Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sahabat adalah kawan dekat.

Dalam perjalanan hidup kita dari kecil hingga dewasa, pastilah kita memiliki kawan dekat yang layak kita sebut sebagai sahabat. Tidak jarang, sahabat kita temukan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, yupp di SD. Meskipun ada juga yang menemukan sahabat ketika di usia dewasa. 

Dengan sahabat kita bisa berbagi banyak hal. Dari mulai kebahagiaan hingga kesedihan, dimulai dari hal-hal konyol hingga serius. Meskipun kadang-kadang sahabat sering membuat kita jengkel, nggak nyaman dan banyak hal lain yang tidak masuk akal. Begitulah persahabatan. Nah, guys.. Tentu saja bagi kita yanng sudah memiliki sahabat ingin terus menjadi sahabat yang sejati sampai kapanpun dan tidak ingin berantakan apapun yang terjadi.

Tapi bagaimana dengan teman-teman yang belum memiliki sahabat, tentu kita ingin kan memiliki sahabat yang bukan hanya ada di saat kita bahagia, tapi bisa menemani kita apapun kondisinya. Memiliki sahabat itu tidak haru satu, bisa dua, tiga atau empat. Semakin banyak tentu semakin seru! Meskipun dengan semakin banyak sahabat akan semakin banyak perbedaan pendapat, dan tentu saja kita harus semakin mampu berlapang dada, betul?

Supaya kita mampu menjadi sahabat bagi kawan kita. Yuk, simak tips berikut semoga bisa membuat kamu dan sahabatmu langgeng dan berlanjut sampai ajal yang memisahkan .. (hehe kaya suami istri aja dong yaah ..)

1. Berlaku Tulus dan Tidak Pura-Pura

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Tulus artinya kesungguhan dan kebersihan hati.

Pertanyaannya sejauh mana kita sungguh-sungguh dengan sahabat kita. Apakah niat kita benar-benar dari hati atau malah apa untung-ruginya bagiku bila berteman dengannya. Wah, kalau sudah bicara untung rugi bakalan berantakan tuh persahabatan. Nah lho, persahabatan tidak bisa dijadikan bisnis. Itu murni, dari dalam hati masing-masing pribadi jika ingin dan akan menjalin persahabatan musti dilurusin dulu niatnya. Supaya lurus juga prosesnya.

2. Menerima Kekurangan dan Kelebihannya

laskar pelangi via http://www.loop.co.id

Advertisement

Bukan hanya pacar yang bisa menerima kelebihan dan kekurangan kita ya guys, tapi sahabat juga musti begitu. Bahkan biasanya sahabat lebih mau menerima kekurangan kita. Tidak menuntut kita harus menjadi seperti apa. Namanya manusia, pasti memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, ternyata sahabatmu suka dengkur kalau tidur, ya sudah terima saja. Toh, di lain sisi pasti dia memiliki kelebihan yang membuat kamu kagum. Iya kan?

Jangan fokus pada kelemahan seseorang, tapi fokuslah pada kelebihannya.

3. Memaafkan dan Komitmen

Barangkali teman kita beberapa kali membuat kita kurang nyaman bahkan jengkel. But, sebagai teman yang baik tentu kita akan memaafkannya. Meskipun kadang kesalahan yang sama seringkali dilakukan. Berikan pernyataan dan buat ia berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahannya. Memaafkan itu hal mulia, dan muliakanlah dirimu untuk menerima maaf dari sahabat-sahabatmu.

4. Mencoba Memahami apa Maunya

Menjadi sahabat memang tidak mudah, makannya persahabatan itu sangat mahal harganya. Tidak bisa dibeli apalagi digadaikan. Mencoba memahami dan mengerti apa maunya sahabat kita terkadang membuat kita menelan pil pahit. Ya, pil pahit yang kita rasakan pahitnya di awal, namun ketika pil itu sudah masuk ke dalam perut dan kandungannya menyebar keseluruh tubuh, bukankah ya akan menyembuhkan, memberi dampak baik untuk seluruh bagian tubuh kita?

5. Buat waktu khusus untuk bersamanya

Beri waktu khusus untuk menghabiskan waktu bersama. Entah untuk ngobrol, sharing, curhat atau hangout bersama sahabat-sahabat terbaik. Meskipun dengan kesibukan masing-masing jika masih bisa berkomunikasi tentulah persahabatan kita bisa awet.

Nah, guys itulah beberapa tips bagaimana menjadi sahabat untuk temanmu. Semoga persahabatan kita seindah kupu-kupu. Meskipun, ketika menjadi kepompong merasakan banyak pahitnya, meskipun dalam proses persahabatan banyak mengalah dan sulit memahami. Tapi ia akan indah pada waktunya. Menjadi kupu-kupu terbang bersama, berwarna-warni, mempercantik alam semesta.