A : “Eh, kamu udah berapa lama sama cowokmu?”

B : “Hmm..berapa ya..7 tahun kayaknya.”

A : “Wah, lama banget, rahasianya apa sih?”

Apakah kamu pernah terlibat dalam perbincangan di atas? Ya, terkadang rasa penasaran terhadap hubungan yang sedang dijalin oleh orang lain memang sering berkecamuk di dalam pikiran. Ragam pertanyaan mulai dari “Apa sih rahasianya?” hingga “Apa gak bosan sama pacarnya?” sering menuntut jawaban.

Daripada kamu kepo gak jelas seperti itu, lebih baik jika kamu melakoni 6 hal ini saja. Dijamin hubungan yang sedang terjalin bersama pasangan bisa bertahan lama.

Tempatkan komunikasi di urutan pertama, ini cara sederhana supaya jalinan asmara kalian bisa bertahan di tengah kesibukan yang ada.

komunikasi di urutan pertama via favim.com

Komunikasi merupakan kunci utama kenapa sebuah hubungan bisa bertahan lama. Seringnya pertengkaran yang terjadi di antara pasangan hanya dipicu hal sepele. Kesalahan komunikasilah yang sering menjadi penyebab utamanya. Untuk menyikapinya, usahakan kalian selalu intens berkomunikasi setiap hari meski sedang melakoni kesibukan sendiri-sendiri.

Advertisement

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan kamu tak sempat menghubungi pasangan. Toh, di jaman serba canggih ini kamu bisa menghubunginya melalui apa saja.

Saling percaya pada pasangan adalah kunci utama. Kebiasaan ini akan membuatmu dan dia bisa bertahan merangkai cerita bersama.

saling percaya via instagram.com

Selain komunikasi, saling percaya pada pasangan adalah sikap yang perlu dipelihara jika kamu ingin hubungan yang sedang terjalin sekarang bisa awet hingga ke depan. Yakini saja bahwa kamu dan pasangan memang saling mencintai. Jangan biarkan pikiran buruk menyelinap dan membuatmu berpikiran yang tidak-tidak terhadap pasangan.

Karena apabila dibiarkan, hal ini bisa menjadi bom waktu dan membuat hubungan kalian tak sehat. Kamu terus menerus merasa insecure dan pasangan merasa tak nyaman dan sakit hati karena tak dipercaya. Tak heran jika nantinya hubungan kalian rapuh dan mudah koyak.

Tak perlu membandingkan pencapaian pasangan lain dengan hubungan yang sedang kamu jalin. Ini hanya akan menjadi penyebab karamnya hubungan berdua.

tak perlu membandingkan dengan hubungan orang lain via huffingtonpost.com

Sering merasa iri dan membandingkan kehidupan asmara pasangan lain dengan kehidupan asmaramu bisa menjadi duri di dalam hubungan. Kebiasaan ini justru akan menimbulkan banyak keburukan daripada kebaikan. Kamu akan selalu merasa kurang dan tak pernah terpuaskan karena menjadikan hubungan pasangan lain yang menurutmu sempurna sebagai acuan utama.

Memang terkadang kamu merasa hubungan orang lain terasa lebih istimewa, padahal tanpa kamu ketahui mereka juga memiliki kekurangan lain yang justru tak dimiliki olehmu dan pasangan. Mulai sekarang tak perlu menjadikan hubungan orang lain sebagai patokan utama jika kamu ingin sukses menjalani hubungan asmaramu sendiri.

Usia pacaran yang sudah berjalan lama justru bisa jadi tantangan. Tetaplah saling berusaha untuk menjaga kehangatan.

saling menjaga hubunganmu dan dia via instagram.com

Banyak pasangan yang merasa jika hubungan asmaranya sudah berjalan cukup lama, mereka juga sudah memasuki zona nyaman. Padahal hal itu justru bisa menjadi bumerang tersendiri. Kamu dan pasangan yang sudah terlanjur merasa nyaman dengan hubungan yang ada lantas malas melakukan sedikit perubahan untuk me-refresh kebiasaan yang sering dilakukan. Hasilnya, kamu dan dia pun mudah merasa bosan.

Rasa bosan inilah yang bisa memicu keretakan di dalam hubungan. Memang hubungan kalian sudah memasuki level kedewasaan yang selanjutnya, namun tetap memberi kejutan kecil atau menghujani pasangan dengan pujian juga tak salah kok untuk dilakukan. Tetap ingatkan pasangan bahwa kamu mencintai dan menyayanginya. Hal inilah yang bisa menumpas rasa jenuh di dalam hubungan kalian.

Stop ungkit masa lalu pasangan, setiap orang memiliki cerita lalu yang sudah usang. Yang perlu kamu lakukan hanya fokus pada hubungan kalian yang sekarang.

tak perlu ungkit masa lalu pasangan via Favim.com

Terkadang tanpa disadari kamu sering mengungkit kembali cerita pasangan dengan mantannya. Memang hal ini seringnya kamu sampaikan melalui candaan ringan. Namun, dapat dipastikan kamu justru akan kecewa jika jawaban pasangan tak sesuai yang kamu harapkan. Hal inilah yang akan menimbulkan rasa insecure dan dilanjutkan dengan pertengkaran yang sebenarnya tak penting.

Mulai sekarang hentikan kebiasaan macam itu. Tak perlu lagi bertanya atau merasa ingin tahu terhadap apa yang sudah dilalui pasangan bersama dengan mantan kekasihnya. Ingatkan dirimu sendiri bahwa saat ini kamu yang ada di masa sekarang dan masa depan pasangan. Jangan biarkan masalah sepele dan cerita yang telah usang menjadi pemicu keretakan hubungan kalian.

Mengingat kembali dan selalu bersyukur terhadap apa yang sudah kalian berdua capai hingga kini adalah cara paling mudah untuk menjaga hubungan yang sedang dijalani.

selalu bersyukur via axioo.com

Selalu bersyukur terhadap hubungan yang saat ini sedang dijalani merupakan kunci supaya kamu bisa selalu merasa berkecukupan dan tak pernah kekurangan. Bersyukurlah karena kamu dan pasangan sudah bisa bertahan sampai sekarang. Ucapkan terimakasih juga terhadap rangkaian kenangan yang pernah kalian buat bersama. Hal ini merupakan cara ampuh supaya kamu tak perlu merasa iri ataupun mengingini kisah cinta seperti milik orang lain. Dengan selalu merasa bersyukur bisa dipastikan kamu dan pasangan bisa tetap bertahan di dalam hubungan.

Jadi, sudahkah kamu menerapkan 6 cara di atas? Jika kamu memiliki kiat lainnya, tambahkan di kolom komentar ya!