Geliat musik hip hop kembali terasa bersamaan dengan munculnya rapper muda Indonesia yang mencuri perhatian belakangan ini lewat video klip yang viral di internet. Dia adalah Samuel Alexander Pieter yang lebih akrab dikenal Young Lex, menggebrak publik lewat tersebarnya video YouTube "Ganteng Ganteng Swag". Berkat kegigihannya berkiprah di dunia hip hop dari tahun 2011 mengantarkannya masuk major label Trinity Optima Production. Seolah mendapat energi baru, Young Lex kembali mengeluarkan video klip “BAD” Young Lex ft. Awkarin yang tak kalah mengguncang penikmat musik hip hop di tanah air.

Berkat kolaborasinya bersama Awkarin, video klip “BAD” menuai 1,5 juta viewer hanya dalam jangka dua hari sejak penayangannya pada 19 September lalu. Tentu saja, perhatian publik mengarah pada sosok Awkarin—selebgram yang fenomenal. Kolaborasi tersebut tak mengherankan mengingat Awkarin  di bawah Takis Entertainment manajemen bersama Young Lex sendiri. Dia berambisi mengibarkan bendera YOGS di setiap konser musik. Untuk mendorong impiannya jadi kenyataan, dia berencana mengeluarkan album dan buku berjudul “HIP HOPE” yang tanggal rilisnya masih dirahasiakan.

Apakah BAD dalam judul lagunya sesuai dengan komentar-komentar negatif yang didapatkannya. Daripada bingung dan pusing membaca komentar panjang di Youtube, mari kita bedah lirik video klip “BAD” Young Lex ft. Awkarin yang ternyata sarat muatan pesan maupun pelajaran. Siapa tahu bisa kamu ambil hikmahnya. Buat kamu yang nggak suka jangan diambil hati ya!

1. Keep Fighting (Mandiri dan Usaha)

tetep berkarya via https://www.youtube.com

Mereka bilang diriku tak berguna
Tapi sejak remaja
Ku tak pernah meminta

Biaya untuk bergaya
Bukan duit dari orang tua
Lulus sekolah tak mau manja
Ku kerja tuk biaya kuliah

Hayo ngaku kalo kamu selama ini belum ngapa-ngapain! Ke mana aja selama ini? Nganggur dan merasa nggak berguna. Kerjaan makan-tidur ngabisin waktu nggak berkarya. Semua biaya dapat suntikan dari orang tua. Sekolah-Kuliah-Kerja tapi lamaran nggak dipanggil-panggil juga. Hey its rhyme!

Advertisement

Young Lex mengajarkan kemandirian. Rapper yang banyak digemari remaja tersebut rupanya pernah menjadi Office Boy di sebuah perusahaan swasta dan berjualan makanan. Sampai modal yang didapatkan cukup, Young Lex mulai memproduksi musik rap hingga mendirikan bisnis YOGS Clothing. Tentu saja, lirik di atas mengajak fans maupun pendengar musik pada umumnya untuk mau berjuang dan berusaha. Bahkan, Young Lex sudah bekerja di usia remaja untuk menunda kesenangannya yang bisa digadaikan dengan kesuksesannya sekarang.

Dalam lirik ini Young Lex seakan bicara kepada semua orang, bahwa tak ada batasan selama kita mandiri mau berusaha. Punya biaya bisa tetap kece dan tampil gaya!

2. Stay in Progress (Jalani Proses)

stay classy via https://www.youtube.com

2011 mereka bertanya
Nanti besar elo itu mau jadi apa

Mereka mengejek,
Mereka mencela
Ini anak nakal
Masa depan nggak ada
Memang sekarang aku tak bekerja
Bisnisku lebih dari mereka

Tong kosong memang nyaring bunyinya. Semakin dipukul semakin nyaring terdengar. Nah, kamu mau jadi bagian yang nyaring karena kosong atau diam-diam tapi pasti karena berisi. Yap, pada tahun 2011 Young Lex memutuskan untuk berkarir di dunia Hip Hop. Hanya bermodalkan kesungguhan hati dan harapan (HOPE) kala itu Young Lex memproduksi sendiri lagunya. Hinaan, cacian, makian, dan celaan dicap sebagai anak nakal kerap diterimanya. Dianggap tidak bermasa depan sudah biasa. Tapi, Young Lex sendiri membuktikan.

Lagu ini tentu saja cerminan dirinya yang mengatakan ada proses untuk mencapai tujuan dalam hidup. Kamu sudah tentukan tujuan hidupmu sendiri? Ayo tentukan dari sekarang!

