Banyak pengusaha sukses memiliki mentor untuk mencapai kesuksesan mereka. Memiliki mentor adalah berkat yang luar biasa bagi seorang pengusaha, tetapi tidak mudah menemukan mentor untuk membimbing kita menjadi pengusaha sukses. Jika kamu belum menemukan seorang mentor maka hal tersebut bukanlah masalah, karena pada artikel ini ada 10 saran penting dari pengusaha sukses dunia yang akan membimbing kamu menjadi pengusaha sukses seperti mereka.

Berikut adalah 10 tips dari pengusaha sukses yang akan membimbing kamu menjadi pengusaha meskipun tidak memiliki seorang mentor sama sekali.

1. "Tantang Diri Kamu" – Richard Branson

Richard Branson via http://www.millionaireasia.id

Richard Branson, pendiri Virgin Group, mengatakan motivasi terbesarnya untuk menjadi pengusaha sukses adalah menantang dirinya sendiri. Ia mengibaratkan dirinya sedang berada di universitas dengan waktu yang lama, dimana ia bisa belajar sepanjang waktu dan menemukan pengetahuan yang baru. Kamu pun bisa mulai menantang diri sendiri dengan menuliskan hal apa saja yang ingin kamu capai. Daripada menjadikan halangan sebagai hambatan atau beban, lebih baik jadikanlah halangan tersebut sebagai tantangan yang harus kamu lewati, dengan begitu kamu akan lebih termotivasi untuk melewatinya.

2. "Kerjakan Apa yang Kamu Cintai Dan Cintai Apa yang Kamu Kerjakan" – Steve Jobs

Tidak dipungkiri memulai suatu bisnis akan menghabiskan banyak waktu. Steve Jobs berkata bahwa salah satu cara untuk mendapatkan kepuasan dalam hidup adalah melakukan pekerjaan yang benar-benar kamu cintai dan mencintai apa yang kamu kerjakan.

3. "Lebih Baik Gagal Daripada Tidak Mencoba Sama Sekali" – Jeff Bezos

Advertisement

Jeff Bezos via https://qz.com

Kita tidak pernah tahu hasil dari sesuatu kecuali kita benar-benar melakukannya. Jeff Bezos mengatakan dirinya tidak akan pernah menyesal jika apa yang dia lakukan mengalami kegagalan, tetapi dia justru akan menyesal jika tidak mencobanya sama sekali.

4. "Percaya Pada Diri Sendiri" – Henry Ford

Henry Ford via http://www.pbs.org

Ada kutipan terkenal yang diungkapkan Henry Ford yaitu, “Jika kamu berpikir kamu bisa atau kamu berpikir kamu tidak bisa, kedua-duanya benar.” Artinya jika kamu berpikir kamu bisa, maka rintangan apapun akan bisa kamu lewati, begitupun sebaliknya ketika kamu berpikir kamu tidak bisa, maka kamu hanya akan menemukan berbagai alasan untuk tidak melakukannya.

5. "Memiliki Visi yang Jelas" – David Karp

Pendiri sekaligus CEO Tumblr, David Karp, mengatakan bahwa pengusaha adalah seorang yang memiliki visi untuk sesuatu yang ingin dia wujudkan. Oleh karena itu, penting bagi kamu memiliki visi yang jelas dan hal apa saja yang ingin kamu capai di masa depan.

6. "Bergaul Dengan Orang yang Tepat" – Reid Hoffman

Reid Hoffman via http://www.miliarder.net

Kamu adalah cerminan dari pergaulan kamu. Reid Hoffman, pendiri LinkedIn, mengatakan bahwa cara tercepat untuk mengubah diri sendiri adalah bergaul dengan orang-orang seperti yang kamu inginkan. Jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha maka bergaulah dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama dengan kamu, dengan demikian maka lingkungan telah mendukung kamu untuk menjadi seorang pengusaha.

7. "Hadapi Ketakutan Kamu" – Arianna Huffington

Arianna Huffington via http://www.eurthisnthat.com

Mengatasi rasa takut memang tidak mudah, tetapi hal itu harus dilakukan. Arianna Huffington mengatakan bahwa keberanian itu layaknya seperti otot, ketika semakin sering dilatih maka seiring berjalannya waktu akan semakin kuat.

8. "Ambil Tindakan" – Walt Disney

Walt Disney via http://flavorwire.com

Dunia ini penuh dengan ide-ide besar, tetapi ide yang sukses adalah perpaduan antara ide dengan tindakan. Walt Disney pernah berkata, cara termudah untuk mencapai kesuksesan adalah berhenti berbicara dan mulailah melakukan. Hal itu berlaku bagi kesuksesan setiap orang.

9. "Memahami Industri Kamu" – Tony Hsieh

Tony Hsieh, pendiri Zappos berkata “Jangan bermain game yang kamu tidak mengerti, bahkan jika kamu melihat banyak orang menghasilkan banyak uang dari game tersebut”. Memahami industri yang akan kamu geluti adalah kunci dari keberhasilan.

10. "Memberikan lebih dari yang diharapkan" – Larry Page

Larry Page via http://googlecube.com

Larry Page menekankan kepada para pengusaha agar memberikan lebih dari yang pelanggan harapkan. Hal tersebut adalah cara yang bagus untuk mendapat perhatian dan membangun pelanggan setia kamu.