Begitu banyak musisi di dunia ini dari berbagai genre. Setiap orang juga memiliki selera musik masing-masing. Mulai dari genre mainstream Pop sampai genre dangdut asli Indonesia. Berbicara soal musik, ada satu penyanyi yang mengawali karirnya sebagai penyanyi country, yang terkenal dari Amerika serikat. Yup! Taylor Swift! Taylor Alison Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989, adalah penyanyi-penulis lagu dan aktris asal Amerika Serikat. Ia dibesarkan di Wyomissing, Pennsylvania, lalu pindah ke Nashville, Tennessee, pada usia 14 untuk mengejar karier di musik country. Buat kamu-kamu guys yang belum tahu tentang Taylor dan pengen tahu atau yang gak mau tahu penulis rangkum 13 alasan mengapa Taylor Swift layak dijadikan idola dan inspirasi buat anak muda sekarang. Cekidot!

 

1. Cantik dan Pintar

Siapa yang tidak mengetahui bahwa Taylor Swift adalah seorang wanita yang berparas cantik. Tapi memiliki wajah yang cantik saja mungkin tidak cukup untuk mendapatkan tempat di hati penggemar sebagai seorang publik figur. Diumurnya yang 16 tahun Taylor debut secara resmi pada tahun 2006 dengan album bertajuk ‘Taylor Swift’ dengan beberapa single yang menjadi hits di kalangan anak muda dan remaja pada saat itu. Single seperti Tim McGraw, Picture To Burn, dan Tear Drops on My Guitar membuatnya menjadi artis yang masuk dalam Top Ten Debut. Selain cantik dan pandai bernyanyi, ia juga merupakan seorang penulis. Ia menghabiskan liburan musim panas nya dengan menulis novel setebal 350 halaman yang tidak pernah ia publikasikan sampai sekarang. Selain itu ia juga memenangkan kontes puisi tingkat nasional yang berjudul ‘Monster in My Closet’. Wah selain cantik, ternyata jago menjadi penulis juga! Slay Taylor!

2. Penyayang Binatang

Mungkin penggemar Taylor yang mengikuti akun sosial media seperti twitter, facebook dan instagram mengenal nama Meredith dan Olivia Benson. Yup! Itu adalah dua ekor kucing milik Taylor. Kedua kucing itu merupakan hewan kesayangan nya yang sering muncul di instagram nya. Berbagai video lucu dan menggemaskan Olivia dan Meredith selalu berhasil menghibur siapapun yang melihatnya. Bahkan kedua hewan itu sering di nominasikan di ajang-ajang penghargaan internasional sebagai Hewan Peliharaan Selebriti Populer. Wah, bisa jadi Olivia dan Meredith mengalahkan ke populeran nya Taylor! Slay Olivia and Meredith.

3. Dikelilingi Oleh Orang-orang yang Mencintainya

www.pinterest.com

www.pinterest.com via https://www.google.com

Taylor Swift dilahirkan dari keluarga yang bahagia. Ia memiliki seorang ibu yang sangat mencintai nya, Andrea Swift, pasangan dari ayahnya Scott Swift. Ia juga memiliki seorang adik laki-laki yang bernama Austin Swift. Taylor sering bersama Austin yang menemaninya ke acara-acara penghargaan besar seperti American Music Awards, Billboard Music Awards dan Country Music Awards. Austin memiliki tubuh tinggi dan atletis membuat keduanya kerap dianggap sebagai pasangan kekasih. Kedua orang tuanya juga sering menemaninya ke acara-acara penghargaan besar. Faktanya guys, mama Swift ini memberikan pidato dengan sangat baik di kemenangan Taylor meraih penghargaan Milestone Awards tahun lalu, dan ibunya langsung yang memanggilnya dari atas panggung. Terharu banget, guys. Tampak sekali jika keluarganya sangat mendukung pekerjaan dan karir nya di bidang musik. Semenjak ingin menjadi penyanyi country, keluarganya rela pindah ke Nashville yang dikenal sebagai kota Country demi mewujudkan cita-cita nya. Disana ia bertemu dengan Nathan Chapman, seorang pria yang menjadi produser nya sampai sekarang. Disanalah ia memulai karirnya sebagai penyanyi country yang dianggap aneh saat itu dikalangan teman-temannya sampai ia juga sempat mengalami pembully-an. Tapi seorang Taylor bukanlah orang yang mudah putus asa.