3. Don’t Judge Book by Its Cover (Jangan Tertipu)

Jangan tertipu via https://www.youtube.com

Yes
Memang gue anak nakal
Seringkali ngomong kasar
Tapi masih batas wajar

Lo semua lah yang paling benar
Lo semua nilai kita dari luar
Tatoan tapi tak pakai narkoba
Jangan nilai kami dari covernya

Seringkali anggapan negatif dan kesan buruk jadi kesimpulan karena melihat dari permukaan saja. Yap, jangan menilai sesuatu dari kemasannya. Tidak rupawan, hartawan, dan dermawan bisa jadi label bagi dirinya. Tapi, siapa di balik dirinya yang adanya meski menerima dianggap nakal, Young Lex tetap saja berkarya. Sekuat apa pun kamu memberikan penilaian buruk terhadapnya, Young Lex tetap bangkit dan berusaha. Ya, di luar kayak preman tapi di dalam tukang bangunan. Malu sama harga diri nggak meminta tapi nguli alias bekerja keras. Keras banget kaya baja.

Jadi, kamu cuma mau jadi juri terus untuk menilai seseorang? Hmmm… kayaknya mending habiskan waktumu untuk jadi pemenang. Siapkan diri menjemput impian.

4. Bad Boy VS Bad Girl (Jangan Nakal)

Jangan ditiru via https://www.youtube.com

I'm bad girl
Bila kau tak pernah buat dosa
Silahkan hina ku sepuasnya
Kalian semua suci aku penuh dosa

I'm bad boy
Kau benci ku yang apa adanya
Dan silahkan sukai mereka
Yang berlaga baik didepan kamera

Ada baik tentu saja ada buruk. Ada ubi pasti ada talas. Ini mau ngerujak ya? Acapkali kita sering mengkategorikan seseorang menjadi baik dan buruk. Tapi apakah yang baik benar-benar baik? Atau yang buruk sebenarnya belum tentu buruk?

Nah, mari kita telaah lebih jauh. Sebaik-baiknya orang pasti dong pernah punya salah maupun dosa. Namanya juga manusia, bukan malaikat bersayap. Wajar dong melakukan kesalahan. Apa karena seseorang buruk harus dijauhi dan dihina sedemikian rupa?

Agaknya, Young Lex secara jujur mengungkapkan diri. Dan jelas-jelas dia tidak menghakimi siapa pun. Karena Young Lex mempersilakan orang untuk memilih. Suka atau benci adalah pilihan. Tapi, masa sih kamu mau membenci hanya karena kamu tak suka? Masa sih kamu mau terus menghina hanya karena menganggap orang lain pendosa? Ambil yang baik tinggalkan yang buruk! Jangan-jangan kamu malaikat ya.

5. Be Original! (Jadi Diri Sendiri)

Penampilan Young Lex via https://www.youtube.com

Mereka bilang aku penuh drama
Tak punya bakat aku vlogger biasa
Gak niat tuk kenal iseng aja
Tapi fenomenal kini ku mulai berkarya
Namun kuraih yang sebaliknya
Gue matre yang bayarin dia
Padahal bukan itu faktanya
Dasar lo banci potong aja itunya

Gue cuma pengen tetep jadi apa adanya
Daripada disukai tapi munafik aslinya

Gimana masih mau lanjut?! Berikutnya tentu menjadi diri sendiri. Kamu tidak bisa memaksa orang lain untuk suka kan? Makanya pilihan selain diterima ketika menembak gebetan adalah ditolak. Jadi, dirilah sendiri. Penolakan dan ungkapan pedas pasti jadi biasa. Komentar orang lain, saran dan kritik bisa jadi masukan yang berarti. Tetap penting untuk memegang kendali dan mempertimbangkan mau jadi apa dirimu nanti. Jangan menggantungkan kebahagiaan dirimu dengan pilihan dan komentar orang lain.

Meski sering kali mendapat komentar buruk, Young Lex maupun Awkarin akan tetap berkarya. Suka nggak suka adalah pilihan. Apakah kamu masih bingung mempertimbangkan yang mana? Sebaiknya gunakan waktumu untuk berpkir jadi diri sendiri dan memutuskan berkarya apa? Selamat mencoba!

Apakah kemunculan Awkarin di video klip “BAD” ft Young Lex menjadi pertanda bahwa dia juga akan terjun di musik Hip Hop?! Kita nantikan kejutan selanjutnya!