Tahun 2017 adalah tahun dimana buat anak angkatan 90'an lagi sibuk-sibuknya nih ditanya kapan nikah? Sekali dua kali no problem lah ya ditanya begitu, tapi kalau sudah keseringan, kesel juga ya dengernya. Mungkin ini adalah sepenggal kisah buat para jomblo-jomblo yang masih menungu pangeran berkuda datang untuk menjemput.

Kalau kita bahas pernikahan enggak akan jauh-jauh sama baju pernikahan. Ya contohnya kebaya, banyak banget nih cerita dari calon-calon manten yang mau nikah, saat ukur untuk baju dan saat fitting kadang gak cocok. Rata-rata calon manten baik itu perempuan atau pria suka banget ngalamin tiba-tiba ukuran tubuh bertambah gitu dari ukuran sebelumnya khusunya bagian perut. Alhasil calon manten ini disuruh diet sama designer biar baju pernikahnnya oke banget pas dipakai pada hari H. Demi baju yang mau dipakai ya calon manten mau tidak mau harus banget untuk mengurangi berat badan atau menghilangkan lemak pada bagian tertentu yang sangat mencolok

Bahas diet itu susah-susah gampang buat dipraktekin. Tidak cuma buat yang mau melangsungkan pernikahkan aja yang harus melakukan diet, orang biasa juga kadang banyak yang diet dengan alasanya yang sama. Tapi gimana sih cara diet yang benar, khususnya untuk pengecilkan perut? Yuk disimak ya tips berikut ini.

10 Tips cara mengecilkan perut yang tepat

Kelebihan kolesterol atau lemak biasanya akan berlari pada bagian tubuh tertentu, seperti perut. Jadi tidak heran jika banyak orang yang memiliki perut buncit. Namun, perut buncit ini sungguh tidak enak dipandang dan juga tidak baik untuk kesehatan pula. Sebenarnya, perut buncit ini tidak hanya dimiliki oleh seseorang dengan masalah kegemukan atau obesitas, namun mereka yang memiliki badan ideal pun bisa tekena perut buncit ini. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa cara mengecilkan perut pada wanita demi kesehatan dan juga penampilan. 

Berikut ini adalah cara mengecilkan buncit pada perut, yaitu:

1. Memasak makanan sendiri.

Memasak masakanmu sendiri lebih terjamin kesehatannya via http://whytoread.com

Seperti yang kita tahu bahwa banyak kandungan atau bahan makanan yang tidak sehat dari makanan yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memasak makanan sendiri dengan sayuran dan bahan yang sehat lainnya.

2. Olahraga

Berolahragalah secara teratur untuk kesehatan jangka panjang via http://lekkihub.com

Olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan berat badan ideal dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan perut yang buncit. Tidak harus melakukan olahraga di tempat fitness atau latihan karena sebenarnya kamu bisa melakukan olahraga sendiri untuk mengurangi lemak pada perut. Latihan yang bisa dilakukan adalah sit-up setiap hari untuk meratakan perut yang buncit.

Namun, tempat fitness adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin memperkuat otot pada perut. Olahraga yang dilakukan tidak harus berat namun sesuai dengan kemampuan. Contohnya seperti melakukan CARDIO yaitu jogging, bersepeda, jalan cepat, jalan santai, dan masih banyak lagi. Sebelumnya lakukan pemanasan sekitar 5 sampai 10 menit, olahraga sekitar 45 sampai 50 menit dalam waktu 4 sampai 6 dalam seminggu.

3. Konsumsi Mentimun

Advertisement

Mentimun untuk mengecilkan perut via https://www.google.com

Mentimun adalah salah satu buah yang kandungan kalorinya rendah. Dalam 100 gram mentimun mengandung sekitar 45 kalori dan 96 persen air. Selain itu, mentimun juga mengandung mineral, serat, vitamin B, dan vitamin C yang cukup tinggi. Rutinlah mengonsumsi makanan ini karena dapat membersihkan racun dari dalah tubuh. Racun tersebut akan dikeluarkan oleh sistem pencernaan sehingga dapat menurunkan berat badan. Inilah cara mengecilkan perut buncit tradisional.

