Jika kamu mempunyai website, tentu kamu ingin mengetahui seberapa populer website atau blog yang kamu kelola. Popularitas website merupakan tolok ukur dan bahan acuan bagi webmaster maupun advertiser. Di internet telah tersedia web based tool untuk melakukan hal tersebut dengan acuan yang berbeda-beda, bisa dari traffic atau pengujung, atau berdasarkan tautan yang mengarah ke sebuah website atau dikenal dengan istilah backlink.

 

1. Alexa

Alexa merupakan website statistik milik marketplace raksasa amazon. Kamu bisa menggunakannya secara gratis untuk mengetahui popularitsas sebuah website berdasarkan traffic dan juga tautan yang mengarah ke sebuah website. Kamu juga bisa mengetahui demographic pengunjung, kata kunci terpopuler, situs yang relevan dengan situsmu dan juga perilaku dan pengunjung.

2. Similarweb

Similarweb merupakan situs andalan penulis untuk mengetahui popularitas sebuah website, dari tools sejenis similarweb memberikan data yang mendekati akurat. Di sini kamu bisa mengintip traffic dan juga darimana traffic itu berasal, baik dari direct traffic, refferal traffic, mesin pencari, social media dan email marketing secara details.

3. Quantcast

Hampir mirip dengan alexa kamu juga bisa mengetahui popularitas sebuah website berdasarkan traffic rata-rata perbulan dan mendapatkan data-data penting. Namun tidak semua website bisa di test menggunakan quantcast, untuk membantu website kamu berada di quantcast kamu bisa melakukan validasi website.

4. Ahrefs

Ahrefs merupakan tool yang biasanya di pake untuk competitor analysis berdasarkan backlink. Ranking ahrefs berpaku pada tautan yang mengarah pada website. Ahrefs global rank DR (Domain Rank) UR(Url Rank). Tool ini bisa membedah secara details tautan yang mengarah ke halaman website, Namun anda haru menjadi member untuk memakai lebih jauh.

5. Majestic

Majestic juga tools yang dipakai untuk membedah backlink. Anda bisa mempelajari lebih lanjut formula popularitas backlink majestic di halaman overview atau FAQ. Semakin banyak dan berkualitas tautan yang mengarah ke dalam halaman website maka akan semakin bagus pula tingkat perankingannya.