Ketika kita dihadapkan kepada sebuah tantangan yang memiliki potensi untuk gagal yang tinggi, mungkin kita sering mendengar nasihat “Coba untuk lebih percaya diri!” keluar dari mulut orang-orang di sekitar kita. Dan kerap kali kita membantahnya dengan kalimat, “Andai saja bisa semudah itu.”

Tapi apa itu kepercayaan diri?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepercayaandiri. Pertama: hal yang Anda miliki sejak lahir, seperti gen. Kedua: bagaimana anda diperlakukan. Hal ini termasuk tekanan sosial dari lingkungan anda. Dan ketiga: sesuatu yang ada di  bawah kontrol anda, pilihan yang Anda buat, risiko yang Anda ambil, dan bagaimana caranya anda merespon tantangan dan kemunduran. Dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini, anda bisa benar-benar menumbuhkan tingkat kepercayaan diri pada diri Anda.

 

1. A Quick Fix

Terdapat beberapa trik yang dapat memberi Anda kepercayaan diri dalam waktu singkat. Bayangkan kesuksesan Anda ketika Anda memulai tugas yang sulit, sesuatu yang sederhana seperti mendengarkan musik hal tersebut dapat meningkatkan rasa kekuasaan atau menyemangati diri anda sendiri ketika mulai merasa down. Dengan demikian anda bisa menaiki tangga kepercayaan diri dengan perlahan tapi pasti.

 

2. Percaya Kepada Kemampuan Anda Untuk Berkembang

Jika Anda berencana untuk melakukan perubahan jangka panjang, pertimbangkan tentang apa yang anda pikirkan mengenai kemampuan dan talenta anda. Apakah Anda memilikinya dari lahir (warna rambut, warna mata), atau masih dapat dikembangkan, seperti otot? Keyakinan mengenai hal ini sangat berarti karena dapat mempengaruhi bagaimana Anda bertindak ketika Anda menghadapi kemunduran.

Jika Anda memiliki pikiran yang pasti, dapat berarti kalau anda berpikir bahwa kemampuan anda sudah tidak bisa dikembangkan, dan anda mungkin akan menyerah setelah berasumsi bahwa talenta yang anda temukan bukan di bidag yang anda bisa. Tetapi jika anda memiliki jalan pikir yang berkembang dan berpikir bahwa kemampuan anda bisa dikembangkan, sebuah tantangan akan menjadi kesempatan untuk belajar dan berkembang.

3. Berlatih Untuk Gagal

Terima kenyataan kalau Anda akan gagal suatu ketika. Semua orang pun akan mengalami hal tersebut. J.K. Rowling telah ditolak oleh 12 penerbit berbeda sebelum akhirnya diterima untuk menerbitkan Harry Potter. Sebuah studi menunjukkan bahwa merea yang sering gagal dan tetap mau mencoba apapun yang terjadi akan memiliki respon yang baik terhadap tantangan dan kemunduran, dengan cara yang membangun. Mereka akan belajar mengenai penggunaan strategi yang berbeda, bertanya dan meminta bantuan kepada orang lain, serta bagaimana caranya untuk tetap bertahan.

4. Menjaga Kebugaran Tubuh

journal 20FIT

journal 20FIT via http://journal.20fit.co.id

Anda pasti sering mendengar kalimat “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”, bukan? Jika 3 tips sebelumnya lebih merujuk kepada kesehatan jiwa, di tips ke-4 dan terakhir ini mari kita berbicara tentang kesehatan fisik. Untuk menjaga kebugaran tubuh tentu saja anda harus berolahraga secara rutin.

5. Jangan bosan untuk belajar

Pelajari beragam skill dan hal baru yang belum pernah anda ketahui. Hal ini akan membuka wawasan anda dan membantu anda menjadi lebih percaya diri dalam pergaulan. Dengan wawasan yang luas, anda akan dapat ngobrol dengan banyak orang baru dan pada akhirnya akan membuat anda menjadi lebih percaya diri!