Ngaku deh, pasti kamu sering gagal mendapatkan hasil keren saat harus melakukan foto ID card. Mulai dari kartu pelajar, kartu mahasiswa, KTP, paspor, sampai SIM, biasanya memang susah banget mendapat hasil yang memuaskan. Apalagi, biasanya petugas yang memfoto nggak memberikan aba-aba atau kesempatan kedua. Begitu dilihat hasilnya, malah menjadi aib buat kita. Rasanya malu banget kalau sampai ketahuan teman karena bisa jadi bahan ledekan.

Nah, Hipwee punya cara, nih, supaya hasil pas foto kamu terlihat lebih fotogenik. Setelah mengikuti beberapa tips berikut, dijamin kamu bakal bangga pamer pas foto kepada siapa pun, termasuk gebetan!

 

1. Berdandanlah senatural mungkin sebelum foto supaya terlihat fresh sekaligus bisa menutupi kekurangan pada wajah

Fresh-Natural-Makeup

Fresh-Natural-Makeup via http://makeup.hcgdominicana.com

Salah satu kunci sukses tampil kece di kamera adalah dandan. Semalas apa pun kamu akan melakukan pemotretan pas foto, dandan wajib banget dilakukan. Nggak mau dong, mata kamu terlihat sayu atau jerawat besar di pipimu terlihat jelas di pas foto? Apalagi ada kantong hitam menggantung jelas di bawah mata. Makanya, penting banget tuh, menutupi kekurangan tersebut dengan make-up.

Yang penting banget diingat, jangan sampai kamu lebay pakai make-up seperti mau ke kondangan. Jangan juga pakai concealer berlebihan yang bisa bikin kulit kamu kelihatan lebih putih dari leher atau bagian wajah lainnya. Dandanlah senatural mungkin. Kalau nggak terbiasa pakai makeup, kamu bisa menonton dulu tutorial dandan “No Makeup” makeup yang banyak di YouTube. Atau, kamu juga bisa mencari inspirasi menggunakan aplikasi smartphone, seperti MakeupPlus. Kamu cukup mem-posting foto selfie, lalu pilih deh, gaya make-up yang sesuai wajahmu dan langsung contek untuk persiapan pas foto.

2. Merapikan rambut supaya nggak ada tragedi poni 'berspasi'

rambutnya lho :(

rambutnya lho :( via http://global.liputan6.com

Punya rambut berponi? Pastikan kamu merapikan dulu poni kamu. Jangan sampai saat pas foto itu sudah jadi, kondisi poni kita jarang-jarang seperti ada spasi. Kalau punya rambut panjang, jangan lupa diikat supaya hasilnya rapi saat difoto. Apalagi, umumnya foto ID card harus memperlihatkan telinga dengan jelas. Bawa cermin kecil untuk memastikan rambut kamu oke sebelum dijepret petugasnya. 

3. Pilih warna baju yang berbeda dari background supaya hasil foto kamu nggak terlihat seperti kepala melayang

Kesalahan yang sering terjadi saat membuat pas foto adalah menggunakan baju yang sama dengan warna latar foto. Akibatnya, badan kita malah terlihat menyatu dengan warna latar dan yang tampak kontras hanya kepala kita. Karena itu, penting banget untuk mengetahui terlebih dahulu warna latar foto yang akan kita pakai.

Untuk foto KTP atau SIM, tahun kelahiran kamu jadi penentu warna latar foto. Kalau kamu lahir di tahun genap, warna latar foto adalah biru. Kalau ganjil, warna yang digunakan adalah merah. Sementara untuk foto paspor, biasanya sih, latarnya berwarna putih.

Nah, kalau sudah tahu warna latar yang akan digunakan, pilih baju yang warnanya kontras sehingga kamu akan terlihat jelas di foto tersebut.

4. Duduk atau berdiri tegak dengan bahu lurus itu HARUS!

tegap dikit badannya yuk

tegap dikit badannya yuk via http://www.shutterstock.com

Nah, kalau untuk yang satu ini, kamu harus berlatih dulu di depan cermin. Coba lihat postur tubuh kamu saat duduk. Terkadang meskipun kamu merasa sudah duduk dengan tegak, hasilnya masih saja terlihat agak membungkuk atau bahu kanan dan kiri terlihat miring.

Nggak ada salahnya minta tolong teman untuk memotret kamu dalam pose pas foto. Dengan begitu, kamu bisa melihat apakah selama ini postur kamu saat duduk sudah benar atau masih tampak agak bungkuk. Kamu juga bisa sekalian mengatur arah kepala supaya nggak terlihat miring saat di foto.

Cara kita memosisikan dagu juga berpengaruh banget lho, terhadap hasil pas foto. Kalau terlalu mengangkat dagu, hidung kamu akan terlihat nggak proporsional. Bahkan, lubang hidung kamu terlihat lebih besar. Kalau terlalu menunduk, pipi kamu akan terlihat lebih bulat dan ada efek double chin. Jadi, pastikan posisi dagu kamu benar-benar pas. 

5. Tersenyumlah dengan manis seolah-olah sedang melihat pacar atau gebetan

How to take your own passport photos

How to take your own passport photos via http://www.cnet.com

Jangan pernah lupa tersenyum supaya hasil pas foto kamu bagus. Tersenyumlah semanis mungkin seolah-olah sedang melihat orang yang kamu taksir. Tapi, jangan sampai kelihatan gigi jika untuk ID card resmi, ya. Oh iya, senyuman juga bikin kamu terlihat lebih rileks dan percaya diri di foto.

Tuh, jadi gimana? Masih mau pose formal dengan kaku? Pastinya nggak, dong!