4. Memiliki Segudang Prestasi

taylorswift.wikia.com

taylorswift.wikia.com via https://www.google.com

Masih inget dong kemenangan Taylor di Grammy kemarin? Itu salah satu piala Taylor dari sekian penghargaan yang ia terima selama hidupnya. Ada sekitar 300-an piala yang ia menangkan di ajang-ajang bergengsi di seluruh dunia. Ia memiliki 10 Grammy, selain itu ia juga menerima penghargaan khusus seperti Pinacle Awards, Milestone Awards, dan Dick Clark for Excellence atas kontribusi nya di dunia musik. Billboard Women of the Year, Top Billboard 200 Album (Album 1989), dan Top Artist. Dan masih banyak lagi prestasi yang ia raih sepanjang karir bermusik nya. Ia membuktikan kepada seluruh dunia bahwa ia penyanyi yang layak diperhitungkan dan bukan penyanyi yang hanya mengandalkan bentuk tubuh dan sensasi. Jadi jangan anggap sepele, ya penyanyi yang satu ini.  

5. Seorang Penyanyi Country yang hijrah ke Pop

www.etonline.com

www.etonline.com via https://www.google.com

Album studio kelima Swift, 1989, dirilis pada 27 Oktober 2014. Majalah TIME menjelaskan bahwa ditinjau dari segi musik, album ini "didominasi oleh synth dan drum sebagai pengganti gitar," sementara genre musik country yang telah mengakar pada Swift ditinggalkan sepenuhnya. Swift mendeskripsikan 1989 sebagai album pop resmi pertamanya dan memutuskan berpisah dengan para anggota bandnya. Sayang sekali memang.

Karen selama ini Taylor Swift dikenal sebagai seorang penyanyi bergenre country . Ia telah menelurkan 4 album yang seluruhnya adalah genre country. Nah, pada akhir tahun 2014 lalu ia mengeluarkan album yang berbeda. Sempat terjadi pro dan kontra di antara penikmat dan pengamat musik tentang album ini, namun album ini sukses terjual 1 juta kopi di minggu pertama penjualannya dan membuat ketiga albumnya berturut-turut menjadi album paling banyak terjual di minggu pertama penjualannya. Single seperti Shake it off langsung bertengger di posisi pertama di Billboard 100, begitu juga dengan Blank Space, Style, Wildest Dream dan Out of the Woods. Nah, untuk music video nya juga meraih viewers yang tinggi sehingga vevo beberapa kali memberikan sertifikat terhadap music videonya tersebut. Hijrahnya Swift ke pop membuat sebagian orang membencinya dan mengatakan bahwa ia tidak pantas sebagai penyanyi. Namun kebencian haters itu ia jawab melalui single Shake it off. Haters gonna hate, ya kan?

6. Satu-satunya wanita dalam sejarah musik yang dua kali memenangkan album of the year di Grammy Awards

www.eonline.com

www.eonline.com via https://www.google.com

Tanggal 15 Februari 2016, tepatnya pada saat perhelatan ajang musik bergengsi di dunia, apalagi kalau bukan, Grammy Awards. Masuk di dalam 7 nominasi, Taylor memenangkan tiga kategori (Album of The Year, Best Collaboration of The Year, dan Music Video of The Year) dan sukses membawa pulang tiga piala pada tahun ini. Sebelumnya ia membawa dua piala pada tahun 2011. Piala Grammy pertamanya pada tahun 2008, membawanya pada artis termuda yang memenangkan kategori Album of The Year (Speak Now) sepanjang sejarah musik. Kini ia memiliki total 10 piala Grammy. Keren kan, guys.

