Kalau kamu anak sumba yang sekarang berada di luar pulau sumba, entah untuk bekerja atau kuliah, pertanyaan ini pasti akan selalu muncul dan kadang-kadang membuat kamu jengkel. mari kita simak pertanyaan-pertanyaan berikut

 

1. Sumba itu sumbawa ya?

letak pulau sumba dan sumbawa

letak pulau sumba dan sumbawa via http://www.kompasiana.com

 

Pertanyaan ini tidak asing lagi, buat kamu yang pernah hidup di luar sumba atau mungkin juga pertanyaan ini muncul setiap hari?

hallo orang-orang yang mengatakan bahwa sumba itu sumbawa, pada belajar peta tidak? SD kemana saja, atau jangan-jangan tidak pernah belajar pelajaran kewarganegaraan.  jelas-jelas sumba itu berada di provinsi NTT dan sumbawa itu di provinsi NTB. provinsinya ajha sudah beda mana mungkin pulaunya sama.

Sumba bukanlah Sumbawa

2. Sumba itu jauh sekali ya?

jarak pulau sumba dari bali

jarak pulau sumba dari bali via http://geoenviron.blogspot.co.id

Sumba itu tidak jauh-jauh amat, kalau dengan pesawat mungkin hanya 2-3 jam dari pulau jawa, kalau dari bali ya cuma 1 jam 45 menit. yang pantas kalian bilang jauh itu ambon, papua karena memang daerahnya jauh. dengan pesawatpun rata-rata waktu yang di perlukan 5-8 jam. sekarang udah tahu kan bahwa sumba itu tidak jauh

3. Kalian orang sumba ?? Pasti kasar, suka mabok dan lain-lain

pawai psbii uksw 2014 perwasus

pawai psbii uksw 2014 perwasus via https://www.facebook.com

Memang kami anak sumba suka minum tapi itu adalah salah satu cara menyatukan kami di tanah orang , memang cara bicara kami kasar karena kami di bentuk di lingkungan yang keras, tetapi tidak semua kami begitu kami masih tahu batas2 kewajaran ketika kami bergabung didalam suatu masyarakt tempat kami tinggal.

4. Di sumba banyak kuda ya

orang menggunakan kuda sebagai alat transportasi

orang menggunakan kuda sebagai alat transportasi via http://id.indonesia.travel

Memang di sumba terkenal dengan kuda yang banyak, tetapi sekarang jumlahnya sudah berkurang karena di ekspor keluar negeri, dan sekarang orang sumba menggunakan kuda hanya sebagai alat atau barang (belis) untuk mengambil perempuan dan juga sebagai kuda pacu.

5. Memangnya di sumba ada bandara?

Pertanyaan yang satu ini kadang mengjengkelkan, hehheh masa di sumba di anggap tidak ada bandara. Di sumba itu ada 2 bandara, yaitu bandara Tambolaka dan bandara Mau Hau. Jadi kalau mau ke sumba tidak perlu repot2 lagi pikir menggunakan transportasi apa.

6. Di tempat kalian kekurangan air ya?

air weekelo sawah

air weekelo sawah via http://qkukuroba.blogspot.co.id

Mungkin foto ini menjawab pertanyaan kalian yang bilang sumba kekurangan air, memang di beberapa daerah terpencil masih kekurangan air. tetapi rata-rata masyarakat sumba sudah menikmati air bersih baik di ambil dari  mata air langsung ataupun dengan menimba dari sumur.