Siapa sih yang nggak kenal Marshanda, Caca, atau Chacha? Masa kecil kita dibuat lebih baik olehnya. Chacha pertama kali muncul sebagai bintang iklan susu. Lalu, dia berperan sebagai Lala di sinetron Bidadari. Nggak cuma akting saja, Chacha juga menghiburmu lewat bakat tarik suaranya.

Menyimak kehidupan Chacha mulai dari kecil sampai dewasa, kita pasti hafal semua kontroversinya. Berita terakhir menyebutkan bahwa ayah kandung Chacha, Irwan Yusuf, tertangkap sedang mengemis.

Kamu mungkin bertanya-tanya, kok bisa ya anaknya artis tapi ayahnya mengemis? Marshanda ke mana aja selama ini? Kok ayahnya nggak diurusin?

Nah, simpan dulu ya pertanyaan yang mungkin kalian punya. Bagaimana pun kontroversialnya hidup Chacha, kita layak menghormatinya sebagai sosok yang kuat dan tahan cerca. Jujur sih, nggak semua dari kita bisa sekuat dan setegar Marshanda.

Tentu kamu masih ingat video emosional Chacha yang viral di tahun 2009. Tak butuh waktu lama sebelum dia bangkit dan kembali ke panggung hiburan

Video Caca yang heboh tahun 2009 via xoomclips.com

Advertisement

Masih ingat nggak dengan video yang menggemparkan dunia hiburan beberapa tahun silam, saat kita masih SMP atau SMA? Yap. Chacha mengunggah sendiri sebuah video ke Youtube, mengungkapkan kemarahannya kepada ‘temen-temen SD gue! Siapapun yang pernah nyakitin gue!’. Rambutnya dicat pirang dan Chacha menari sambil menyanyi.

Saat itu kita mungkin bertanya-tanya: kok bisa sih artis mengunggah video berisi kemarahan semacam itu? Nggak bisa kontrol emosi ya?

Atau mungkin begini: kok bisa sih Lala yang selalu imut, baik hati, nggak pernah marah meski disakiti oleh Mama dan saudara tirinya, jadi marah-marah sambil nangis dan nyanyi? Gara-gara video itu juga, banyak yang mendadak jadi psikiater dan mendiagnosis kalau Marshanda menderita bipolar. Bahkan konon ada kabar, gara-gara itu Chacha dipasung oleh sang Ibunda.

Yah, apapun yang alasannya, dan apapun yang terjadi sebenarnya, pasti masa itu masa-masa berat untuk Marshanda. Tapi Chacha bangkit lagi dan kembali menyapa kita di layar kaca. Di tahun 2011, dua tahun sejak video itu diunggah, Chacha menikah dan melahirkan satu anak, Sienna.

2. Marshanda tak pernah malu-malu berbagi semangat hidupnya. Dia tulus berbagi motivasi sebagai penyintas bullying dan masalah keluarga

caca pernah jadi motivator via www.merdeka.com

Nggak cuma tampil lagi di layar kaca, Chacha pun pernah jadi motivator. Komitmennya adalah supaya banyak orang untuk bisa mengambil pelajaran dari setiap kesalahan dan mengubahnya menjadi kesuksesan. Chacha pun selalu kerap mengunggah foto-fotonya dengan fans di berbagai daerah. Ini adalah bukti bahwa Chacha yang pernah mengalami masa-masa berat sebelumnya, bisa bangkit dan bahagia lagi.

3. Keretakan rumah tangga sampai isu-isu miring tentang suaminya nggak membuat Marshanda tenggelam dalam kesedihan. Lagi dan Lagi, Marshanda bangkit dari keterpurukan

Bersama Ben dan Sienna via showbiz.liputan6.com

Perhatiin deh, setiap kali ada sesuatu yang menimpa Marshanda, dia selalu bisa bangkit lagi.