7. Rendah Hati

www.gettyimages.com

www.gettyimages.com via https://www.google.com

Dari hasil penjualan ketiga album yang mencapai 1 juta kopi di minggu pertama perilisan tidak menutup kemungkinan bahwa Taylor mengumpulkan banyak uang. Ketiga album nya (Speak Now, Red, 1989) menjadi album terbanyak dijual secara berturut-turut. Tapi tahukah kamu bahwa Taylor merupakan artis yang sering mendonasikan uangnya? Ia sampai dijuluki ‘Most Charitable Celebrity’ atau Selebriti Paling Banyak Beramal dan Taylor menerima penghargaan dari Star Compassion Awards . Ia mendonasikan $750.000 untuk badai Tornado dari hasil konsernya. Ia juga mendonasikan jutaan dolar untuk banjir yang melanda Nashville beberapa waktu lalu. Dan yang terbaru, Taylor juga mendonasikan uangnya $250.000 untuk membantu Kesha yang sedang bermasalah dengan produsernya. Ibu Kesha sangat berterimakasih atas perhatian dan dukungan Taylor. Taylor juga mendonasikan $1989.00 uangnya untuk sebuah yayasan penderita kanker.Juga saat itu ia memberikan beasiswa kepada fans nya sebesar $1989.00. Ia juga kerap memberikan nasehat panjang di akun instagram penggemarnya. Memberikan hadiah di hari natal dengan mengetuk pintu rumah tetangga maupun penggemarnya secara tiba-tiba. Taylor kurang apa, coba?

8. Sahabat yang baik

abcnews.go.com

abcnews.go.com via https://www.google.com

Sahabat? Setiap orang memiliki setidaknya seorang sahabat atau beberapa di dunia ini kan, guys? Karena sebagai makhluk sosial, kita tidak mungkin bisa hidup sendiri, kan? Yang ada hidup akan terasa sunyi dan hampa tanpa ada seorang sahabat yang menemani meskipun hanya untuk curhat. Begitu juga dengan Taylor, guys. Taylor memiliki banyak teman dan sahabat dalam hidupnya. Tapi yang paling dekat dengannya adalah Selena Gomez, Karlie Kloss dan Ed Sheeran. Mereka bersahabat lumayan lama. Bahkan saking sayang nya, bahkan Taylor sempat menangis dan terharu saat Ed menerima penghargaan Grammy pertamanya memenangkan Song of The Year 15 Februari lalu. Padahal saat itu single Blank Space juga masuk nominasi dan berhasil dikalahkan oleh Thinking Out Loud nya Ed. Begitu juga saat Selena tampil membawakan lagu The Hearts Wants It Wants di American Music Awards tahun 2014 lalu. Taylor sempat meneteskan airmata haru atas penampilan Selena yang memukau nya.

Taylor juga menyediakan kamar khusus untuk Karlie di rumahnya yang berisi lengkap dengan foto-foto model Victoria Secret tersebut. Ia memperlakukan sahabatnya begitu istimewa. Selain sebagai seorang sahabat, Taylor adalah kakak yang baik untuk Selena. Ia selalu memberikannya nasehat termasuk menasehati Selena untuk menjauhi Justin Bieber. Justin memberikan pengaruh buruk untuk Selena. Karena Taylor tidak mau Selena terus-menerus menjadi bahan ejekan dan bullyan haters. By the way Selena memiliki banyak haters setelah dekat dan menjalin hubungan dengan Justin, guys. Tidak hanya memiliki ketiga sahabat diatas, Taylor juga bersahabat dengan Ellen DeGeneres, Ariana Grande, Ellie Goulding, Avril Lavigne, Lorde, Hayley William, Serayah, Zendaya, Gigi Hadid, Hailee Steinfield, dan Sam Smith lho. Keren gak tuh!

9. Album dengan penjualan terbanyak

www.justjared.com

www.justjared.com via https://www.google.com

1989 terjual sebanyak 1,287 juta kopi pada minggu pertama perilisannya di Amerika Serikat dan debut pada posisi nomor satu di tangga lagu Billboard 200, menjadikan Swift penyanyi pertama dan satu-satunya yang memiliki tiga album dengan penjualan lebih dari satu juta kopi dalam seminggu. Single-single dari album ini, "Shake It Off" dan "Blank Space", keduanya mencapai posisi puncak di Billboard Hot 100. 1989 kemudian menjadi album terlaris tahun 2014, berhasil terjual sebanyak 3,66 juta kopi meski baru dirilis selama sembilan minggu.

