Dari artikel “Versi Pembaca: Cowok Ganteng dan Lakik Banget Itu Seperti Ini!“, kita tahu bahwa selain wajah tampan, cewek mengidamkan cowok yang berpenampilan rapi, berkepribadian baik, sayang keluarga, dan berani ngajak nikah. Tapi banyak juga yang mau cowok humoris. Seperti yang dibilang Icha (24) dari Bandung, “…tahu caranya bercanda yang bisa bikin cewek gemes…

Semua cowok bisa bercanda. Tapi, nggak semuanya bisa melontarkan lelucon seperti yang diharapkan Icha atau cewek-cewek lainnya. Terus gimana caranya biar leluconmu bisa diterima dengan baik sama dia? Biar aman, gunakan panduan berikut. Jangan sampai akhirnya dia cuma pura-pura ketawa dan dalam hati ilfil sama kamu.

1. Jangan buat dirimu tampak bodoh dengan memperagakan humor slapstick

Gak, mas. Gak lucu. via www.nydailynews.com

Slapstick adalah gaya humor yang mengandalkan kecerobohan yang disengaja. Misalnya, pura-pura jatuh, menabrak, merusak benda-benda, bahkan menyakiti diri atau orang lain dengan niat menghibur. Memang sih, jurus humor seperti ini berhasil di film-film dan program TV. Tapi dalam dunia nyata, slapstick gak lebih dari usaha untuk membuat diri kamu tampak bodoh di depan cewek. Boro-boro ketawa, orang mungkin akan mengira kamu ceroboh beneran.

Daripada memperlihatkan sisi bodohmu, sebaiknya tunjukkan padanya kalau kamu bisa bercanda pakai otak. Soal nyamuk dan pacaran, misalnya:

Advertisement

“Tahu bedanya orang pacaran, orang LDR-an, dan jomblo? Orang pacaran nepokin nyamuk di tangan pacarnya, orang LDR nepokin nyamuk di tangan masing-masing, sementara jomblo main tepok-tepokan sama nyamuk.”

2. Jangan lupa ketawa kalau dia berusaha bikin joke. Walaupun mungkin…itu gak lucu.

Ketawain aja via joshuavonderhaar.com

Mungkin kamu jagoannya bikin semua orang ketawa, gak terkecuali gebetan atau pacar kamu. Tapi itu bukan berarti kamu satu-satunya orang yang berhak menceritakan joke. Simpan joke-mu buat nanti ketika suasana mulai canggung, jangan dihabiskan sekarang. Sekarang, beri dia kesempatan untuk membuatmu ketawa juga. Dia ‘kan juga suka kalau bisa menghibur kamu.

Pastikan kamu selalu tertawa setiap dia berusaha melucu. Dengan begitu, dia akan merasa nyaman berada di dekatmu. Dia akan berpikir kalian punya selera humor yang sama. Sekali lagi pastikan kamu merespon joke-nya dengan tawa, walaupun leluconnya gak lucu (atau kamunya aja yang gak ngerti).

Cewek : “How do astronomers organize a party?”

Cowok : “Gimana?”

Cewek : “They planet.

Cowok : “HAHAHA!” (dalam hati: Apaan sih?)

3. Gali pengalaman pribadimu yang memalukan untuk kalian tertawakan bersama

Berbagi cerita lama via www.glamour.com

Cewek adalah mahluk yang sangat suka berbagi cerita. Sayangnya, kadang dia malu mulai terbuka padamu. Jadi kenapa gak kamu aja yang duluan buka-bukaan pengalaman pribadi dengannya? Pastinya baluti ceritamu dengan humor, supaya kalian bisa sama-sama tertawa.

Gak hanya bikin kalian jadi tambah dekat, berbagi cerita yang bersifat pribadi membuat dia merasa dipercaya dan dia lebih nyaman untuk terbuka padamu. Asalkan kamu gak berbagi cerita yang jorok dan menjijikkan aja sih.

