Hmmm, jurusan kuliah ya? Iyalah! Jurusan kuliah tuh banyak banget, tapi cuma belasan aja lho yang paling populer bagi anak-anak SMA IPA, IPS ataupun dari SMK akuntansi, multimedia, dll. Tapi kamu tahu nggak, kalau selama ini jurusan saat nanti mau masuk kuliah yang kamu idamkan adalah jurusan kuliah paling populer dari tahun 2015 hingga saat ini? Bahkan prospek kerjanya juga beuh bisa bikin kamu cepet bergelimang duit hehehe. Yuk deh baca tuh 14 jurusan kuliah yang punya prospek gemilang dan puluhan ribu, bahkan ratusan ribu siswa mati-matian perjuangin untuk dapetinnya!

1. Kedokteran

Dokternya cantik, imut, dan manis via http://www.kacafilmbekasi.com

Jurusan yang sering kita sebut dulu, saat ditanya, "Nanti kalau udah gede mau jadi apa?" Persaingannya nggak boleh diremehin. Banyak anak-anak olimpiade masuk ke jurusan ini, demi masa depan yang berseri-seri. Gaji dokter nggak sedikit, tapi perjuangan masuk ke jurusan ini juga nggak gampang. Biayanya juga mahal.

2. Teknik Mesin

Mesinnya kecil sampe gede. Mesin diesel via http://www.hartech.co.id

Buat cowok-cowok yang gagah, kuat gotong perangkat besi dan baja, pokoknya manly bangetlah. Diiringi pikiran yang nggak sembarang, sebagai seorang teknisi mesin butuh pemahaman fisika yang luar biasa. Banyak yang kerja di perusahaan ternama, tapi nggak sedikit pula yang mengabdi demi masyarakat dan negara. Contohnya, memakmurkan para UKM dengan menciptakan mesin diesel, dijual sendiri, dan dipasarkan sendiri.

3. Ilmu Komunikasi

Meliput wawancara entah di mana lupa via http://www.buzzohero.com

Advertisement

Cocok buat yang suka dengan komunikasi antarmanusia. Nggak melulu soal mereka yang pandai bicara, tetapi yang bisa mengomunikasikan pesan dengan cermat dan akurat. Jadi, para pendiam juga bisa tuh masuk jurusan ilmu komunikasi. Prospeknya juga menjanjikan, bisa kerja di broadcaster ternama nasional. Atau, juga bisa jadi buzzer atau influencer yang gajinya juga tak kalah gahar.

4. Teknik Informatika

Pesaingnya sistem informasi dan jual aplikasi! via http://wmotion.co.id

Ini juga nggak kalah menterengnya. Memasuki dunia digital, apalagi diisi oleh generasi millenial, masuk di jurusan teknik informatika jadi peluang yang tak bisa ditolak. Apalagi, makin ke sini makin banyak lowongan dan beragam profesi. Bukan hanya soal programmer web, tapi juga bisa bikin aplikasi sebagai solusi pemecah masalah banyak orang.

5. Sistem Informasi

Kreatif, jago menganalisis, ngoding? Jago banget! via http://drivenime.com

Nah, buat kamu yang sangat menyukai dunia gadget dan segala teknologi, web, aplikasi web & android, ios (ngoding), jurusan sistem informasi ini cocok sekali buat kamu. Kurikulum yang diajarin sangat banyak ya, misalnya aja ya dasar ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam sebuah organisasi dan perusahaan, menganalisis sistem dan beuh masih banyak lagi dah. Ya pada dasarnya dan intinya sih bikin kamu lebih jadi kreatif, mandiri, dan menjadi inovator, animator, dan lain-lain. Minat? Saya aja kuliah ngambil sistem informasi, padahal SMK-nya otomotif hahaha #malahcurhat.

6. Teknik Pertambangan

Cowok dan cewek cocok kok! Gajinye wow banget! via http://www.rancahpost.co.id

Teknik Pertambangan contohnya adalah insinyur yang mengeksplorasi batubara dan berlian, mereka mencari tahu cara terbaik untuk mengambilnya dari bumi. Mereka juga belajar bagaimana untuk mencari mineral dan merancang serta mengembangkan tambang. Perusahaan yang bisa jadi tempat kamu bekerja ya contohnya: Antam, Freeport, Newmont, dan lain-lain yang sejenisnya ya.

7. Teknik Metalurgi

Suka ngeri liat kerjanya tapi gajinya gahar! via http://batik-s128.com

Mungkin masih jarang yang mengetahui tentang metalurgi. Metalurgi belajar bagaimana merangcang logam, mempelajari sifat logam, dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur. Insinyur metalurgi sering bekerja sama dengan insinyur pertambangan dalam proses ekstraksi bijih logam setelah ditambang. Contoh perusahaan misalnya, Krakatau Steel atau perusahaan smelter lainnya.

8. Teknik Perkapalan

Soal design kapal mah ngelotok! via http://shoutidea.com

Teknik perkapalan ini kerjaannya keseringan sih design kapal. Mulai dari kapal yang kecil, misalnya kapal patroli sampai yang gede kayak kapal tanker, bisa juga untuk mendesign kapal perang. Kalau untuk tempat bekerjanya bisa di PT. PAL atau di galangan lain milik swasta.

9. Teknik Elektro

Hati-hati ntar kesetrum lagi! Jago servis alat elektronik via http://www.lifeascory.com

Teknik Elektro ini ada arus kuat ada arus lemah. Kalau arus kuat kamu bisa bekerja di pembangkit listrik dan sebagainya, sedangkan arus lemah agan bakalan membuat produk-produk elektronika yang sekarang ini prospeknya lagi berkembang pesat di Indonesia. Tempat bekerjanya bisa di PLN, Samsung, Toshiba, dan lain-lain bahkan bisa juga ke perusahaan minyak.

10. Teknik Kimia

Kamu pasti nggak menyangka ya kan? via http://www.suika-lovers.com

Teknik Kimia mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik.

11. Teknik Penerbangan

Otaknya encer banget soal mesin pesawat via http://takaitu.com

Teknik Penerbangan mempelajari segala sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau di luar angkasa. Contohnya adalah aerodinamika, struktur, rancangan pesawat, teknik material, interaksi manusia dan mesin, teknik kendali terbang, aeroelastisitas, teknik propulsi, dan lain-lain. Selain itu, otaknya pasti paling encer banget soal mesin pesawat!

12. Ilmu Komputer

Jago ngoprek laptop, netbook, komputer PC, CPU, dll via http://www.pesandunia.com

Ilmu Komputer atau biasa disebut juga Computer Science. Ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras atau hardware.

13. Ilmu Farmasi

Katanya sih yang ccwek tuh imut-imut gitu via http://www.coklat.my.id

Dalam ilmu farmasi akan dipelajari berbagai bahan untuk membuat obat. Selain itu, farmasi dapat juga bekerja di pabrik maupun apotek, sehingga mempunyai range yang luas. Prospek kerjanya bisa di perusahaan Kimia Farma, Bio Farma, dan lain-lain.

14. Teknik Perminyakan

Pinter, cerdas, gaji gede, wow! via http://ublik.id

Teknik Perminyakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi, dan pengolahannya. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan teknik pertambangan. Teknik perminyakan juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan Rig di lepas pantai yang sering digunakan dalam eksplorasi minyak lepas pantai dan juga teknologi pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.