Tapi ujian hidup Chacha nggak berhenti di sana. Setelah empat tahun menikah dengan Ben dan dikaruniai Sienna Ameraa Kasyafani, rumah tangga Chacha mulai retak. Dirinya dan Ben resmi bercerai di tahun 2015 lalu. Lagi-lagi, Chacha diterpa ujian besar. Belum lagi banyak isu negatif tentang penyebab retaknya rumah tangga mereka.

Karena berita ini diikuti dengan munculnya penampilan Caca di muka umum tanpa jilbab, netizen dengan mudah mengkaitkan keputusannya melepas hijab sebagai efek dari stresnya pascaperceraian. Padahal Chacha tidak pernah mengeluarkan komentar yang mengaitkan keduanya. Seiring dengan kabar ini, muncul juga kabar bahwa Chacha dipasung oleh ibunya sendiri di rumah sakit swasta. Persoalan ini bahkan sampai dibawa ke muka hukum. Tapi untungnya sekarang semua sudah berlalu. Hubungan Chacha dan ibunya sudah baik dan kompak lagi.

4. Meski didera cibiran sana sini, Marshanda tetap punya alasan atas segala tindakannya. Keputusannya bulat dan tidak mudah goyah meski masyarakat kompak mencibirnya

Ini jawaban Marshanda untuk orang-orang yang mencibirnya via www.cumicumi.com

Keputusan Chacha untuk melepas hijab pastinya nggak lepas dari komentar-komentar negative netizen untuknya. Komentar negative yang kadang bernada jahat dan menyakiti hati itu ternyata nggak membuat Chacha mengurungkan niatnya. Chacha punya alasan kuat dibalik keputusannya, yang mungkin memang nggak perlu kita ketahui.  Apapun alasan dari keputusan Chacha dengan hijabnya, terlihat bahwa Chacha adalah perempuan yang tegar.  Meski cercaan dan cibiran berdatangan, Chacha masih tetap bisa tertawa lebar. Buktinya banyak di akun Instagram artis yang hobi meng-upload video ini.

5. Di Instagram, Marshanda terus membuktikan bahwa dia tak menyerah pada drama

Caca dan Sienna via showbiz.liputan6.com

Kita yang masih terkejut dengan keputusan Caca melepas hijabnya, dibuat semakin terbengong-bengong dengan postingan-postingan ibu satu anak ini di akun Instagramnya. Saat ini Chacha gemar memamerkan warna-warna rambut barunya dan penampilan-penampilan barunya yang sangat berbeda. Belum lagi foto-foto dengan kekasih barunya, Egi John, yang membuat netizen sering bertanya-tanya ‘Oh ke manakah Marshanda yang dulu imut-imut saat menjadi Lala, atau Marshanda yang teduh dan bikin hati adem saat memakai hijab hijaunya?’.

Tapi di balik itu, Chacha tetap jadi pribadi yang selalu jujur pada perasaannya. Termasuk saat dia memendam kesedihan atas putrinya Sienna yang kini diasuh oleh Ben Kasyafani. Di akun instagramnya, Chacha mengungkapkan meskipun kehilangan Sienna membuatnya hancur, dia berusaha untuk tetap tegar dan baik-baik saja agar orang lain nggak usah khawatir.

Duh, Mbak Chacha, yang sabar ya Mba…

6. Belum usai protes masyarakat atas perubahan gayanya yang kontroversial, Marshanda harus menghadapi pemberitaan tentang Ayahnya yang sedang mengemis

Ayah kandung Caca yang jadi pengemis via m.tribunnews.com

Kontroversi tentang penampilan barunya belum selesai, kini Chacha lagi-lagi dihadapkan dengan pemberitaan miring soal Ayah kandungnya yang tertangkap dinas sosial. Irwan Yusuf, Ayah kandung Chacha yang bercerai dengan ibunya sejak usia Chacha 5 tahun, tertangkap sedang meminta-minta di daerah Menteng, Jakarta Selatan. Irwan Yusuf mengaku dia terpaksa mengemis karena bengkel tempatnya bekerja mengalami kebangkrutan. Duh, jelas ini heboh dan nggak mengenakkan. Bagaimana mungkin anaknya artis yang sering wara-wiri di TV, ayahnya sampai mengemis di jalan-jalan?