“Jadi dulu aku pernah baca sesuatu yang bikin aku kangen ibuku. Karena jarang menghubungi beliau duluan, aku jadi punya ide buat menanyakan kabarnya via SMS pagi-pagi. Begitu aku bangun, langsung lah kukirim pesan singkat: “Pagi, Mama sayang. Sudah sarapan?” Ibuku balesnya lama. Baru satu jam deh ada balasan, dan itu bilang…

“Lah, Mas? Ini ‘kan bulan puasa?”

Ketahuan deh aku gak puasa! Hahaha.”

4. Sebagus apapun joke yang kamu punya, semuanya tergantung penyampaian kamu

Kalau penyampaiannya oke, yang gak lucu pun jadi lucu via i.huffpost.com

Penyampaian itu segalanya dalam hal lelucon. Kalau joke kamu bagus dan disampaikan dengan bagus pula, dia pasti terpingkal-pingkal. Joke kamu yang gak bagus-bagus amat juga bisa tertolong dengan penyampaian efektif. Makanya, penting buat memperhatikan intonasi, diksi, jeda, dan mimik muka ketika kamu mau melucu.

Coba aja pasang muka datar dan tatapan gak bersalah. Metode deadpan begini biasanya berhasil, bahkan kalau joke kamu sebenarnya gak penting dan gak lucu-lucu amat. Contoh:

Kamu : “Tahu gak lagu-lagu One Direction dibajak mentah-mentah sama boyband Spanyol?” (muka serius agak prihatin)

Cewek : “Hah? Boyband apa emang?”

Kamu : “Juan Direction.” (muka masih serius)

5. Jika kamu ingin meniru karakter terkenal, pastikan kalau kamu emang jago

Mimik via www.askmen.com

Memparodikan atau meniru sebuah karakter terkenal bisa menjadi alternatif buat menghibur dia saat kamu kehabisan bahan lelucon. Apalagi kalau teman-temanmu selama ini selalu bilang kamu bisa banget meniru gaya pidato SBY. Atau mungkin kamu paling jago nyanyi ala Bono, lengkap dengan kacamata dan jaket kulit hitamnya.

Kalau kamu benar-benar mau meniru gaya seseorang untuk membuat dia tertawa, pastikan kamu beneran jago. Kalau enggak? Ya jatuhnya maksa.

6. Sedikit cheesy juga gak apa-apa kok, asal kamu tetap positif

Cheesy tapi bikin dia ketawa via www.awesomeseniorphotos.com

Ketika kamu dan gebetan udah makin dekat (apalagi kalau udah pacaran), gak ada salahnya sekali-sekali kamu mencoba sesuatu yang cheesy, gombal, atau norak sekalian. Toh, kalian udah saling mengenal cukup lama dan udah tahu perasaan masing-masing seperti apa. Kuncinya adalah gombalanmu harus punya unsur pujian untuk dia. Jangan menjurus ke hal-hal negatif yang rawan bikin dia ngambek.

Misalnya nih, kalian lagi makan bareng. Tiba-tiba kamu bilang:

Roses are red, violets are blue, the sun is hot, and so are you

Emang norak sih. Gak berima lagi. Tapi kalau itu bisa membuatnya tersenyum, apa salahnya dicoba?

7. Usahakan joke-mu selalu asli, gak menjiplak dari sumber mana pun

Menghargai orisinalitas via ineverbehave.com

Melucu soal film terkenal yang sama-sama pernah kalian tonton emang seru. Tapi kalau kamu menjiplak mentah-mentah joke yang udah terlalu sering dipakai di film maupun program TV, bisa-bisa dia ilfil. Selain bikin bosan, kamu gak bakal terlihat kreatif di hadapannya. Contoh:

Kamu : “Bapak kamu…”

Cewek : (Melipir pulang)

Berani menjadi diri sendiri adalah kunci untuk membuat dia selalu terhibur dengan kehadiranmu. Gak perlu menjadi orang lain untuk bikin dia tertawa. Melihat kehidupan sehari-harimu, dia, dan lingkungan kalian dari kacamata humor sudah cukup kok. Semoga sukses!