Hampir semua media chatting menyediakan fiture group. Group ini biasa terdiri lebih dari dua anggota. Yang fungsinya bisa beragam. Dimulai sebagai media untuk nostalgia dengan teman lama yang nggak bisa ketemu secara real, keperluan bisnis, tempat untuk bahas gebetan, pacar atau gosip terkini alias tempat curhat. Yang pasti kamu bisa berkomunikasi dan bertukar informasi disini.

Nah, berapa jumlah group yang kamu punya? Seberapa aktif kamu nimbrung disana? member yang seperti apa sih kamu? Ada beberapa tipe member yang biasanya ada dalam sebuah grup.

1. Inisiatif

Bicara lebih dulu boleh kok via http://www.google.com

Tipe yang pertama adalah member yang inisiatif. Biasanya tipe ini adalah orang yang paling rajin menyapa “Good Morning” atau sapaan lain pada umumnya. Yang bisa tiba-tiba nongol dengan bahasan random baik yang berisi atau sekedar basa-basi. Mottonya : Biar group ini terasa hidup.

2. Silent reader

Yang penting uptodate via http://www.google.com

Nah, tipe yang ini tipe yang gemesin yang memegang prinsip ‘misterius’. Tahu banget semua isi chatting dalam suatu grup tapi nggak pernah nimbrung. Dia tertawa waktu ada cerita yang menggelikan, dia kesal kalau ada bahasan sensitif, dia berkomentar kalau ada yang meminta pendapat. Tetap hanya dia saja yang tahu, tidak dituangkan dalam grup. Cuk-tau alias cukup tahu aja. Yang penting saya up to date.

3. Komentator

Berkomentar itu perlu via http://www.google.com

Advertisement

Ada yang inisitif ada juga yang ber-komentar. Tipe yang satu ini memang terasa bersinergi dengan semua informasi yang jadi bahan obrolan dalam sebuah grup. Komentar yang mendukung atau tanggapan ketidaksetujuan bisa saja di lontarkan oleh si komentator ini. Untuk tipe ini bisa mengandung dua sih, inisitif sekaligus komentator. Penggerak banget untuk rame atau tidaknya sebuah grup.

4. Joker s

Gue lucu nggak? via http://www.google.com

Si humoris dalam sebuah grup memang memberikan nafas yang segar. Paling tidak kalau suasana lagi bosen banget dan tiba-tiba jokers muncul digrup dengan kata-kata konyolnya menjadi hiburan penepis rasa bosan. Terkadang member dengan tipe ini, menjadi penengah lho di saat ada perdebatan atau ketegangan dalam sebuah topik. Bahkan, jokers ini bisa jadi bahan ‘bully-an’ karena membuyarkan konsentrasi sebuah percakapan. Pernah mengalami?

5. Aktif nggak aktif

i’m just silent via http://www.google.com

Dari sekian banyak jumlahnya member yang ada, siapa yang ngeh kalau si dia tuh salah satu anggota grup kamu? Tipe aktif nggak aktif ini, mirip dengan silent reader bedanya ia sama sekali nggak pernah tau isi atau konten pembahasan dalam grupnya. Nggak membaca sama sekali atau clear conversation. Hanya dia masih enggan untuk hengkang.

6. Tukang Curhat

Inner circle via http://www.google.com

Ada dalam sebuah grup bisa jadi karena kedekatan kita dengan member lainnya. Sehingga alasan itulah yang digunakan oleh tipe si tukang curhat ini untuk menumpahkan segala isi hatinya. Sah-sah saja melakukannya. Selagi nggak ada yang protes.

Kalau kamu tipe member yang mana?