Ketika cewekmu sedang datang bulan? Apa yang terlintas dalam pikiranmu, apakah yang sekiranya bikin kamu harus merubah sikap? Punya cewek yang sedang datang bulan memang bikin pikiran ketar-ketir, cowok harus perhatian, tapi di lain sisi cowok mesti hati-hati ambil sikap. Saat PMS masalah terberat adalah segala hal tentang mood. Mood yang kadang sering berubah, kadang jelek, kadang bahkan lebih jelek yang akhirnya mereka sering bete sampai marah ke cowok.

Apa ini lumrah? Tentu bisa dibilang iya, namun di sisi lain juga mereka marah karena kelakuan cowok yang nggak peka. Kalau sudah begini, barangkali segala hal yang dilakukan cowok selalu salah di mata kekasihnya. Tapi baiknya para cowok jangan melakukan hal yang bikin cewek PMS tambah bete. Beberapa hal di bawah ini baik buatmu untuk disimak baik-baik, cowok mesti jeli akan sikap yang dia ambil saat cewek sedang PMS.

1. Jangan sampai kamu nggak ngasih kabar dan dengan santainya kamu meminta maaf. Cewek PMS bakal ngamuk!

Jangan lupa buat ngabarin… via unsplash.com

Kabar adalah hal utama saat cewek sedang datang bulan. Sekalinya kamu nggak ngasih kabar, baik disengaja ataupun cuma lupa, siap-siap deh kamu kena omelan. Omelan yang menyerangmu juga jangan disikapi negatif, kamu harus ikhlas. Lagian, yang salah tetap kamu!

2. Karena mungkin kamu anggap sudah biasa kamu jadi sekenanya cuekin dia. Percayalah hidupmu nggak tenang karena kemarahannya

Dia ngomel dan kalian ribut selama semingguan… repot deh… via unsplash.com

Advertisement

Cewek PMS memang sudah jadi hal biasa bagi para cowok. Tapi walupun demikian, cowok nggak boleh anggap enteng, daripada kamu kena marah baiknya kamu perhatian. Jangan cuek dan seolah menghindarinya, hal-hal ini malah bikin cewekmu semakin geram. Walau harus berkorban kena omelan, cowok harus tetap perhatian.

3. Kalau sudah paham cewek PMS butuh perhatian harusnya kamu berusaha lebih bukan malah lempeng-lempeng saja

Jangan lempeng aja… via unsplash.com

Jangan sampai kamu menunjukkan hal yang sekiranya dibilang “pura-pura bego” karena cewek PMS nggak bakal suka. Jangan bersikap lempeng seolah nggak ada hal yang aneh, ketika cewek memarahaimu itu tanda bahwa dia sedang PMS dan butuh perhatianmu. Jangankan cuek, kalau kamu perhatiannya nggak maksimal juga bakal kena omelan, kamu harus serius.

4. Tanya sesekali memang simbol perhatian, tapi kalau sudah berkali-kali hati-hati bisa bikin suasana hatinya makin berantakan

Banyak nanya? Hati-hati deh… via unsplash.com

Jangan bikin sesuatu yang sekiranya sederhana jadi ribet, cewek yang sedang datang bulan bakal bete. Kalau kamu bingung bersikap yang baik, jangan sekali pun menanyakannya ke pasangan. Kamu harus punya inisiatif, tapi jelas harus hati-hati. Asal perhatian berakibat fatal, hati-hati biar dia seneng.

5. Jangan sampai kamu kurang peka, karena ini cukup bahaya saat dia ingin lebih dimengerti dengan kadar yang lebih besar

Jangan malah tinggalin dia… via unsplash.com

Apa yang sebenarnya dibutuhkan cewek saat sedang PMS? kalau dia nggak ngomel tapi ngambek dan bete, cowok harus peka, karena pasti ada yang salah. Banyak banget hal yang mungkin diminta cewek saat PMS, ada juga cewek yang nggak terang-terangan mengakui ketidakpuasannya. Kamu harus peka tentang apa saja hal yang dia inginkan.

6. Lupa memang manusiawi, tapi berusaha untuk mengingat sesuatu lebih baik daripada berkelit saat sudah lupa sesuatu seperti janji

Kamu berani lupa? via unsplash.com

Kamu lupa akan sesuatu yang sederhana nggak bisa dianggap wajar lagi terlebih cewekmu sedang dalam masa PMS. Kalau kamu sekalipun lupa, pastikan hatimu sudah siap menyambut kekecewaannya. Kalau dia sudah marah dan kamu tetap nggak ingat hal yang seharusnya kamu lakukan dan dia inginkan. Bersabarlah menghadapi badai itu.

7. Jangan sekali-kali memberi pendapat dengan entengnya, apalagi kalau itu berkaitan dengan penampilannya

Dia memang cantik, harusnya cowok tahu itu… via unsplash.com

Walau cewekmu tampak lesu dan pucat saat PMS, jangan mencelanya, jangan berikan komentar negatif. Terkait penampilannya, cowok nggak perlu susah-susah mengomentari atau memberikan saran. Kalau kamu biarkan hal ini terjadi dan tetap berkomentar, tabahkan hatimu menerima segala kemarahan bahkan tangisannya.

8. Cewek PMS memang sensitif dan karena sedang nggak mood jadi kamu jangan sekali-kali balik menyalahkan dia yang jadi sering mengomel. Sabar…

Jangan nyalahin balik… via unsplash.com

Kalau kamu cukup berani dan merasa benar untuk memarahinya, urungkan niatmu. Cewek yang sedang PMS punya banyak alasan kuat kenapa dia marah, dan upayamu untuk seolah membenarkan sikapmu itu percuma, cewek selalu benar. Cowok baiknya mengerti bahwa hari-hari saat cewekmu PMS, kamulah tokoh antagonisnya, terima saja dengan lapang dada.

Banyak hal yang mungkin akan membuat cewekmu semakin marah. Beberapa hal di atas bukan panduan praktis, kamu harus tahu tipikal cewekmu dengan baik. Umumnya mereka mempunyai sedikit masalah tentang mengumpulkan mood yang baik, kamu harus membantunya. Bersabar dan ikhlas saat dia marah, ngomel bahkan menghindarimu. Jangan sampai usahamu yang kamu kira sudah hebat itu menyakiti dirimu sendiri karena mendapat penolakan. Jangan sampai hubungan rusak gara-gara salah ambil sikap saat cewek sedang PMS.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya