Hari kedua Idulfitri, guys! Kalau hari kemarin khusus untuk keluarga masing-masing, apa ada dari kalian yang berencana bawa pacar hari ini?

Mungkin udah dari jauh-jauh hari ibumu kasih pesan: “Pas Lebaran besok, ajak pacarmu ke rumah kita ya. Biar ngumpul sama keluarga besar.” Sebenarnya kamu gembira banget mendengar undangan tersebut, karena artinya orang tua kamu merestui hubungan kalian. Tapi berhubung ini Lebaran, pasti keluargamu dari seluruh penjuru Indonesia lagi ngumpul. Kalau membawa pacar ke rumah membutuhkan persiapan matang, pengertian, dan kesabaran, persiapan kalian mesti 10 kali lebih matang jika konteksnya adalah kumpul-kumpul dengan keluarga besar. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Kapan nikah?” “Undangannya bisa diterima kapan, nih?” kemungkinan besar bakal kalian dengar.

Jangan khawatir. Kalau hari ini atau dalam sisa libur Lebaran ini kamu berniat membawa pacarmu ke rumah, di bawah ini Hipwee udah siapin beberapa tips agar niatmu itu bisa berjalan lancar.

1. Kamu dan Dia Harus Siap

Kalian harus siap via www.butiquniq.com

Kalau pacar kamu udah pernah ke rumah dan ketemu orang tuamu sebelumnya, mungkin dia udah cukup tahu bagaimana dia harus bersikap. Kalau belum, beri dia pengertian bahwa ini cuma silaturahmi biasa, maaf-maafan, makan dengan sopan, chit-chat lalu pamit pulang. Sederhana.

Advertisement

Tanamkan di benak kalian bahwa datang untuk merayakan Lebaran sama sekali nggak sama dengan menentukan tanggal pernikahan. Jadi, saat pertanyaan “Kapan nikah?” mulai dilontarkan, jawab dengan sopan bahwa kalian belum berencana naik ke pelaminan dalam waktu dekat. “Belum, Tante. Kami masih mau berkarir dulu/sekolah lagi.” Jangan lupa minta doa dari saudara yang bertanya, ya.

Tapi kalau kalian emang udah siap menikah, umumkan aja sekalian ke seluruh anggota keluarga besar. Mumpung lagi ngumpul.

2. Beri Peringatan Awal

Sudah dapat gambarannya gimana via yukbisnis.com

Tanpa bermaksud menakut-nakuti, nggak ada salahnya kalau kamu kasih tahu siapa aja dari keluargamu yang bakalan dia temui, dan gimana sifat atau latar belakang masing-masing saudaramu. “Tante Tina itu agak judes, agak sabaran aja kalau ngomong sama dia…” atau “Kalau mau ngobrol asik sama Om Bob aja, dia juga suka sepak bola kayak kamu…”

Dengan begitu pacar kamu setidaknya memiliki gambaran gimana riuhnya rumah kamu nanti. Dia juga bisa tahu apa aja yang bisa dibicarakan dengan siapa-siapa yang nanti akan dia temui.

3. Anjurkan Dia Membawa Bingkisan

Yang penting silaturahminya via newloyang.blogspot.com

Ajak pacar kamu membeli bingkisan yang bakal dia bawa saat berkunjung ke rumah kamu. Bingkisan gak harus berbentuk parcel — bisa juga berupa buah-buahan, kue kering, atau kue basah. Jika kue-nya bikinan pacarmu sendiri, kamu beruntung. Bukan cuma ayah-ibumu yang senang tapi anggota keluarga lain pasti bakal kagum dengan gestur baik pacar kamu.

4. Dress Code Tahun Ini Apa?

Ini lho tema tahun ini via www.griyadannis.com

Biasanya ibu-ibu selalu punya ide pakaian model dan warna apa yang akan keluarganya kenakan untuk menyambut tamu saat libur Lebaran. Jika keluargamu punya dress code untuk lebaran tahun ini, bocorkan informasi itu ke pacar kamu. Jadi pacar kamu bisa mencari pakaian yang senada dengan tema keluargamu. Alhasil, pacar kamu gak akan saltum, dan justru dipuji karena pakaiannya “kebetulan” senada.

5. Biarkan Dia Ikutan Sibuk

Jadi fotografer keluarga via yellow-up-yourlife.blogspot.com

Ketika dia sedang di rumah libatkan dia dalam kegiatan keluargamu. Karena stok daging yang sedang melimpah di rumah, beberapa keluarga suka membakar sate saat lebaran. Kalau keluarga kamu bikin acara bakar-bakaran beginian, biarkan dia turun tangan. Ini salah satu cara berbaur lewat jalan ikutan sibuk. Ketika keluarga besar kamu foto-foto, pacar kamu boleh kok ikutan. Kamu bisa juga minta tolong sama dia untuk memotret kamu dan keluargamu saja. Tangan ekstra selalu dihargai di keluarga mana pun.

6. Janjian Bawa Pacar Dengan Saudara

Pacar kita kok gak ada yang datang ya, bro? via life.viva.co.id

Mungkin masalahnya ada pada kamu. Kamu gak nyaman dengan ide ‘Bawa Pacar ke Tengah Kelurga Besar’: entah karena kamu yang canggung, atau dia yang nggak pede dan malu. Kalau itu masalahnya, janjian sama saudara atau sepupu yang sebaya untuk sama-sama bawa pacar. Kalian juga bisa datang barengan. Dengan begitu, kamu bisa menangkal rasa canggung lagi saat bawa pacar kamu ke rumah.

7. Kenalin Dia Ke Seluruh Anggota Keluarga

Ikut sungkeman via adneehjahmad.blogspot.com

Jangan diperkenalkan secara jamak layaknya anak SD yang baru masuk sekolah. Bawa dia ke hadapan anggota keluarga yang kamu tua-kan, perkenalkan namanya dan sedikit soal latar belakang jika diperlukan. Singkat, aja gak perlu banyak basa-basi karena masih banyak tetua yang harus kalian salamin.

8. Bikin Dia Nyaman

Akrab dengan keluarga kamu via tokudin3372.blogspot.com

Yang pasti dia akan sungkan ada di lingkungan baru, jadi udah tugas kamu untuk selalu berada di sampingnya. Ambilkan dia makan dan minum, jangan biarkan dia berdiri sendirian. Pacarmu akan lebih nyaman untuk ngobrol dengan orang yang sebaya sama dia, mungkin saudara atau sepupu kamu. Kalau kamu punya ponakan yang masih kecil-kecil, kenalin dia ke mereka. Dekat dengan anak-anak bikin dia kelihatan sebagai orang yang lembut dan ramah.

9. Pamitan. Kini Giliran Kamu Yang Ke Rumahnya!

Giliran kamu yang berkunjung ke keluarga besar dia via anangsk.wordpress.com

Kalau segalanya berjalan lancar, pacarmu perlahan akan menikmati berada di tengah keluargamu. Tapi ketika keriuhan suasana mulai reda, perut udah kenyang, dan pacarmu mulai terlihat lelah, segera bangkit dari tempat dudukmu. Ajak dia pamitan dengan seluruh anggota keluarga. Lakukan ini sebelum pacarmu benar-benar kecapekan dan wajah bengong bin bosannya muncul. Lagi pula, ‘kan giliran kamu yang berkunjung ke rumahnya?

Tenangkan dirimu, semua akan berjalan lancar. Agar kalian lebih siap lagi, bisa baca juga artikel ini. Best of luck!