Album RED menjadi album dengan penjualan terbanyak di berbagai negara. Termasuk juga Indonesia yang akhirnya mengunjungi Jakarta tahun 2014 lalu dalam konser bertajuk The RED World Tour. Album Fearless juga membawa nama Taylor semakin dikenal dunia, dengan single super hits You Belong With Me tahun 2008 lalu membawanya mendapatkan banyak penghargaan. Namun Taylor Swift merupakan penyanyi wanita yang membawa ketiga album nya secara berturut-turut menjadi album dengan penjualan terbanyak di dunia. Faktanya nih guys, Speak Now menjadi rekor sebuah album country dari artis wanita pertama yang menembus lebih dari satu juta kopi diminggu pertamanya, dan kedua keseluruhan, setelah Garth Brooks. Artis wanita beraliran country lainnya yang sempat menduduki rekor ini adalah Shania Twain dengan albumnya Up! pada tahun 2002 yang terjual 847,000 kopi diminggu pertamanya. Album Speak Now ini sendiri satu album ditulis oleh Taylor Swift sendiri tanpa bantuan co-writer. Hal ini adalah hal yang sangat langka terjadi dalam dunia music. Brilliant, bukan!   

10. Smart Song-Writer

www.betches.com

www.betches.com via https://www.google.com

Swift dikenal atas narasi lagu tentang pengalaman pribadinya. Sebagai penulis lagu, dia telah diberi penghargaan oleh Nashville Songwriters Association dan Songwriters Hall of Fame. Swift memulai menulis lagu diusianya yang masih belia, 12 tahun guys! Dengan judul lagu ‘Lucky You’.  Ia telah menulis lebih dari 100 lagu yang diantaranya ada yang belum di publikasikan. Faktanya guys, ia menulis lagu Love Story hanya selama 10 menit disamping tempat tidurnya dan langsung menjadi lagu internasional nya dengan konsep video a la zaman dahulu. Ia menulis hampir semua lagu yang dimasukkan kedalam setiap albumnya. Kebanyakan lirik-lirik lagu yang ia tulis berasal dari cerita nyata kehidupannya. Lagu tentang patah hati yang menghiasi album Red dan bangkit kembali di album 1989. Meskipun kebanyakan lirik nya tentang cerita bersama mantan-mantan kekasihnya, tetapi selalu ada ruang kosong, bukan? Hehe. Mungkin semua penggemar Swift atau yang biasa disebut Swifties mengetahui kalau lagu-lagu nya di 1989 ditujukan untuk mantannya, Harry Styles. Tapi tidak apa, masa lalu yang tidak mengenakkan juga bisa menghasilkan sebuah mahakarya yang hebat. Coba hitung berapa prestasi yang swift ukir berkat album 1989? Hayyoo..  

11. Seorang Motivator

www.pinterest.com

www.pinterest.com via https://www.google.com

Hal yang selalu ditunggu ketika seorang Taylor memenangkan suatu penghargaan adalah pidato atau speechnya, guys. Taylor selalu bisa membuat penonton memperhatikan tentang apa yang ia ucapkan diatas podium. Seperti saat kemenangan nya di Grammy awards kemarin. Kira-kira begini, “Someday, when you get where you are going, you will look around and you will know that it was you and the people who love you who put you there. And that will be the greatest feeling in the world.” Kalimat yang sederhana namun sarat makna. Ada lagi quotes nya, “No matter what happens in life, be good to people. Being good to people is a wonderful legacy to leave behind.” Taylor menjadi orang yang ingin baik kepada semua orang apapun yang terjadi dalam hidup ini. Karena berbuat baik kepada orang lain merupakan peninggalan yang sangat bagus. Dan masih banyak lagi quotes lain Taylor yang dapat memotivasi kita. Selain penyanyi, Swift juga seorang motivator.

