Mendaki ke gunung maupun berlibur ke  laut sudah menjadi hal yang wajar bagi para traveller , sesekali mengubah liburan anda dengan menikmati arus air sungai yang menantang adrenalin juga bisa menjadi alternatif pelipur lara atau patah hati, mengapa dikatakan seperti itu ? . alasan nya simple, arung jeram ini cocok bagi anda yang sedang merasa penat ataupun patah hati karena anda bisa teriak-teriak mengeluarkan isi hati sepuas anda tanpa harus pergi ke tebing karang di laut seperti orang mau bunuh diri hehehe,  dengan cara ini anda bisa mendapatkan keuntungan yang positif, selain teriak-teriak mengeluarkan uneg-uneg isi hati anda juga bisa menambah keakraban dengan teman maupun sahabat anda dengan momen berbeda lewat olahraga arung jeram ini dan yang sudah mempunyai kekasih pun juga sangat cocok jika liburan anda dengan kekasih dilakukan dengan arung jeram ini , selain tambah dekat kalian juga bisa belajar mengimbangi satu sama lain , berikut beberapa tempat arung jeram  yang patut anda kunjungi bersama keluarga , kekasih sahabat , maupun sendiri :  

 

1. X-Badeng Adventure Banyuwangi

x badeng adventure

x badeng adventure via http://www.telusurindonesia.com

Tempat wisata x-badeng berada di Dusun Sumberagung Desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Kali Badeng merupakan sungai yang berarus deras dengan jenis bebatuan kecil hingga besar yang mengalir dari kaki Gunung Raung. Belum lagi pemandangan yang masih asri di hamparan hutan pinus dengan cuaca yang sejuk. peralatan yang digunakan adalah ban bagian dalam truk FUSO yang dimodifikasi. Di tengah-tengahnya dilengkapi dengan tali pengaman untuk pegangan dan dudukan untuk pantat. Di bagian siku dan lutut juga dilengkapi pengaman (decker) seperti pada olahraga roller blade/ in line skate. Yang paling menantang dai arung jeram di X-Badeng adventure ini adalah satu orang satu ban yang akan menguji adrenalin kita dengan menyusuri Kali Badeng, karena Kali Badeng ini memang terkenal dengan arusnya yang deras dan airnya yang segar serta dingin.ada tiga paket perjalanan yang ditawarkan oleh X-Badeng Adventure yaitu extreme 1 dengan jalur sepanjang 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4-6 jam , ekstreme 2 sepanjang 4 kilometer dengan waktu sekitar 2-3 jam serta dengan ekstreme 3 dengan jarak 1,5 kilometer dengan waktu sekitar 1-1,5 jam. Harga yag dipatok sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribu sesuai dengan jalur yang dipilih (Harga sewaktu-waktu berubah). Nah, yang terbanyak pengunjung memilih jalur ekstreme 2. Ada sekitar 10 titik jeram yang akan dilewati jika memilih jalur ekstreme 2. Menantang, tinggi, panjang dan deras. Boleh dicoba nih untuk para Jomblo hehehe

2. Karo Rafting Adventure Banyuwangi

Berbeda dengan X-Badeng Adventure , di Karo Rafting ini kita bisa menikmati arung jeram rame-rame dengan keluarga maupun sahabat , letaknya yang di bawah kaki Gunung Raung tepatnya di Desa Sumber Bulu Songgon kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Untuk akses ke Karo Adventuresangat mudah karena dapat dilewati oleh transportasi umum dan banyak petunjuk untuk menuju ke Karo Adventure . arus perjalanan Sungai untuk Rafting di Karo Adventure ini panjangnya kurang lebih 13 Km,dengan waktu pengarungan kurang lebih selama 3 jam pengarungan dan melintasi 2 desa dengan jumlah jeramnya 25 jeram yang terdiri dari besar, sedang dan ringan, serta sisi kanan kiri hutan berupa hutan pinus sanggup menjadi daya tarik tersendiri. Anda akan dipandu oleh Guide/Skiper yang berpengalaman karena para skiper ini telah bersertifikat FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia)terdapat bermacam-macam paket wisatanya. Yaitu ada 3 paket yang dapat dipilih disana; paket track 6km, 3,5km serta 2 km. Tiap kepala dikenai biaya 150 ribu rupiah untuk track 6 km, 125 ribu rupiah untuk track 3,5 km, dan 100 ribu rupiah untuk track 2km. Minimal paket wisata adalah 4 orang. Harga sudah termasuk biaya masuk, transportasi menuju start, persewaan perahu karet, pelampung, fee pendamping, biaya asuransi serta konsumsi (harga sewaktu-waktu berubah).

