Dunia kerja sudah dipastikan membuat hidup kita menjadi sibuk dan penuh dengan tanggung jawab. Rutinitas yang sama setiap harinya kadang membuat kita bosan. Melakukan hal yang sama, ditempat yang sama dan bertemu dengan orang yang sama setiap hari. Jenuh pasti. Alhasil, kerja pun malas-malasan. Libur kerja hanya sabtu dan minggu. Itupun hanya sempat ke mall dan nongkrong di cafe saja. Tidak ada variasi sama sekali. Pada akhirnya, kita jadi gampang capek, bosan dan stress memikirkan pekerjaan saja. Hasil kerja pun jauh dari kata maksimal.

Dalam kesibukan kerja sebaiknya kita isi dengan hal yang menyegarkan, menenangkan hati dan pikiran. Salah satunya: traveling, jalan-jalan ketempat yang belum pernah dituju, bertemu dengan orang baru, mengenal budaya baru dan mencicipi makanan khas daerah tersebut. Kita bisa travelling sendiri atau dengan teman kantor. Kita bisa backpacking atau ikut agen tour travel. Sesuai dengan minat dan kenyamanan kita.

 

Pertanyaan nya, apakah bisa traveling disaat sibuk bekerja? Cuti kan masih lama. Trus kapan jalan-jalan nya. Jawabanya, tentu saja bisa.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan agar bisa seimbang antara pekerjaan dan hobi travelling :

 

1. Bekerja sebaik mungkin

Karyawan terbaik via https://www.google.co.id

Tunjukan bahwa kamu adalah karyawan yang baik, taat peraturan, aktif dan disiplin. Dengan begitu apapun permintaan mu, atasan tidak akan mempersulit nya. Kamu bisa merencanakan jadwal cuti kapan saja.

2. Manfaatkan waktu

Manfaatkan waktu libur sebaik mungkin. Tidak hanya memerlukan waktu satu minggu untuk jalan jalan, tapi libur sabtu dan minggu pun juga bisa dimanfaatkan. Banyak kok paket tour yang menawarkan 2D1N. Berangkat sabtu pagi, minggu sore pulang. Contohnya kepantai. Cari destinasi pantai terdekat. Setidaknya kamu bisa menikmati indahnya alam dan bisa melupakan sejenak kesibukan dikantor.

3. Harus punya skill time management dan well prepared.

Time management via https://www.google.co.id

Advertisement

Istilah ini juga cocok bagi kamu yang suka traveling meskipun sibuk bekerja. Kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum jalan-jalan. Cuci baju dan sepatu, beberes rumah dan keperluan kantor contohnya. Hal ini harus kamu lakukan sebelum traveling. Agar kamu tidak kelabakan saat pulang dari traveling.

4. Jaga kesehatan, itu penting!

Kesibukan dikantor sudah membuat mu capek, bagaimana bisa jalan-jalan? Untuk itu kamu harus bisa jaga kesehatan. Pola makan yang baik, istirahat yang cukup setiap hari dan rajin olahraga.

5. Financial management.

Ini juga penting banget. Kamu harus bisa memilah mana primer mana skunder. Jadi, sebaiknya kamu bisa buat list untuk keperluan dalam satu bulan. Agar kamu bisa tahu berapa budget untuk biaya hidup selama satu bulan, biaya kontrakan, cicilan, beli buku, sepatu atau baju, dan pastinya berapa biaya untuk jalan-jalan. Agar kamu tidak kere di akhir bulan.