Entah sejak kapan dan siapa yang memulai paling pertama, kata “terserah” sekarang ini bukan lagi sebagai trend, tapi sudah benar-benar menjadi kebiasaan. Khususnya di kalangan cewek-cewek. Dikit-dikit saat ditanya jawabanya terserah. Apalagi saat sedang tak enak hatinya atau ngambek, kata terserah jadi momok yang bikin cowok benar-benar ngeri karena selalu saja gagal paham dengan maknanya. Sebab bagi cewek, kata terserah ini punya makna yang nggak seperti di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) aja.

Di KBBI “terserah” ini kata kerja yang punya makna sudah diserahkan (kepada); pulang maklum (kepada); tinggal bergantung (kepada). Dan sebagai kata keterangan “terserah” bermakna masa bodoh atau nggak peduli. Tapi dalam ucapan cewek, kata terserah ini kira-kira maknanya apa aja ya? Biar cowok sedikit paham dan bisa menerka-nerka maksud dari para cewek yang sedang dilanda perasaan “ganjil”, kamu wajib baca sampai tuntas artikel Hipwee kali ini. Semoga membantu ya!

1. Terserahnya cewek sama dengan “oke terserah aku” awas aja kalau kamu coba ganti-ganti keputusan!

terserah aku pokoknya, titik! via www.dustincantrellphotoblog.com

Saat sedang terbawa emosi entah perkara apa dan dituntut untuk mengambil keputusan, kata terserah ini bisa berkebalikan dari makna aslinya di KBBI. Jangan pikir dengan ngomong terserah cewekmu ini mempercayakanmu untuk menentukan atau memutuskan sesuatu sepenuhnya. Tapi kata terserahnya dia nggak laiin perpanjangan dari kalimat “oke terserah aku” pokoknya semua keputusan urusanku. Cowok nggak boleh asal ganti-ganti keputusan, kalau nggak mau ceweknya makin kesal atau ngambek.

Iya, terserah….

2. Saking udah malas, cewek akhirnya kehilangan semangat untuk ngomong dan kata “terserah” selalu jadi andalan

Advertisement

Ngomong sama kuda aja, via www.logancoleblog.com

Saat moodnya sedang rusak parah karena rasa lelah dengan sesuatu seperti hanya sikapmu, cewek yang cerewet sekalipun pasti akan mendadak malas berbicara. Dipikirannya buat apa banyak bicara kalau dianggap angin lalu, entah di dengar atau tidak tapi yang jelas ucapanmu tak memberi perubahan apapun kesikapnya. Jadi, daripada energimu terkuras lagi mengulang ucapan yang sama, mendingan jawab pakai kata “terserah” dan semua selesai.

Hmmm, terserah! Aku lelah, huft

3. Jangan gegabah buat ambil kesimpulan, sebab kata terserahnya cewek bisa jadi maknanya serupa dengan “Coba pikir-pikir dulu”

pikr-pikir dulu deh via dylandsara.com

Besok jadi mau datang ke acara komunitas di Taman Menteng?

Terserah, lihat besok aja deh.

Yakin maksudnya dia ini setuju?! Sebab terserahnya ini punya embel-embel lain yang sebenarnya kurang lebih menyiratkan keraguannya. Terserahnya dia sama saja dengan kata “iya” yang semuanya masih belum pasti dan harus dipikir-pikir dulu olehnya. Jadi kamu jangan keburu lega dulu ya, boys!

Disabarin aja….

4. Kadang cewek ngomong terserah karena emang lagi bingung dan sedang buntu ide aja

Ku juga bingung mau ke mana via dylandsara.com

Kamu mau makan di mana?

Terserah, kamu….

Oke. Kita makan di restoran padang aja.

Eh, jangan dong lagi malas makan santan nih.

Ya udah kalau gitu di warung pecel lele langganan.

Nggak ah, di sana antri pasti.

Hmmm, beli makan di abang nasgor langganan aja deh! (udah mulai naik darah)

Yah, bosen.

Ya, terus mau makan di mana, tadi katanya terserah…. 🙁

Maklumin aja ya, cewekmu ini lagi benar-benar bingung alias buntu ide. Dia nggak tahu harus kasih rekomendasi mau makan apa dan di mana. Tapi dia juga kurang setuju sama pilihan-pilihanmu. Terus bagaimana? Masa iya ditanyain satu-satu, kalau di sini bagaimana, kalau di sana bagaimana? Lagi-lagi, yang sabar aja

5. Terserah buat cewek juga bisa berarti udahlah aku lagi marah dan “masa bodoh”

Ngomong sama rambut aku aja nih…. via elizabethwellsphoto.com

Aku tuh kemarin cuma pergi nganterin Si Oji, seharian sama dia keliling di Asemka. Aku juga kemaren kehabisan pulsa internet sama reguler, jadi nggak bisa hubungin kamu.

Hmmm, terserah….

Terserah kamu mau ngomong apa, aku udah nggak peduli. Kira-kira begitulah maksud sebenarnya dari kata terserahnya cewek yang sedang benar-benar marah. Dia nggak akan mau tahu lagi atau bersikap masa bodo dengan apapun yang kamu lakukan dan bicarakan. Akhirnya pun pasti berujung pada aksi diam yang bagi cowok sudah seperti pisau bermata dua.

6. Kalau bilang terserah, ya artinya cewek nggak ngebolehin kamu. Sesimple itu

nggak boleh aslinya via dylandsara.com

Yang, sabtu besok aku futsal sama temen-temen ya

Hah, pergi sama temanmu terus, sama akunya kapan?

Besok ulang tahunnya Gaga, dia traktir sewa lapangan, kita juga mau ngasih suprise gitu. Yah… yah boleh!

(menghelah napas panjang) Nggak tahu ah. Terserah! kamu pergi aku marah!

Intinya sih, terserahnya cewekmu ini bermaksud tak membolehkanmu pergi futsal sama teman-temanmu. Tapi kalau kamu beranggapan terserahnya ini seperti kata iya yang memperbolehkan, ya siap-siap aja dia mendadak diam. Abis kamunya nggak peka sih! Hihihi….

7. Tapi nggak ada yang lebih harus kamu waspadai, kalau terserahnya itu nggak jelas maunya apa. Ini yang bikin serba salah

nggak jelas via dylandsara.com

Terserah lah, terserah….

Dari semua makna kata terserah yang sudah dijabarkan di atas, kamu sebagai cowok perlu waspada sekali sama terserahnya kali ini. Sebab terserahnya dia akan buat kamu makin serba salah. Ya, bagaimana nggak serba salah kalau dia sendiri nggak tahu maunya seperti apa. Kamu begini salah, begitu pun salah. Apalagi kalau nggak usaha apa-apa, ya udah kelar aja.

Cewek nggak cuma punya banyak perbendaharaan kata, tapi juga makna yang macam-macam untuk beberapa kalimat. Kamu sebagai cowok, kalau emang sampai sekarang masih sering gagal paham, ya mungkin memang harus lebih bersabar. Tenang ya, tarik napas dalam-dalam dan bilang pelan-pelan ke cewekmu untuk jangan sering-sering bilang terserah. Ya, siapa tahu aja berhasil. Tapi, terserah kamu juga sih. #eh

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!