Dalam banyak aspek kehidupan para kaum yang belum memiliki pasangan, baik itu pasangan resmi maupun pasangan teman bermain lawan jenis atau biasa disebut jomblo, acap kali mendapatkan perlakuan baik yang kurang mengenakkan. Atau bisa saya kategorikan sebagai sebuah Bullying. Oleh karena itu, banyak dari para mereka (jomblo) menjadi minder, kurang percaya diri, anti sosial, terperosok dalam hal-hal negatif, dan sebagainya.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah maupun kesalahan pribadi tersebut. Namun dikarenakan lebih kepada faktor eksternal itu tadi, terutama bullying, yang parahnya kadang datang dari saudara, maupun teman sendiri yang berimbas bisa mempengaruhi fisik dan mental korban. OK, guys! Gak usah khawatir! Ada beberapa hal yang akan saya share untuk kalian, untuk memotivasi dan mungkin juga inspirasi untuk kalian.

 

1. Membahagiakan orang tua.

Bahagiain ortu

Bahagiain ortu via https://www.pinterest.com

Yap! Kalian tidak salah baca. Yang pertama ialah membahagiakan orang tua. Daripada mengurusi cemoohan orang, lebih baik fokus untuk bisa membahagiakan orang tua. Nggak sulit, kok sebenarnya. Bagi kalian yang masih sekolah maupun kuliah ialah dengan menunjukkan prestasi kalian. Tidak usah terlalu ngoyo dan santai saja. Asal serius itu saja orang tua pasti juga sudah seneng. 

Toh pada tataran umur segitu, ya baru itu yang dapat kita berikan untuk membahagiakan orang tua. Kalau kalian sudah kerja, ya setidak-tidaknya memberikan apa kesukaan orang tua. Walaupun itu hanya sekedar makanan atau hal-hal yang sebenarnya sepele namun disukai orang tua, lebih berharga ketimbang mengupayakan sesuatu yang besar namun bagi diri kalian sulit/lama mendapatkannya.

Dengan memotivasi diri seperti tersebut, setidaknya bisa mereduksi kegalauan para jones. Secara tidak langsung, kamu membuktikan bahwa ketika kelak kamu memiliki pasangan dan berkeluarga, kamu menghargai anggota keluarga dan sayang kepada mereka semua. Poin pentingnya ialah akan ada lebih banyak orang yang menghormatimu sebagai jomblo yang berpredikat baik kepada orang tua, daripada hanya segelintir orang yang mem-bully kamu sebagai jones.

2. Pengabdian sosial.

Membantu sesama

Membantu sesama via http://www.vosizneias.com

Banyak diejek? Jangan minderlah! Ibarat kata "harimau diejek karena belang, taring yang akan berbicara". Saya yakin setiap dari kita memiliki sisi humanis serta moralitas yang tinggi. Apalagi kita adalah keturunan Indonesia. Ketika banyak dari kita yang mendapat bullying jangan dihiraukan. Tapi tunjukkan bahwa kita bisa lebih berharga di dalam lingkup masyarakat dan lebih baik daripada orang yang mem-bully kita.

Mulai dari hal yang mudah saja. Contohnya ramah kepada tetangga, peka terhadap permasalahan sosial, serta tahu bagaimana mensikapinya. Kemudian kalau kita masih sanggup, kita bisa menjadi panitia maupun pengurus daripada lingkup masyarakat kita tersebut, dan sebagainya. Dan lagi-lagi, kita akan lebih memiliki predikat positif katimbang bullying yang dilontarkan kepada kita.

Dengan kata lain, kita membuktikan eksistensi kita dan bagaimana berharganya kita di tengah masyarakat.

3. Meningkatkan kualitas dan atau kuantitas ibadah.

Muslim Pride

Muslim Pride via https://www.facebook.com

Sebagai orang yang beriman, tentunya permaslahan hidup (jomblo) bukan semata mata karena faktor internal dari diri kita. Namun juga tersirat Kuasa Tuhan. Mungkin Tuhan memiliki rencana yang indah di balik setiap perkara, yang mungkin bagi kita kita anggap sebuah masalah. Tidak usah berburuk sangka kepada Tuhan ya, guys! Karena itu semua adalah sebuah kekeliruan besar.

Gak usah ngeluh aku ini jelek, lah! Aku ini gendut. Aku ini kurang cerdas, lah! Ujung-ujungnya, kita menyalahkan apa yang menjadi pemberian Tuhan kepada kita. Tuhan sudah memproporsikan kita sebagaimana mestinya. Baik atau buruk, gemuk atau tidak, pintar atau kurang pintar ialah hanya masalah pembanding saja.

Saya yakin dengan kalian menyadari itu semua dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, kalian akan diberikan pencerahan untuk bagaimana harus bersikap dan menghilangkan segala kegelisahan. Karena Tuhan adalah sebenar-benarnya tempat untuk curhat dan mengadu segala permasalahan.

4. Belajar untuk berbisnis.

Bisnis dengan internet

Bisnis dengan internet via https://www.pinterest.com

Ngapain cape-cape nguras tenaga meratapi nasib sama cemoohan sebagian orang? Wake up, guys! Kalian bisa belajar berbisnis dari usia dini, loh sekarang! Kalian tahu dengan datangnya era internet global ini, secara tidak langsung membuka sebuah peluang usaha besar bagi mereka yang mampu memanfaatkan momentum tersebut.

Jaman sekarang, anak SMP saja sudah bisa internet, punya Facebook, Twitter, Path, dan YouTube. Kenapa nggak dimanfaatkan buat bisnis yang halal? Dengan adanya media tersebut, kita dapat mempromosikan keahlian maupun produk kita loh! Hebatnya lagi, kalian bisa dapat uang tambahan untuk keperluan kalian. Ketika kalian bisa meraih itu semua, saya yakin orang-orang yang mengejek kamu pasti bakalan minder balik. 

Kalian akan memiliki pride guys kalau kalian bisa menghasilkan uang sendiri tanpa bantuan orang tua! Secara tidak langsung, hal itu membuktikan bahwa kamu memiliki level kemandirian serta kompetensi lebih, kelak ketika kamu berumah tangga.

5. Menekuni hobi .

Hobi koleksi Gundam

Hobi koleksi Gundam via https://www.pinterest.com

Kalau saya bilang, hobi itu bisa menjadi pelampiasan seorang jomblo loh! Mungkin sekarang yang lagi trend di Indonesia ialah "Trend Batu" walaupun saya nggak ikut-ikutan. Namun saya juga mencoba sedikit kekinian. Kalaupun kita nggak bisa mengusap rambut pasangan, setidaknya kita bisa mengusap batu cincin sampai kinclong (just kidding).

Secara emosional, menekuni hobi bisa membelokkan pikiran negatif kita sehingga psikis kita tidak akan terus tertekan. Kita akan menjadi lebih rileks. Selain itu, keuntungan menekuni hobi ialah barang yang menjadi hobi tersebut bisa juga kita banggakan loh! Benar nggak, sih?