4. Mengubah gaya hidup

Hidup lebih sehat via https://www.pinterest.com

Gaya hidup sangat berpengaruh terhadap buncitnya perut kamu. Untuk itu, gantilah gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebagai contohnya adalah:

• memilih menggunakan tangga dibanding elevator atau lift
• perbanyak berjalan kaki
• mengurangi makan berlebih pada malam hari
• makanlah 2 sampai 3 jam sebelum tidur
• berhenti merokok serta menghindari konsumsi alkohol
• istirahat yang cukup dan memperbanyak aktivitas fisik
• dll.

Mungkin perubahan gaya hidup ini tidak akan mudah namun kamu bisa melakukannya dari kegiatan atau perubahan yang kecil. kamu juga bisa meminta orang-orang sekitar untuk senantiasa mengingatkan dirinya agar bisa konsisten dalam mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

5. Konsumsi Buah Semangka

Ramping dengan buah semangka via https://sites.google.com

Semangka merupakan buah yang sangat baik untuk mengurangi lemak di dalam perut. Hal ini disampaikan oleh Asosiasi Diet Amerika sehingga tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu cara mengecilkan perut. Kandungan semangka ini didominasi oleh air 91 persennya. Saat kamu mengonsumsi buah semangka ini maka kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama dengan kandungan vitamin C, B6 dan B1 serta magnesium dan kalium. kamu juga bisa membuat jus semangka setiap hari kurang lebih dalam delapan minggu untuk mengurangi berat badan.

6. Mencukupi air putih

Tubuh yang tercukupi dengan air dapat menghilangkan perut buncitmu via http://www.hariangadis.com

Berdasarkan jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme mengungkapkan bahwa tingkat metabolisme seseorang akan meningkat sekitar 30 persen setelah minum 17 ons air. Volume cairan di dalam tubuh akan membantu tubuh dalam memecah timbunan lemak yang bisa menyebabkan kegemukan dan perut buncit. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, sekitar 8 gelas setiap hari.

7. Mengonsumsi vitamin C

Selain sebagai daya tahan tubuh, vitamin C mampu membuat bentuk tubuh menjadi ideal via http://www.monicashealthmag.com

Terdapat berbagai macam makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Vitamin ini mampu mengurangi tingkat setres dan mengembalikan hormon kortisol atau hormon stres. Hormon kortisol yang menurun membantu mencegah meningkatnya penyimpanan lemak pada perut. Oleh karena itu, konsumsilah vitamin C secara rutin, namun ada baiknya jika vitamin ini didapatkan dari sayuran atau buah-buahan dibanding suplemen. 

8. Buah nanas

Buah nanas yang sangat digemari oleh wanita khususnya yang sedang diet via http://www.google.com

Buah tropis ini memiliki kandungan enzim bromelain yang bersifat anti-inflamasi sehingga berfungsi untuk memetabolisme protein dan memberikan kontribusi dalam mengolah makanan di dalam perut. Studi oleh University of Maryland menjelaskan bahwa buah ini dapat menghalau bakteri penyebab diare dan juga efektif dalam menyembuhkan masalah usus, perut yang kembung dan juga bisa merampingkan pinggang. Kandungan vitamin B6, tiamin, serat, mangan, dan tembaga dengan manfaatnya untuk kesehatan.

9. Tidur dan istirahat cukup

Tidur yang berkualiatas lebih baik dari pada kuantitas tidur yang terlalu lama. Rilexkan pikiran agar dapat manfaat saat tertidur via http://www.google.com

Cara lain untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan istirahat yang cukup, terlebih dalam waktu tidur. Dengan istirahat maka kamu akan mendapatkan stamina yang lebih besar sehingga tubuh siap untuk beraktivitas keesokan harinya. 

10. Mengubah kebiasaan makan

Makanan seperti fast food memang menggoda namun, sebaiknya kurangin mengkonsumsi makana seperti fast food ini. via http://images1.villagevoice.com

Makanan sangat berpengaruh terhadap berat badan. Sekarang ini banyak dijumpai junk food atau makan cepat saji. Makanan ini memiliki kandungan lemak jahat yang cukup banyak sehingga besar kemungkinan membuat perut kita membuncit dan berat badan yang meningkatkan. Tinggalkanlah mengonsumsi makanan tersebut dengan makanan yang sehat sebagai cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga. Selain itu, makanlah dengan porsi kecil dalam 3 sampai 4 kali setiap hari.