Setelah banyak sekali beredar kabar yang tidak menyenangkan terkait perampokan yang terjadi di pulomas, terjadi lagi banyak perampokan lainnya di sekitar rumah kita, mungkin anda takut dan sangat khawatir meninggalkan anak anak anda di rumah ketika anda sedang bekerja, karena bahkan CCTV pun belum tentu bisa melindungi rumah anda dari incaran maling

 

1. Gembok yang mantap

gembok-padlock

gembok-padlock via http://www.rumah-hook.com

Pagar Rumah dengan gembok yang mantab akan terasa menyenangkan, halangi juga sela sela pagar mu dengan hiasan kayu atau mika, jangan pernah tinggalkan pagar dalam keadaan tidak terkunci, meski di rumah anda adalah daerah perumahan mewah dengan CCTV, Belum membuat maling takut

Jika Rumah anda ada di pinggir Jalan Raya, tidak ada salah nya membuat pagar yang tinggi sehingga tidak mampu dipanjat oleh maling, dan juga kalau bisa pasang juga kawat kawat diatasnya

2. Halangi pemandangan di dalam rumah

Jangan membiarkan orang di luar rumah mudah melihat bagian dalam rumah anda. Sebaiknya halangi pemandangan di bagian dalam, misalnya dengan menggunakan kaca film yang terlihat gelap dari luar, atau gunakan tirai tipis untuk menutupi jendela dan kaca rumah. Semakin mudah pencuri melihat kondisi bagian dalam rumah, dia akan semakin mudah menemukan kelemahan di dalam rumah Anda.

3. Buat Pintu Rumahmu Anti Maling

pintu-anti-maling

pintu-anti-maling via https://pixabay.com

Ini juga merupakan sesuatu yang penting, buat pintu kamu terasa juga untuk dijebol maling, seperti gunakan kayu yang terlihat kokoh dan pandang (contoh : kayu meranti), dan pakai beberapa besi dan perkuat dibagian dalam (agar maling tidak mampu meng-cokel kusen pintu anda), ganti kunci mu dengan Kunci Pintu DEADBOLT, Dan juga pasang door viewer (lubang intip,sehingga kamu bisa cek siapa di luar sana, karena CCTV belum tentu dipasang 24 jam), atau bisa juga kamu menggunakan alarm sensor gerak, jadi bisa meng-indifikasi orang yang tidak dikenal mendekati rumah anda.

4. Akrab dengan tetangga

tetangga-yg-ramah

tetangga-yg-ramah via http://www.citrarayagroup.com

Mengapa? Karena pastinya Kondisi lingkungan rumah yang sepi, gelap, dan tak saling mengenal antar tetangga akan menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan.

Pasalnya, tetangga tidak akan mengetahui apa yang terjadi pada rumah sebelahnya.
Untuk itu, biasakan untuk membina hubungan yang akrab antarlingkungan. Misalnya dengan mengadakan pertemuan setiap minggu lalu melakukan patroli keamanan. Melihat lingkungan yang akrab dan saling mengenal, pencuri akan berpikir ulang untuk mengintai area Anda.

5. Ada anjing penjaga

Bila rumah Anda cukup besar, memelihara anjing penjaga tentu tak ada salahnya. Anjing selalu dapat ‘mencium’ orang yang mencurigakan. Mereka akan bersikap galak dan berusaha memberikan tanda jika mencurigai seseorang. Lagipula pelaku kejahatan biasanya akan menghindari rumah yang mempunyai anjing.

 

6. Nyalakan lampu di ruang tamu

Lampu-Tamu

Lampu-Tamu via http://ruangtamu.net

Selain teras rumah serta sudut rumah lainnya yang harus dibiarkan terang, lampu di bagian dalam ruangan pun sebaiknya juga dibiarkan terang. Jika hanya bagian luar yang terang sementara bagian dalamnya gelap, pelaku kejahatan akan menyadari bila rumah Anda kosong. Trik film Home Alone yang selalu membuat rumahnya seakan ramai bisa dicoba, misalnya dengan menyalakan lampu ruangan serta menyalakan musik.

Bagaimana? Mudahkan? Mungkin memang dibutuhkan usaha yang lebih, akan tetapi sesuai dengan hasilnya, Sediakan lah payung sebelum Hujan adalah motto yang tepat untuk anda yang tidak ingin kemalingan, semoga bermanfaat yah, terima kasih.