Tidak memiliki pasangan romantis memang bukan akhir dunia. Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari sepi. Namun disadari atau tidak, tetap ada hal yang akan kita rindukan dari hangatnya sebuah hubungan.

Terkadang yang kerap membuat kangen malah bukan hal-hal besar seperti janji dan komitmen dengan pasangan, namun justru kebiasaan yang remeh. Artikel ini akan membuatmu tersenyum simpul, saat menyadari bahwa jauh di balik ketegaranmu menghadapi kesendirian — masih ada sisi hangat yang merindukan pendampingan. Penasaran kan, apa aja yang akan kamu rindukan dari hubungan asmara?

1. Seseorang yang Bisa Kamu Hubungi Setiap Saat

Bisa menghubunginya kapanpun via wirednixon.com

Saat kamu mendapat promosi kerja, atau dapat nilai memuaskan di sebuah mata kuliah tidakkah kamu ingin berbagi dengan seseorang? Atau ketika kamu sedang menunggu sambil menahan bosan di klinik kecantikan, pasti enak kan kalau ada yang bisa kamu ajak chat gak penting?

Pasangan adalah dia yang akan dengan ikhlas menerima ajakan untuk berbincang remeh. Dia tidak akan keberatan menanggapi luapan kebahagianmu yang terkesan alay, dia juga akan dengan senang hati mengangkat telepon di tengah malam jika kamu butuh teman bicara. Saat kamu sedang sendirian, kabar bahagia dan kesedihan tetap bisa dibagi dengan kawan dan sahabat. Namun kesibukan dan prioritas yang berbeda akan membuat mereka tidak selalu ada.

2. Pesan Sederhana, “Lagi Apa?” atau “Halo. Bagaimana Harimu?”

Advertisement

Ucapan sederhana via 31.media.tumblr.com

Hal yang kerap menghangatkan perasaan adalah saat kamu tahu bahwa ada yang peduli pada hidupmu. Dia yang menyempatkan waktu di tengah kesibukan untuk sekadar bertanya bagaimana harimu berjalan. Walau kadang terasa membosankan setelah sekian lama hubungan berjalan, tapi punya seseorang yang ingin tahu apakah kamu baik-baik saja memang menenangkan.

3. Selalu Punya Teman Untuk Makan

Teman makan setiap saat via i.huffpost.com

Saat punya pacar, kamu nggak akan kesulitan mencari teman untuk diajak makan. Sebab ada hukum tidak tertulis dalam hubungan romantis, bahwa salah satu kegiatan wajib bersama adalah : makan. Walau si dia udah makan duluan pun, dia gak akan keberatan duduk menemanimu. Saat sedang tidak ada pasangan, kamu akan lebih sering makan sendiri atau berharap ada teman yang sedang sama keroncongannya.

4. Seseorang yang bisa kamu temui setelah hari yang panjang

Dinanti setelah hari yang panjang via alkupra.files.wordpress.com

Apa yang lebih menyenangkan dari punya hal yang dinanti setelah menjalani hari yang panjang? Selepas kerja, kamu bisa janjian bertemu dengan pasangan. Sekadar makan atau mencari kudapan bersama. Atau bahkan cuma berbincang tanpa melakukan apa-apa. Walau langsung pulang dan istirahat juga bisa menghela lelah, tapi kehadiran seseorang yang kamu sayang akan memberikan warna berbeda di harimu.

5. Berdesir Setiap Mendengar Namanya

Deg-degan setiap namanya tersebut via moviefreak.yess-online.com

Hubungan romantis sepaket dengan rasa geli irasional. Seakan ada kumpulan kupu-kupu berebut terbang di perutmu setiap mendengar nama seseorang. Dia, yang membuat dadamu hangat setiap kamu membayangkan kebersamaan kalian. Dia, yang membuatmu meremang tanpa alasan ketika namanya disebutkan. Dia, yang tanpa banyak alasan membuatmu merasa genap.

6. Punya Partner Nonton Siaga

Selalu punya teman nonton via 1.bp.blogspot.com

Selain makan bersama, nonton bareng juga jadi kegiatan wajib yang sering dilakukan pasangan kekasih. Waktu lagi jomblo sering banget nggak sih ketinggalan film terbaru, alasannya sih males nonton karena nggak ada temannya. Hal ini tidak akan terjadi saat kamu punya pasangan. Ketika kalian sedang bersama dan bingung mau ngapain, nonton akan selalu jadi pilihan. Boro-boro akan ketinggalan film, kadang sampai bingung harus pilih film apalagi karena semua studio sudah disambangi.

7. Punya Teman Kemana-Mana

Punya teman untuk melakukan apapun via fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net

Dengan adanya pasangan, kamu bukan lagi single fighter yang mesti berjuang sendirian jika ingin pergi. Dia akan dengan senang hati meluangkan waktu untuk menemanimu. Mulai dari mengantar ke kampus, nemenin nonton, nemenin makan, belanja, mengikuti keinginanmu untuk piknik berdua, sampai mendampingimu wawancara kerja. Dia tidak akan membiarkanmu kesepian.

