Mungkin terjalinnya sebuah hubungan antara kamu dan dia bisa dimulai dari perasaan sayang dan cinta. Memang, ketika perasaan itu melanda, seolah tak ada yang tak mungkin kamu lakukan jika sudah bersama. Kekuatan cinta kalian rasanya mampu menaklukkan dunia. Namun sayang, hubunganmu tak akan kemana-mana jika hanya mengandalkan perasaan cinta.

Menjaga sebuah hubungan dan mengembangkannya ke arah yang lebih baik membutuhkan langkah yang lebih nyata. Kamu tak bisa hanya mengandalkan perasaanmu. Lebih dari itu, hal-hal seperti ini akan lebih penting dan bermakna untuk membuat hubunganmu bisa bertahan selamanya.

1. Kamu dan pasangan punya tujuan ke depan dan mampu menyamakannya, agar kalian punya pegangan yang sama untuk bertahan

Menyusun tujuan masa depan bersama via www.logancoleblog.com

Komitmen dan menyamakan tujuan ke depan antara kalian berdua adalah hal yang penting agar hubunganmu bisa bertahan selamanya. Ketika kamu dipisahkan oleh perbedaan atau sudut pandang yang bisa membahayakan hubunganmu, ingat kembali tujuan yang sudah kamu sepakati bersama pasanganmu. Saling memegang komitmen dan tujuan yang sama akan membuat dinding perbedaan antara kamu dan dia runtuh.

2. Mau bekerja sama dalam keadaan apapun, karena tak ada hubungan yang lepas dari ujian

Bisa bekerja sama via www.logancoleblog.com

Advertisement

Mau bekerja sama adalah hal yang bahkan jauh lebih penting dari perasaan cinta yang berlebihan. Berusaha untuk saling bisa bekerja sama adalah hal yang paling masuk akal dibandingkan dengan hanya mengedepankan perasaanmu. Setiap hubungan pasti akan diuji. Dan perkembangan hubunganmu akan tergantung hasil dari ujian tersebut. Jika kamu mampu bertahan, tentu hubunganmu akan lebih baik.

Banyak hal-hal di dunia ini yang mudah untuk kamu kerjakan sendiri tapi sulit ketika kamu sudah berdua dengan pasangan. Banyak rintangan yang harus kamu hadapi. Ibarat kaki, ketika berjalan, menggunakan dua kaki yang saling bekerja sama tentu akan memudahkan untuk sampai tujuan, bukan? Tetapi jika hanya satu kaki yang bergerak, tentu kamu akan terseok-seok. Seperti itu jugalah bagaimana hubunganmu berjalan. Dibutuhkan kerja sama antara kamu dan dia agar bisa terus ke depan.

3. Tahu kapan harus mengalah dan kapan harus tegas biar hubunganmu terus berkembang

Tahu kapan tegas dan mengalah via dylandsara.com

Perdebatan mungkin juga hal yang tak bisa dihindarkan dalam hubungan. Dua orang yang berbeda tentu memiliki sudut pandang yang tak sama dalam menyikapi sebuah permasalahan. Dan ketika hal itu tak dapat kamu hindarkan, kamu hanya perlu tahu kapan kamu sebaiknya mengalah, dan kapan kamu harus tegas. Karena jika tak seimbang seperti itu, tak akan ada jalan keluar dari permasalahan yang sedang kalian hadapi. Kamu tak bisa mengedepankan egomu semata jika tak ingin hubunganmu hanya jalan di tempat.

4. Menghargai semua usaha pasanganmu demi kebaikan bersama, sekecil apapun itu

Menghargai usaha pasanganmu via dylandsara.com

Penghargaan terhadap pasanganm menunjukkan bahwa kamu perhatian dengan apa yang dia lakukan. Kamu mengamati geraknya, meskipun mungkin kamu pura-pura tak peduli. Sekecil apapun usahanya, kamu harus menghargai itu dan memujinya.

Bukankah dia berusaha untuk kebaikan kalian berdua? Dengan memuji dan menghargai apa yang dia lakukan itu, akan membuatnya bahagia dan tahu bahwa kamu memperhatikannya.

5. Menaruh rasa percaya terhadap pasanganmu akan membuatmu merasa nyaman dan aman

Saling percaya itu penting via www.logancoleblog.com

Ketika tak ada kepercayaan pada pasangan, maka yakinlah bahwa hubunganmu tak akan kemana-mana. Kamu tentu tahu bahwa kalian tak bisa bersama setiap waktu. Dan ketika dia tak berada di sisimu apa yang kamu rasakan? Jika kamu merasa tidak aman maka artinya kamu tak mempercayai pasanganmu.

Padahal jika kalian benar-benar ingin membuat hubungan itu langgeng tentu kalian akan memegang kepercayaan masing-masing pasangan. Meskipun kamu tak bisa melihatnya secara langsung, tapi kepercayaanmu itulah yang memberikan rasa aman dan nyaman bahwa hubungan kalian akan baik-baik saja.

6. Mengerti bahwa ada waktu dimana kamu atau pasangan butuh ruang untuk sendiri

Ada waktu untuk menyendiri via dylandsara.com

Saling pengertian satu sama lain juga dibutuhkan untuk membuat hubunganmu dan dia bisa bertahan selamanya. Meskipun sekarang statusmu atau dia sudah berdua, bukan berarti segalanya harus dilakukan berdua. Kamu harus paham bahwa ada masa dimana kamu atau pasangan butuh ruang untuk sendiri. Bukan berarti ditinggalkan ya, tapi memang terkadang waktu untuk menyendiri bisa membuat kamu atau pasangan bisa berpikir jernih kembali.

7. Saling paham posisi masing-masing dan privasi yang harus dihargai

Pandai menempatkan diri via dylandsara.com

Dalam sebuah jalinan hubungan kamu atau pasangan juga harus mengerti posisi masing-masing. Kamu atau dia harus bisa menempatkan diri. Bersikap dan berkata sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya, kamu bisa bermanja-manja pada pasanganmu jika kalian sedang punya waktu berdua. Nggak cuma itu, meski kamu dan dia kini sudah berdua, bukan berarti kamu bisa seenaknya ikut campur dalam semua aspek kehidupannya.

Kamu harus tahu batas karena setiap orang punya privasi. Hal-hal seremeh memeriksa isi handphone pacarmu misalnya. Itu udah termasuk ke dalam ranah privasinya yang sebaiknya tak perlu kamu lakukan. Lagian buat apa kamu memeriksa isi handphone-nya jika kamu benar-benar percaya pada pasanganmu?

Jadi, jika ingin hubunganmu dan pasangan bisa bertahan selamanya, kamu nggak bisa menjadikan perasaan cintamu sebagai pedoman walaupun cintamu itu melimpah ruah. Hubungan yang mampu bertahan nggak cuma mengedapankan perasaan tapi juga logika. Hal-hal inilah yang sebenarnya jauh lebih penting untuk menjaga hubunganmu. Karena cinta saja tidak cukup.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!