Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan yang langgeng bahkan sampai pernikahan, tapi terkadang menyatukan dua isi kepala adalah hal yang sulit bahkan mustahil karena ego dan emosi masing-masing. Itulah kenapa kalian harus selalu bisa bekerjasama, toleransi, berani mengakui kesalahan dan meminta maaf. Dengan begitu, konflik sebesar apapun pasti bisa kalian lewati.

Semakin banyak konflik yang bisa kalian lewati bersama, semakin kuat hubungan kalian ke depannya. Itupun kalau kalian selalu bisa mengambil pelajaran dari setiap konflik yang kalian alami. Tapi kalau kalian tidak bisa mengambil pelajaran dari konflik yang pernah terjadi, kalian tidak akan pernah bisa memperbaiki kesalahan yang sudah pernah kalian lakukan. Dan yang terjadi, kalian akan menghadapi konflik yang sama berulang dan itu yang membuat kalian jenuh dan ingin bubar jalan saja.

Tapi kalau kalian memang masih sayang, berpisah adalah keputusan terberat yang akan kalian hindari. Kalian akan lebih memilih untuk bertahan dan bersama-sama untuk memperbaiki kesalahan kalian untuk mempertahankan hubungan kalian. Bersama-sama artinya kerjasama di antara kalian berdua untuk mempertahankan hubungan. Bukannya hanya kamu saja yang mengusahakannya.

Kalian bisa lakukan 5 cara ini untuk mempertahankan hubungan kalian yang sudah ada diambang kehancuran:

1. Buat daftar kesalahan yang kalian lakukan dan cari solusi untuk memperbaikinya

close-up-of-couple-holding-hands via https://www.pexels.com


Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan dan memperbaiki hubungan kalian adalah dengan membuat daftar kesalahan pasangan kalian. Daftar kesalahan inilah yang bisa kamu jadikan evaluasi apakah kalian masih bisa mempertahankan hubungan kalian atau tidak ke depannya.


Pastikan kamu juga bisa membedakan mana kesalahan yang bisa kamu maafkan dan perbaiki dan mana kesalahan yang tidak bisa kamu toleransi dan maafkan. Kesalahan yang tidak bisa kamu toleransi, misalnya jika pasangan mulai melakukan kekerasan baik itu fisik maupun emosi padamu, selingkuh dan mengkhianatimu, mengekang dan melarangmu untuk melakukan apa yang kamu suka dan lain-lain.

2. Buat aturan baru dalam hubungan kalian

adults-bench-blur-business via https://www.pexels.com


Kenapa hubungan kalian bisa di ambang kehancuran? Karena kalian belum memahami dan menerima kekurangan pasangan kalian. Hal itulah yang terkadang memicu konflik dan pertengkaran besar. Itulah kenapa kalian harus bisa membuat aturan baru untuk memperbaiki hubungan kalian. Buat aturan khusus agar kalian bisa saling memahami dan menerima kekurangan masing-masing.


Misalnya saja kalau sekarang pasangan sering meluapkan emosinya dengan marah-marah dan membentakmu, sekarang buat aturan untuk memberi waktu sendiri pada pasangan saat kalian sedang emosi. Aturan lainnya kalau kamu merasa keberatan dengan biaya kencan karena kamu terus yang mentraktirnya, buat aturan baru dengan porsi bayar 60:40 untuk kamu dan pasangan. Lalu, kalau kalian memang punya niat melanjutkan hubungan serius sampai pernikahan, kalian bisa merencanakan tabungan untuk masa depan kalian. Dan masih banyak lagi aturan baru yang bisa kalian buat ulang.


Buat aturan baru dari kesepakatan kalian berdua. Karena kalian berdualah yang terlibat dalam hubungan, bukan hanya kamu saja. Jadi, buat aturan yang sama-sama menguntungkan kalian berdua, jangan hanya menguntungkan salah satu pihak.