8. Sentuhan Sayang Di Lengan, Bahu, dan Dorongan Pelan di Pinggang

Sentuhan sayang sederhana via attachments.gfan.com

Kesendirian kadang membuat kita lupa pada hangatnya perasaan ketika orang yang kita sayang menyentuh kita. Bukan sentuhan yang aneh-aneh ya, tapi lebih ke refleks pasangan ke orang yang mendampinginya.

Inget nggak gimana dia akan dengan otomatis melingkarkan tangannya di bahumu saat kalian berjalan bersisian? Atau kalau kalian sedang berjalan depan-belakang, dia akan mendorong pelan pinggangmu agar kamu bergerak lebih cepat. Juga usapan malas-malasan di lenganmu yang kerap dia ejek penuh lemak itu. Disadari atau tidak, hal-hal kecil macam ini yang justru sering dirindukan.

9. Pelukan

Pelukan hangat via lh4.googleusercontent.com

Walau kamu tetap bisa memeluk keluarga dan sahabat-sahabatmu, namun rasanya akan berbeda dengan pelukan yang biasa kamu dapatkan dari pasangan. Rasanya kamu bisa menyublim dalam dekapannya. Ketika kamu meletakkan kepala di lekukan bahunya, ada perasaan nyaman yang tidak akan bisa terbeli oleh apapun. Seakan dadanya jadi ruang pelepasan yang memberimu energi untuk menghadapi berbagai masalah di luar sana.

10. Protes, “Ini lagu apa sih?” tapi kemudian memutar lagu itu berulang-ulang saat dia nggak ada

Teracuni selera musiknya via cdn1.tnwcdn.com

Punya pasangan berarti punya seseorang yang merecokimu dengan selera musiknya. Terkadang kamu akan kesal saat dia seenaknya mengganti lagu di mobil dengan band yang bahkan kamu nggak pernah dengar namanya. Tapi karena dia juga selera musikmu jadi lebih luas.

Sekarang kamu nggak punya lagi asupan musik-musik aneh yang kerap membuat dahi mengernyit. Tapi seiring waktu berjalan, kamu akan teracuni dengan lagu itu. Kamu akan mengunduh dan memutarnya, berusaha sebisa mungkin agar dia nggak tahu. Kamu tidak mau dia besar kepala, merasa kalau selera musiknya bagus. Hingga detik ini pun saat kamu mendengar lagu itu, kamu masih akan mengingat dia.

11. Ngambek-Ngambek Gak Jelas

Berantem gak jelas via i1.ytimg.com

Hal yang sering terjadi dalam hubungan adalah pertengkaran konyol yang sebenarnya tidak begitu signifikan untuk dilalui. Kamu dan dia bisa bertengkar cuma karena salah satu lupa balas SMS. Perang dunia ketiga juga bisa terjadi karena salah satu dari kalian cemburu. Tapi semuanya berujung pada fakta bahwa kalian hanya terlalu saling peduli pada satu sama lain.

Momen-momen saat kamu menahan gengsi untuk tidak menghubunginya duluan, agar dia tahu bahwa kamu benar-benar kesal. Atau ketika kamu berusaha melakukan tindakan manis agar dia memaafkan kesalahanmu. Semua kemarahan kecil yang berujung perdamaian manis itu akan sulit terlupakan.

12. Panggilan Sayang yang Konyol

Panggilan sayang konyol via 25.media.tumblr.com

You name it: Bebeb, Be, Baby, Honey, Hunhun, Dear, Sayang (pakai G), Sayank (pakai K), Sayanx (pakai X), Cinta, Love, Mami, Papi, Umi, Abi. Semua hanya bisa kamu lontarkan saat sedang punya pacar. Kalau lagi jomblo manggil orang lain dengan beginian ya bakal dianggap jablay.

13. Pertanyaan, “Udah Pulang Belum?” Di Waktu yang Sama Tiap Harinya

Dia selalu mengecek keberadaanmu via mannup.vn

Pasangan adalah dia yang mencemaskan keselamatanmu. Dia akan was-was saat kamu pulang terlalu malam, membekalimu dengan wejangan agar hati-hati di jalan. Walau kadang terlihat berlebihan, tapi kamu akan merindukan perhatian itu. Ada seseorang yang mencemaskan keselamatanmu, lebih dari dirimu sendiri.

14. Kepanikan Berlebihan Saat Kamu Sakit

Diperhatikan saat sakit via bloggfiler.no

Dia akan menghujanimu dengan ucapan, “Semoga cepat sembuh” – “Jangan kecapekan” – “Minum obatnya ya, jangan lupa” – “Aku sedih kalau kamu sakit”. Padahal kamu cuma sakit flu biasa dan hanya demam ringan saja.

15. Bisa Manja Saat Bersama

Nyaman bersama via i677.photobucket.com

Bersama pasangan kamu selalu bisa jadi diri sendiri. Kamu udah nggak perlu lagi jaga image, karena dia sudah mengenalmu. Kalian bisa berbicara apa saja, berdiskusi soal berbagai hal. Mulai dari yang penting sampai nggak penting. Di depannya, kamu bebas jadi apa yang kamu inginkan. Bahkan kalau kamu sedang ingin manja sekalipun, dia akan dengan senang hati menanggapinya. Asal sedang bersama, kalian akan merasa tergenapkan dan nyaman.