Hubungan yang sudah terlalu lama terjalin, bahkan hingga tahunan kadang disayangkan jika harus berakhir di tengah jalan. Namun pemikiran seperti ini tak selamanya benar, seringnya malah menyesatkan. Karena hubungan yang berkualitas sama sekali tidak dilihat dari berapa lama sudah terjalin. Namun dari seberapa banyak upaya yang telah dilakukan bersama untuk merancang masa depan.

Meski sebuah hubungan sudah terjalin lama dan ujung-ujungnya harus berakhir juga, kamu cuma perlu menangis seperlunya saja. Keluarkan semua rasa yang menyakitkan di hati dengan segala cara yang positif, entah kamu menangis seharian atau menyendiri untuk beberapa saat. Tapi setelahnya, kamu tak boleh berlarut dalam kesedihan. Masih banyak episode kehidupan yang harus kamu lanjutkan, dengan atau tanpanya..

Perpisahanmu dan dia memang buat memar di hati. Tapi setelahnya kamu akan paham untuk menjalani hidup lebih baik lagi

perpisahan ini memang buat memar di hati via classycouples.tumblr.com

Tak ada yang mengatakan bahwa perpisahan mudah dijalani. Beragam kisah antara kamu dan dia yang telah terajut sekian lama tentunya meninggalkan kenangan yang sulit terganti. Wajar jika akhirnya membuat memar di hati. Mengikhlaskan perpisahan tentunya tak semudah memahami teorinya, praktek untuk ikhlas setelah berpisah memang ngga pernah mudah. Bahkan semakin kuat kamu berusaha melupakan kenangan, maka kenangan itu akan semakin kuat menempel di pikiran.

Proses jatuh bangun ini memang mau tak mau harus kamu lalui. Tanpa perlu ngotot, jalani saja apa yang memang harus kamu jalani. Kadang luka akan sembuh sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Nantinya di saat luka di hati sudah mengering, akan ada masanya kamu paham bahwa untuk menjadi dewasa kamu harus tahu apa itu rasa sakit. Tanpa rasa sakit kamu tidak akan berupaya untuk lebih baik lagi. Anggap saja rasa sakit yang kamu dapatkan ini sebagai cambuk, agar kamu lebih menghargai hidupmu lebih baik lagi.

Dari perpisahan kamu juga akan belajar, bahwa ada hal yang memang harus diikhlaskan

Advertisement

ada hal yang memang harus diikhlaskan via favim.com

Saat bersama dia, ada masanya kamu merasa telah memiliki segalanya. Kamu jadi lupa bahwa apa yang kamu miliki belum tentu bisa kamu miliki selamanya. Sehingga ketika apa yang kamu kira selama ini adalah milikmu pergi, ada penolakan disana.

Tapi perpisahan pada akhirnya bisa membuatmu mengerti. Bahwa memang ada hal-hal yang tidak bisa kamu miliki selamanya. Ada hal yang memang lebih baik jika kamu ikhlaskan. Sama halnya dengan hubunganmu yang memang baiknya harus berpisah. Tuhan lebih tahu, jika diteruskan mungkin kamu akan merasakan sakit yang lebih dalam lagi.

Hidup tak bisa dijalani dalam kondisi statis, harus ada yang berubah. Terkadang perpisahan menjadi cara agar hidup lebih berkembang

hidup berubah perlahan

Perubahan memang kadang sulit untuk diterima. Karena perubahan mengubah kebiasaan yang sudah lama dijalani. Kesulitan yang kamu hadapi bukan karena semata-mata kondisi yang berubah, melainkan kamu harus bisa mengubur kenangan bersama dia dulu. Berupaya untuk tidak mengingatnya kembali. Atau menerima kondisi bahwa dia tak mungkin lagi menemani hari-hari.

Tapi bukankah hidupmu memang harus terus berjalan. Hidup juga seharusnya tak bisa dalam kondisi statis. Harus ada yang berubah perlahan. Anggap saja perpisahan antara kamu dan dia adalah bagian dari perubahan. Perubahan juga jadi cara agar hidupmu bisa berkembang lebih baik lagi. Karena adanya perpisahan jadi pelajaran buatmu bahwa kemungkinan kegagalan selalu ada dalam setiap hubungan. Dari sini, seharusnya kamu mengerti hal-hal apa yang harus kamu perbaiki. Agar kelak tak ada kegagalan dan perpisahan lagi~

Perpisahan bisa membuat kesempatanmu bertemu orang baru terbuka lebar. Kamu berhak punya kisah baru yang lebih indah

bertemu orang baru via www.dirtyandthirty.com

Mulai sekarang kamu harus bisa melihat sisi baik dari sebuah perpisahan. Perpisahan bisa membawamu ke dunia dan lingkungan baru, maka kesempatanmu untuk bertemu orang baru juga terbuka lebar. Kamu memang tak perlu untuk memaksa melupakan kenangan yang kemarin, tapi kamu perlu imbangi untuk menggoreskan kisah baru di babak kehidupanmu yang baru.

Karena setelah perpisahan, kamu berhak memiliki kisah baru yang lebih indah

Toh tak ada rumus pasti dalam hal jodoh. Berpisah sekarang bukan berarti tak bisa bahagia di waktu yang akan datang

ada bahagia di ujung jalan via classycouples.tumblr.com

Kalau berbicara soal jodoh, tak ada satupun ilmu yang bisa menakarnya. Tak ada satupun yang tahu kapan akan bertemu seseorang yang memang benar-benar berjodoh atau sekedar numpang lewat saja. Kesedihan yang kamu dapatkan sekarang, bukan berarti akan bertahan selamanya. Kamu akan bahagia pada waktunya. Tuhan lebih paham kapan mempertemukanmu dengan orang yang tepat.

Perpisahan kali ini jadikan saja pengalaman, agar kamu tak salah langkah nantinya. Berpisah sekarang bukan berarti tak bisa bahagia di waktu yang akan datang.

Jodoh tak cuma soal pencarian. Tapi juga tentang bagaimana kamu merancang masa depan