleh tentara Jerman. Hal ini dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap martabat negara.

Kemudian, sebuah koran Jerman pernah membahas soal Mickey Mouse, dan mempertanyakan kenapa makhluk kecil dan kotor seperti Mickey bisa diidolakan oleh anak-anak di seluruh dunia. Kemudian pada tahun 1954, Jerman Timur melarang komik Mickey Mouse karena dinilai “anti Re-rebel”. Untuk kasus banning di Romania pada tahun 1935, Mickey Mouse dilarang di negara tersebut karena sosoknya dianggap seram seperti monster dan dikuatirkan akan menakuti anak kecil. Padahal Mickey Mouse kan lucu ya!

Menurut pendapatmu gimana soal pelarangan kartun-kartun ini di berbagai negara?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya