Kutipan dari Bahasa Latin tersebut pasti ga asing di telinga para pembaca. Mens Sana In Corpore Sano: Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat; atau dalam Bahasa Inggris berarti "a healthy mind in a healthy body". Sejak kita masih di sekolah dasarpun, istilah Latin tersebut sudah fasih kita dilontarkan.

Tapi, berapa banyak dari kita yang bisa menerapkan Mens Sana In Corpore Sano dalam kehidupan sehari-hari? Menjaga kesehatan raga sekaligus menjaga kesehatan jiwa itu penting hukumnya bagi tiap individu. Banyak orang terlalu malas untuk sekadar menjaga kesehatan tubuh, padahal menjaga tubuh sangat mempengaruhi kesehatan jiwa dan begitu sebaliknya. Maka dari itu, penulis pengen share beberapa aksi sederhana yang sebenernya bisa kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan jiwa raga. Sulitkah? Nope!

 

1. Minum Banyak Air Putih

Banyak orang meremehkan pentingnya minum air putih. Padahal, minum air putih banyak banget manfaatnya. Minum air putih selain menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dapat juga menjauhkan kita dari berbagai penyakit berbahaya. Tak hanya itu, manfaat minum air putih lainnya antara lain meningkatkan energi, menjaga kesehatan kulit, dan juga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan banyak-banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut riset, anjuran minum air putih yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari. Namun, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Jika kegiatan fisiknya menguras banyak energi, minum air putih lebih dari 8 gelas juga tak masalah. 

2. Olahraga

Hayooo, kalian sering olahraga gak nih? Olahraga yang sering kalian lakukan apa?

Olahraga itu penting loh buat menjaga kesehatan tubuh. Jika kamu termasuk orang yang superduper sibuk, ga ada salahnya buat meluangkan sedikit waktu untuk olahraga. Buat yang suka olahraga, atau minimal punya salah satu hobi di bidang olahraga entah itu renang, badminton, lari, dan lain sebagainya, usahakan luangkan waktu untuk berolahraga yang rutin bagi kalian, meskipun hanya sekali dalam seminggu. Nah, buat yang ga suka olahraga kaya gitu, gimana dong? Tenang, ga harus olahraga seperti renang, sepakbola, futsal, lari, badminton, dan lain sebagainya kok kalo emang ga sempet atau ga suka. Penulis juga bukan orang yang suka olahraga. Tips buat kalian yang ga begitu suka olahraga, coba deh luangkan waktu minimal 15 menit sehari entah pagi atau sore untuk melakukan senam. Ga repot kok. Kalian cukup pilih 3 jenis lagu yang kalian kalian suka. Nah, masing-masing lagu itu berfungsi sebagai pengiring tahap-tahap senam kalian: pemanasan, inti, dan pendinginan. Kalau penulis pribadi biasanya untuk pemanasan sama pendinginan lebih suka pake lagu yang agak slow dan calm, sedangkan buat inti sering pake lagu yang lebih beat. Soal gerakan? Spontanitas aja yang penting ga menyulitkan kalian. Kalian bakal membuktikan sendiri kalo olahraga jadi kerasa lebih enteng. Selamat mencoba ya!

3. Makan Sayur dan Buah

Ga perlu diragukan lagi, manfaat mengonsumsi buah dan sayur itu banyak banget. Kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur sangat bermanfaat bagi tubuh kita seperti vitamin, mineral, serat, dan lain sebagainya. Manfaat buah dan sayur bagi tubuh antara lain menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, konsumsilah banyak buah dan sayur agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kurang-kurangi makanan yang kurang bergizi lainnya seperti junk food ataupun mie instan. Ingat, dengan mengonsumsi buah dan sayur di usia muda, secara tidak langsung kita mengurangi penyakit berbahaya di usia tua nanti.

4. Less Worrying, Less Complaining

Enjoy life. All that we have is the present moment. Yesterday is a history, today is a gift, and tomorrow is a mystery.

Menjaga kesehatan tubuh juga harus diimbangi dengan menjaga kesehatan jiwa. Salah satu menjaga kesehatan jiwa adalah dengan berlatih mengatur emosi dalam menjalankan rutinitas.

Banyak-banyaklah bersyukur dan jangan sering cemas dan mengeluh. Ambil pelajaran dari masa lalu (jangan terlalu lama stuck di masa lalu ya cieee) , belajar dari kesalahan, dan teruslah berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi.

5. Menebar Kebaikan

Be kind. Spread kindness everytime and everywhere.

Kita selalu punya sejuta cara untuk menebar kebaikan. Entah itu kebaikan kepada sesama manusia ataupun kepada makhluk hidup lainnya. Bergabung dengan komunitas sosial, menolong orangtua menyeberang jalan, dan membeli koran dari seorang penjaja koran adalah beberapa contoh kecil kebaikan yang bisa kita lakukan kepada sesama manusia. Tidak merusak tanaman dan tidak menyakiti hewan adalah contoh dari menebar kebaikan kepada sesama makhluk hidup. Ingat, kita selalu punya banyak cara untuk menebar kebaikan. Dengan menebar kebaikan, secara tidak langsung kita menjaga kesehatan jiwa kita, karena dengan menebar kebaikanlah kita dihindarkan dari perasaan dan pikiran negatif, yang secara tidak langsung juga mempengaruhi jiwa kita.