7. “Ini bukan hal yang memalukan. Bagaimanapun juga dia tetap papaku.” Marshanda adalah Marshanda. Komentarnya tentang kasus ini membuat kita semua terpana

“Itu bukan sesuatu yang memalukan buat aku” via m.tempo.co

Untuk artis sekelas Chacha, barangkali berita ini cukup ‘memalukan’. Tudingan anak nggak berbakti pada orangtua bisa dengan mudah dialamatkan. Kalau anaknya bisa hidup berkecukupan, kenapa sang Ayah terlunta-lunta di jalan?

Ini juga bisa jadi berita yang menyedihkan. Bahwa Ayah seorang artis bisa berada dalam kondisi yang demikian buruknya. Tapi komentar Chacha untuk masalah ini justru membuat kita terpana. Bukannya menyangkal karena malu, Chacha justru dengan tegas mengakui bahwa orang tersebut memang ayah kandungnya. Bagi Chacha, kondisi Ayahnya itu bukan sesuatu yang memalukan. Dia justru mengungkapkan kegembiraannya karena bisa bertemu lagi dengan sang Papa setelah sekian lama “lost contact.”

“Di mana pun juga Papa tetap papaku, aku sayang sama Papa. Aku menerima dia apa adanya dan orang-orang terdekat aku tahu itu,”

“Yang aku lakukan di situ adalah salim Mama-Papa dan aku tetap nunjukin ke siapa pun di ruangan itu yang enggak respek. Mungkin enggak ngehormatin karena materi atau karena hal-hal yang dilihat dari luar, tapi aku nunjukin bahwa ini Papaku,”

Duh, jadi terharu nggak sih? Meski kondisi Ayahnya sedang ‘nggak bagus’, Chacha nggak pernah malu atau ragu untuk mengakui dan menunjukkan pada publik bahwa pria itu adalah Ayahnya. Salut!

8. Mungkin selama ini banyak orang yang mencibir kisah hidup Marshanda. Kalau kalau dihadapkan pada posisi yang sama, kamu yakin bisa setegar dia?

Yakin kamu bisa lebih tegar dari dia? via www.bintang.com

Hidup Chacha memang penuh kontroversi. Hingga saat ini masih banyak cibiran yang dia terima. Banyak juga yang menyayangkan kenapa dia begini atau begitu. Tapi Chacha tetap menjadi sosok yang mandiri dan percaya diri. Memang beberapa tindakannya sering membuat kita bertanya-tanya . Tapi seandainya kamu dihadapkan pada posisi yang sama sepertinya, dengan segudang masalah seperti yang dihadapi Chacha, apa kamu yakin bisa setegar dia?

9. Meski banyak cobaan, dia tetap tegar. Di balik sikapnya yang kontrovesial, dari Chacha kita bisa banyak belajar. Stay strong, Chacha!

stay strong, marshanda! via www.beranda.co.id

Berbagai masalah yang datang silih berganti, memang membuat Chacha tertekan hingga lepas kontrol. Tapi dari sana, Chacha selalu bangkit lagi dan lagi. Ketegarannya yang bagai karang dilautan boleh lah kita acungi jempol. Di luar sikap-sikapnya yang kontroversial, banyak pelajaran yang sebenarnya bisa kita ambil dari cara Chacha menyikapi keadaan. Bagaimanapun, jika bukan Chacha, belum tentu ada orang yang bisa menghadapi cobaan itu semua.

Hidup memang nggak lepas dari cobaan. Tapi Tuhan nggak pernah memberikan cobaan lebih berat dari yang bisa diatasi oleh umatnya. Masing-masing orang memang punya cara sendiri dalam menghadapi masalah. Di luar itu semua, mari kita belajar dari Marshanda, yang meski terjatuh berkali-kali, tetap bisa bangkit lagi dan lagi. Buat apa mencerca, karena jika dihadapkan dengan kondisi yang sama, belum tentu kita bisa lebih tegar dan kuat dari Marshanda.