Kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan, makanya tak jarang banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Bagi orang yang sering memperhatikan kucing, mungkin akan lebih mengerti banyak hal tentang kucing. Untuk mengetes apakah anda sudah banyak mengerti tentang kucing atau belum, silakan anda baca beberapa hal berikut. Ada 14 hal yang mungkin tidak anda ketahui tentang kucing.

1. Kucing menghabiskan 2/3 waktunya untuk istirahat

cat sleep via https://pixabay.com

Kucing ternyata suka sekali tidur, mungkin anda menyangka bahwa ahh itu karena kucing aktifnya kalo malam, jadi ketika siang dia tidur. Wahh berarti anda kurang memperhatikan ketika malam hari. Kucing juga tidur di malam hari, hanya saja secara naluriah dia beraktifitas lebih banyak ketika malam.

Kucing menghabiskan 2/3 waktunya untuk istirahat, jangan heran jika kalian seringnya melihat kucing sedang tidur.

2. Kucing bisa kidal juga

Layaknya manusia, kucing juga memiliki tangan yang dominan. Menurut sebuah penelitian di tahun 2009, kucing jantan umumnya kidal, sedangkan betina umumnya tidak.

3. Cokelat dapat membuat kucing sakit

Advertisement

Kucing dapat sakit jika memakan cokelat, kucing termasuk karnivora dan pencernaannya akan terganggu jika perutnya diberi coklat. Kalian tau coklat kan? Kucing tidak dapat mencernanya. Apalagi kalau coklat yang memiliki kandungan gula tinggi, bisa bisa membahayakan keselamatan kucing.

4. Kucing memberi salam lewat sentuhan hidung ke hidung

Whiskas UK via https://twitter.com

Kucing yang telah akrab biasanya saling memberi salam dengan menyentuhkan hidungnya kepada hidung kucing lain. Selain sebagai media mencurahkan perasaannya, dengan saling menyentuhkan hidungnya membuat kucing saling memberikan kelenjar yang berada di dekat hidungnya.

Kelenjar ini sebagai tanda bahwa kucing lain yang diberi sudah termasuk dalam lingkaran pergaulannya. Apa yang terjadi jika kucing anda mendekatkan hidungnya ke wajah anda? Terima saja salam dari kucing anda tersebut dengan penuh hormat, itu artinya anda akan semakin dekat dengan kucing anda.

5. Detak jantung kucing sangat cepat

Detak jantung kucing berkisar antara 160-250 kali per menit sedangkan manusia hanya 50-70 kali per menit. Kucing yang semakin berumur dewasa, detak jantungnya semakin menurun.

6. Kucing suka kebersihan

Meskipun kucing terkesan pemalas, namun untuk urusan kebersihan badan kucinglah juaranya. Kucing sangat suka sekali membersihkan badannya, bahkan ketika ia sedang malas-malasan tiduran, kucing pun tetap menyempatkan diri untuk membersihkan badannya dengan menjilat bulu-bulunya serta mengusap usap dengan lengannya.

7. Kucing menganggapmu kurang bisa merawat diri

Kucing menganggap anda cukup payah dalam merawat diri anda. Kucing terkadang ingin berbagi binatang buruannya dengan anda. Itulah sebabnya, tiap ia mendapatkan buruannya, ia memamerkannya kepada anda. Kemudian terkadang ia meninggalkan beberapa potong buruannya, karena peduli kepada anda.

8. Jenis kucing yang terbesar adalah jenis “maine coon”

maine coon via https://pixabay.com

Kucing "maine coon" merupakan jenis kucing terbesar dengan berat lebih dari 7 kg. Bahkan ada yang mencapai berat 9 kg, kucing anda mungkin hanya sekitar 4 kg atau 5 kg.

Meskipun harimau bentuknya seperti kucing, namun untuk pembahasan kali ini harimau bukanlah kucing. Karena dari taksonominya saja sudah berbeda, harimau termasuk genus panthera, sedangkan kucing termasuk genus felis.

9. Beberapa kucing sebenarnya suka air

Jika kalian mengira semua kucing itu benci dengan air, wah anda kurang tepat. Karena bebearapa kucing justru suka dengan air. Makanya tak heran jika mereka menikmati saat-saat dimandikan oleh majikannya

10. Kucing pandai berpura-pura, ketika lagi butuh

Kucing memang pandai berpura-pura, seperti ketika ia meminta makan, atau ketika minta jajan. Wajahnya menjadi berubah seketika seakan memelas, ditambah dengan suara meongnya, serta sentuhan kepalanya membuat kita tak tahan dan ingin memberikan apa yang kucing inginkan.

11. Kucing dapat tahan dengan cuaca yang panas, meskipun berbulu

Meskipun di bawah terik matahari yang menyengat, kucing tetaplah tahan dan tidak pingsan. Meskipun anda lihat tubuhnya memiliki banyak bulu. Seperti hewan-hewan pemangsa lainnya (harimau, singa) kucing pun dapat bertahan lama di bawah terik matahari. Namun tidak semua kucing, kucing yang telah terbiasa hidup di dalam rumah tentu saja tidak sekuat kucing yang berkeliaran bebas.

12. Bulu kucing bukan penyebab alergi

Sebenarnya bukanlah bulu kucing yang membuat orang-orang alergi, namun kulit mati serta air lur yang menempel pada bulu kucinglah sebabnya. Kucing sering membersihkan diri dengan air liurnya, makanya pada bulu kucing terdapat air liur. Air liur kucing mengandung hormon yang membuat alergi pada manusia. Tentu saja tidak semua orang akan alergi, hanya beberapa orang saja yang memberikan respon alergi terhadap air liur kucing.

13. Kucing tau cara memuntahkan diri

cat grass via https://pixabay.com

Ketika kucing memakan buruannya, terkadang beberapa dari yang dimakan merupakan hal yang tidak dapat dicerna (misalnya bulu). Maka dari itu kucing berusaha memuntahkan hal-hal tersebut dengan caranya sendiri. Salah satu cara yang dilakukan kucing untuk memuntahkannya dengan memakan ujung rumput. Ujung rumput akan membuat tenggorokannya gatal dan membuat kucing jadi muntah. Mulai sekarang jangan menganggap bodoh kucing jika melihatnya makan rumput!

14. Kucing juga bermimpi layaknya manusia

Kucing suka banget tidur, dan saat kucing tidur. Kucing menghasilkan pola gelombang otak. Sama seperti manusia saat bermimpi. Wah, jangan-jangan kucing hobi tidur karena mimpinya bagus terus wkwk

Sekian 14 hal yang mungkin tidak anda ketahui tentang kucing, semoga bermanfaat. Sayangilah kucing Anda!