 

12. Stylish

www.laineygossip.com

www.laineygossip.com via https://www.google.com

Sering liat photo-photo Taylor sedang keluar dan berkeliaran di jalanan Los Angeles? Kalo yang sering liat, pasti udah tahu kalo Taylor selalu memakai outfit yang keren-keren. Gaya yang sederhana dan enak dipandang mata, pokoknya anak muda banget deh! Faktanya guys, kalo Taylor sedang keluar, pasti udah banyak yang nunggu dia di depan apartemen maupun orang-orang yang kebetulan berpapasan dengannya di jalan. Nah, ketika banyak yang mengeluarkan ponsel dan kamera untuk memotretnya, ia melenggak-lenggok layaknya seorang model yang berjalan di catwalk. Seolah tidak risih dengan jepretan kamera sana-sini, Taylor tahu caranya bergaya dan selalu menghasil kan photo-photo berkelas dan keren.  Dan dari gaya street fashion nya Taylor bisa kamu jadikan inspirasi dalam gaya berbusana kamu kan guys. Yang cewek, ya.

13. Ikon Anak Muda Sekaligus Sweetheart nya Amerika

www.amazon.co.uk

www.amazon.co.uk via https://www.google.com

Kenapa ikon anak muda? Taylor adalah seorang gadis yang memiliki banyak prestasi dan jauh dari kehidupan yang buruk. Ia tidak pernah bertingkah ‘nyeleneh’ di publik dan selalu menjaga nama baik keluarganya. Menulis lagu dan menceritakan apapun yang sedang ia alami dan rasakan, bukan mencari sensasi sana-sini dengan berbagai tingkah yang memalukan. Intinya Taylor sangat jauh dari yang hal-hal yang berbau pornografi, itulah mengapa anak muda amerika menyukai nya dan menyebut nya sebagai American sweetheart. Yang membuat Taylor berbeda dari penyanyi amerika lain adalah, ia tidak menyukai tattoo beneran. Ia bilang tidak mempunyai prinsip dengan symbol tertentu. Taylor juga tidak pernah berurusan dengan narkoba atau semacamnya. Taylor jarang ke pub, diskotik, nightclub atau tempat hiburan malam lain yang dapat membuatnya terjerumus ke hal-hal yang negatif. Meskipun memiliki pacar seorang Disc Jockey (DJ) yang identik dengan dunia malam, Taylor tetap bisa menjaga diri. Jadi buat yang anak muda banget gak salah kamu jadikan Taylor sebagai salah satu idola kamu. Atau seenggaknya kamu tahu siapa itu Taylor Swift. 

Nah, itu adalah 13 alasan bahwa Taylor Swift layak kamu jadikan sebagai idola kamu. For your information aja nih guys, kalo Taylor juga seorang manusia biasa. Ia juga memiliki pengalaman hidup yang tidak mengenakkan. Pada tanggal 13 September 2009, tepatnya acara MTV Video Music Awards digelar. Swift berhasil memenangkan sebuah piala untuk Best Female Video untuk videonya "You Belong with Me". Namun, saat sedang berpidato untuk kemenangannya, rapper Kanye West dengan santai maju kepanggung dan merebut mikrofon yang dipegang Swift, dan menyatakan bahwa video dari Beyonce yang berjudul "Single Ladies" lah yang harusnya menang, bukan video Swift. Kanye West lalu diusir dari acara, dan saat Beyonce memenangkan Video of the Year, penghargaan tertinggi malam itu, ia mengundang Swift untuk kembali maju dan menyelesaikan pidatonya. Swift setuju dan ia menyelesaikan pidatonya malam itu.

Insiden ini menyedot perhatian banyak artis, termasuk para nominator Best Female Video lainnya, seperti Pink, Katy Perry, Lady Gaga, serta Kelly Clarkson, yang kompak setuju bahwa video Swift boleh-boleh saja menang. Artis dan banyak orang penting lainnya pun menilai tindakan Kanye West sangat negatif, dan tidak pantas. Kanye West akhirnya meminta maaf pada Swift, dan Swift menerimanya. Dan pada saat Grammy 2015 lalu, mereka terlihat akur. Tapi baru-baru ini Kanye membuat ulah lagi dengan memasukkan nama Taylor di lirik rapp nya tanpa sepengetahuan Taylor. Hal ini membuat permusuhan kembali, tapi tampaknya Taylor tidak ingin memperpanjang masalahnya. Pada saat pidato nya di Grammy kemarin, ia menyindir Kanye yang menggunakan nama orang lain untuk ketenaran nya sendiri. Semoga Kanye gak buat masalah lagi ya sama Taylor.