3. Bosamba Rafting Bondowoso

bosamba rafting Bondowoso

bosamba rafting Bondowoso via http://bondowosokab.go.id

Bosamba yang kepanjanganya adalah Bondowoso Sampean Baru , sesuai dengan namanya Bosamba Rafting ini berlokasi di Sungai Sampeanbaru desa Tamankrocok kecamatan Wonosari, kabupaten Bondowoso atau berjarak sekitar 12 km dari kota Bondowoso , yang bersumber dari 6 anak sungai yang berasal dari Gunung Putri, panjangnya kurang lebih 14 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam pengarungan, melintasi di antara 5 desa dengan jumlah jeramnya 27 jeram, besar dan kecil. Keunikan dari Bosamba Rafting adalah ketika anda mengarungi sungai anda akan melewati 3 air terjun dan Goa Kelelawar yang menambah serunya Rafting di Bosamba Rafting. Di tengah sungai ada batu besar, yang oleh masyarakat sekitar disebut sebagai batu Titanic. Bentuknya  menyerupai buritan depan kapal Titanic. Tidak perlu khawatir kehilangan momen, pasalnya Bosamba rafting juga menyediakan fotografer yang akan mengabadikan keseruan selama arung jeram berlangsung. Untuk berarung jeram dipatok harga Rp175 ribu per orang, sudah termasuk welcome drink, makanan kecil dan makan siang.  Waktu pemberangkatan  petualangan  ini mulai pukul 08.00, pukul 12.00 dan pukul 14.00 WIB. Tetapi jika ada keterlambatan pada trip-trip sebelumnya, maka pemberangkatan terakhir adalah pukul 15.00 WIB.

4. Songa Rafting Probolinggo

songa rafting Probolinggo

songa rafting Probolinggo via http://raftingsongaprobolinggo.com

Kabupaten Probolimggo selain dikenal dengan Gunungnya yang cantik yaitu Gunung Bromo , juga mempunyai olahraga arung jeram yang tidak kalah menarik yaitu Songa Rafting yang terletak di Sungai Pekalen Desa Ranu Gedang kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Sungai ini berasal dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sekitar 5-20 meter dan kedalamanya sekitar 1-3 meter. Di Songa Rafting inidibagi menjadi 3 Bagian yaitu Sungai Pekalen Atas (Beautiful Trip) dengan jarak 12 km. Yang kedua Sungai Pekalen tengah (Fantastic Trip) dengan jarak 7 km , yang ketiga Sungai Pekalen Bawah (Incredible Trip) jaraknya 10 km , ketiga bagian ini mempunyai pesona yang sama yaitu anda bisa melihat gua-gua kelelawar dan air terjun di pinggir tebing di sepanjang perjalanan rafting. Biaya yang anda butuhkan untuk menikmati arung jeram di Songa Rafting Probolinggo adalah 240.000 – 300.000 dengan minimal 5 orang , sudah mendapatkan asuransi dan konsumsi , ayo bisa dicoba untuk anda yang sedang berwisata di Gunung Bromo untuk mampir sejenak di Songa Rafting Probolinggo.

5. Kasembon Rafting Malang

kasembon rafting malang

kasembon rafting malang via https://www.google.com

Kota malang tidak diragukan lagi untuk wisata alamnya , kota yang dikenal dengan sebutan kota apel ini , mempunyai beragam objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi , salah satunya adalah Kasembon Rafting yang terletak di di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon. Dari kota Malang, Kasembon Rafting berjarak sekitar 65 km atau sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Dibuka pada tanggal 9 Desember 2006 oleh Bupati Malang, Sujud Pribadi, obyek wisata ini memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi Kasembon Rafting dikelilingi oleh pegunungan dan bukit, serta pemandangan alami persawahan di sisinya. Arus sungai di kawasan wisata arung jeram ini memiliki 5 kanal dengan ketinggian 2-3 meter dan tingkat kesulitan berkisar level 2-3. Terdapat sekitar 8 jeram, beberapa di antaranya dengan ketinggian hingga 4 meter sehingga cukup menantang para rafter. Menariknya, rafting di Kasembon ini tidak memandang musim, baik musim kemarau maupun hujan tetap bisa dilakukan. Pasalnya, air sungainya berasal dari Bendungan Mendalan. Besar kecilnya air bisa diatur sehingga memudahkan pilihan bagi rafter pemula atau profesional. Harga satu paket wisata arung jeram untuk Family Trip adalah Rp 165.000 per orang dengan peserta minimal 5 orang. Harga paket Adventure Trip sebesar Rp 215.000 dengan peserta minimal 10 orang, dan paket  Night Rafting sebesar Rp 200.000 dengan peserta minimal 5 orang. Sedangkan paket Natural Package dipatok Rp 225.000 per orang dengan peserta minimal 5 orang, dan paket Raft & Fun Games Rp 225.000 per orang dengan peserta minimal 30 orang. Tersedia 28 perahu dengan berbagai ukuran. Satu perahu diisi 4–5 orang, tergantung kapasitas perahu.

6. Rafting Pacet Mojokerto

Rafting Pacet Mojokerto

Rafting Pacet Mojokerto via http://www.pacetadventure.com

Wisata air panas pacetyang terletak di Mojokero Jawa Timur juga memilki wisata arung jeram yang tak kalah menarik , Rafting Pacet Mojokerto yang berlokasi di Sungai Kromong Kabupaten Mojokerto Jawa Timur ini menawarkan berbagai tantangan jeram, dengan tarif 150.000-250.000 min 4 orang , anda sudah bisa menikmati serunya rafting di Arung Jeram pacet mojokerto , setelah berseru ria di Rafting Pacet Mojokerto anda juga bisa langsung merilekskan diri di wisata air panas pacet.

 

Itu tadi beberapa arung jeram yang berlokasi di Jawa Timur , bisa dicoba , dan tidak ada salahnya anda berteriak-teriak di arung jeram , toh tidak ada yang tahu kalau sebenarnya anda putus cinta atau sedang patah hati hehehe , selamat menghilangkan stress dan selamat berteriak ria, semoga bermanfaat.