Munculnya banyak YouTuber dan Vlogger yang punya pengaruh membuktikan kalau YouTube sekarang sedang berkembang. Sebut saja Bayu Skak, Kaesang Pangarep, sampai baru-baru ini Jokowi — semua punya akun YouTube dan rutin membagikan cerita soal keseharian mereka.

Berbeda dengan channel milik Kaesangchannel YouTube Jokowi masih terkesan formal. Sebatas menceritakan kegiatannya sebagai Presiden lewat video yang datar dan kurang menarik dibagikan.

Subscriber Kaesang aja udah 50 ribuan, masa bapaknya masih 8 ribu? Coba deh Pak Jokowi, strategi Kaesang ini ditiru. Biar makin banyak yang subscribe channel Bapak 🙂

Bikin Vlog Pak, biar kita tahu keseharian presiden dari pagi sampai malam

Youtube pak Jokowi via cdn.tmpo.co

Tahun 2016 adalah tahunnya vlog, vlog adalah singkatan dari video blog. Video yang menceritakan tentang kegiatan sehari-hari yang kemudian diupload melalui youtube. Banyak banget sih contoh vlog yang keren. Contohnya, Kaesang, dia udah duluan bikin konten vlog dalam channel youtubenya. Judul vlognya sih lucu, Pilok. Hm, ide kreatif kayak gini bisa dicontoh pak Jokowi nih.

Advertisement

Kan keren, pak Jokowi bikin vlog. Kita bisa tahu kegiatan beliau dari pagi sampai malam. Terus, kita jadi deh sudut Istana negara kayak apa. Kita jadi tahu pak nuansa obrolan presiden dan Ibu negara gimana, macam-macam. Ya gak?

Mungkin, kalau pak Jokowi bikin vlog, dia adalah presiden pertama didunia yang punya vlog.

Ajakin kolaborasi youtubers lain kayak Raditya Dika, Bayu Skak, Ernest Prakasa atau standup comedian lainnya

Sama Bayu skak oke juga nih pak via i.ytimg.com

Kita tahulah pak Jokowi punya selera humor yang tinggi. Beliau, juga dekat dengan pelawak-pelawak Indonesia lainnya. Kemarin aja, para komik atau pelawak tunggal diundang pak Jokowi ke Istana buat makan siang lho. Nah, hipwee kepikiran kalau pak Jokowi bikin kolaborasi sama youtubers lainnya kan jadi keren aja gitu. Misalnya opening videonya pak Jokowi ngomong

”Ee yo WhatsApp! Kembali lagi bersama saya Jokowi dan teman sebelah saya, Bayu skak. Piye kabare, rakyatku? Penak jamanku tho?”

Bikin tutorial jadi presiden. Biar nggak kalah sama beauty YouTuber ala-ala

Tutorial jadi presiden via cdn.tmpo.co

Halo semua anak Indonesia, berikut ini bapak ingin membuat sebuah tutorial menjadi presiden. Semoga kalian bisa termotivasi untuk jadi presiden seperti bapak.

Andaikan ide ini terealisasi, pak Jokowi adalah presiden pertama yang punya tutorial jadi presiden di dunia. Lho, kenapa tidak? Ini bisa memotivasi anak-anak Indonesia untuk jadi presiden. Mencari bibit-bibit pemimpin bangsa se-dini mungkin. Mungkin saja, dari 350 juta penduduk Indonesia nyelip 1 penonton youtube pak Jokowi yang terinspirasi, dan kelak menjadi presiden RI karna video tersebut, siapa tahu.

“Gunakan cara-cara baru dalam menyampaikan informasi, tinggalkan pola-pola lama” -Joko widodo, presiden RI

Pak Jokowi kan suka musik metal, kenapa gak bikin video lipsync band metal dunia aja? Dijamin viral!

Metaaaal! via cdn.ar.com

”Kalau bapak kan sukanya heavy metal, kalau saya sukanya heavy rotaion” -Kaesang Pangarep

Emang konyol sih, tapi kenapa enggak? YouTube kan situs media yang membebaskanmu berekspresi. Sesekali lihat presiden kita berekspresi dengan musik kesukaannya kenapa enggak? Ya kan? Atau bisa berkolaborasi musik dengan composer yang terkenal lewat youtube juga,  Eka gustiwana. Selama ini kan Eka selalu bikin speech composing pak Jokowi dan Kaesang. Nah, sesekali kolaborasi musik metal gitu.

Nah, sebenarnya sih Hipwee mewakili hasrat anak muda Indonesia aja supaya semakin dekat dengan presidennya. Siapa sih yang gak pengen tahu obrolan presiden di Istana, ngeliat setiap sudut Istana negara. Lauk pauk presiden di Istana itu apa dan lain-lain, ya pokoknya yang berhubungan dengan kegiatan presiden non formal deh.

Melalui video YouTube lah semua itu bisa terlaksana. Ya gak? Jadi, gak ada lagi tuh istilah pencitraan-pencitraan.

Semoga channel YouTube pak Jokowi bisa bermanfaat buat kita semua ya. Aamiin!