3. Diskusikan konsekuensi jika kalian melanggar aturan yang baru

adult-beverage-black-coffee-breakfast via https://www.pexels.com

Setelah kalian sepakat untuk membuat aturan yang baru agar hubungan kalian menjadi lebih baik lagi, sekarang diskusikan jika salah satu dari kalian melanggar aturan yang telah kalian buat, apa hukuman yang harus kalian dapat. Tidak perlu hukuman yang sulit-sulit, kalian bisa membuat hukuman untuk mentraktir pasangan kalian atau membayar kencan.

Dengan membuat hukuman, kalian jadi punya kontrol agar hubungan tetap berjalan stabil. Kalian jadi punya rambu-rambu agar kalian tidak mengulangi kesalahan yang sama dengan aturan yang baru dan pastinya konsekuensi hukuman jika kalian melanggar aturan. Tapi, pastikan kalian harus saling mendukung dalam memperbaiki dan mempertahankan hubungan kalian ini.

4. Maafkan dan lupakan kesalahan pasangan yang lalu

2-person-holding-hands-besides-blue-painted-wall via https://www.pexels.com


Kalau kalian sudah membuat aturan dan kesepakatan baru dalam hubungan kalian yang baru nantinya, kalian juga harus bisa memaafkan dan melupakan kesalahan pasangan yang lalu yang membuat konflik dalam hubungan kalian selama ini.


Bukankah kalian sudah sepakat untuk mempertahankan dan memulai hubungan baru? Jadi, kenapa harus mengungkit-ungkit dan mengingat-ingat kesalahan kalian masing-masing? Justru ada baiknya kalian membuat kesepakatan untuk memperbaiki kesalahan kalian dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama ke depannya. Buat janji pada pasangan kalian, kalian tidak akan lagi melakukan kesalahan yang sama dan buat konsekuensi apabila salah satu dari kalian melanggarnya.

5. Buat kesepakatan untuk memulai komitmen baru

man-and-woman-couple-wearing-their-silver-couple-bond-ring via https://www.pexels.com

Setelah semua aturan dan konsekuensi yang kalian buat bersama untuk memulai komitmen baru, kalian juga masih harus terus menjaga dan mempertahankan komitmen baru kalian ini dengan menjaga kerjasama, komunikasi, komitmen, kepercayaan dan keintiman dalam hubungan kalian.

Mulai komitmen baru dengan melupakan semua kesalahan dan kekurangan kalian di masa lalu dan bersama-sama untuk saling melakukan dan memberi usaha terbaik kalian untuk mempertahankan dan menjaga hubungan kalian. Jangan sampai kalian terjebak dalam konflik dan kesalahan yang sama di komitmen baru kalian ini dengan mematuhi aturan baru yang sudah kalian buat bersama.

Setelah kamu memperbaiki hubungan dengan ke-5 cara tersebut, bukan berarti kamu sudah berada di zona aman dalam hubunganmu. Kalian tetap harus terus melakukan evaluasi diri dan perbaikan diri. Selalu usahakan untuk terus menjaga toleransi, kerjasama dan komunikasi diantara kalian untuk meredakan konflik.

Kalian juga harus bisa saling meluangkan waktu untuk memperbaiki dan membuat aturan baru dalam hubungan kalian. Karena aturan yang kamu buat sekarang belum tentu cocok untuk 3 atau 5 tahun ke depan.


Usaha apapun yang kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan kalian akan sia-sia saja tanpa dukungan dari pasanganmu. Jadi kalian harus terus bekerjasama untuk mempertahankan hubungan kalian. Pasangan yang sama-sama dewasa tahu porsi dan perannya masing-masing dalam hubungan.


Tujuan kalian menjalin hubungan juga untuk saling membahagiakan. Jadi jangan sampai hanya kamu terus yang berusaha membahagiakannya tanpa usaha dari dia melakukan hal yang sama denganmu. Jangan sampai hanya kamu yang terus berinvestasi untuk wanita, tapi kamu juga harus bisa membuat wanita berinvestasi pada hidupmu juga.