Bulan puasa adalah bulan yang istimewa dibanding bulan lainnya. Bukan berarti bulan lain tidak spesial, namun di bulan Ramadhan ini, Allah SWT membuka pintu surga sebesar-besarnya dan memberikan pahala yang berlimpah kepada umat muslim. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita jangan sampai melewatkan momen berharga untuk melaksanakan ibadah sebaik-baiknya di bulan yang penuh berkah ini. Setiap perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan ini akan diberikan pahala yang berlipat oleh Allah SWT.

Nah, 6 kegiatan ini bisa kamu lakukan untuk menambah pahala ibadah puasa kamu sekaligus memperdalam ilmu agamamu.

1. Selain ajang hura-hura bersama teman, Buka Puasa Bersama bisa jadi ajang berbagi kebaikan

Buka puasa bersama teman dan keluarga via http://ramadhan.pojoksatu.id

Buka puasa bareng temen bisa jadi hal yang paling ditunggu-tunggu dalam moment puasa Ramadhan. Dari mulai agenda bukber temen SD, SMP, SMA, Kuliah, teman kantor hingga keluarga besar, tak heran kalau kegiatan bukber ini bisa dijadikan ajang temu kangen, nostalgia serta silaturahmi dengan kerabat yang jauh dan jarang ketemu. Sayangnya, tak jarang kegiatan bukber ini jadi ajang hura-hura semata.

Nah, untuk menghindari hal yang mengurangi pahala puasa, yuk jadikan ajang bukber tahun ini sebagai ladang amal kebaikan buat kita. Bukber yang seru ga harus diadakan di cafe mahal, kita bisa melakukan bukber dengan anak yatim di panti asuhan atau masjid sekitar rumah. Kita juga bisa membuat games kecil yang menarik untuk menghibur para anak yatim. Selain sebagai momen kebersamaan, momen ini juga bisa membuat kita senantiasa untuk ingat bersyukur atas segala rezeki yang kita miliki.

2. Asal dilakukan dengan benar, Sahur On The Road tetap bisa jadi pilihan untuk meraih pahala Ramadhan

Berbagi makanan sahur kepada sesama via http://4.bp.blogspot.com

Siapa yang tidak mengenal sahur on the road? Walaupun beberapa hari belakangan ini SOTR memiliki pro dan kontra, asal dilakukan dengan baik, tujuan SOTR akan sangat bermanfaat dan menambah pahala kita jadi berkali lipat loh. Melalui kolaborasi bareng komunitas disekitarmu, kamu bisa membagikan kotak nasi kepada para tunawisma atau warga yang tidak mampu. Disini, saatnya kamu melatih kepekaanmu terhadap sesama  dan rasa syukurmu kepada Sang Pencipta dengan sahur bareng mereka.

3. Tidak hanya saat bulan Ramadhan, memberi santunan kepada anak yatim masih menjadi agenda yang wajib dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur

Advertisement

Memberi santunan berbuka kepada anak yatim piatu via http://tango.image-static.hipwee.com

Amal yang tak pernah terputus walau kita sudah tiada alah satunya adalah sedekah jariah. Pada bulan Ramadhan ini, saatnya kita berlomba lomba untuk melakukan sedekah agar amalan kita tetap mengalir. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara memberikan santunan kepada anak yatim. Buat kita yang memiliki kelebihan baju dan sepatu, daripada dibuang lebih baik disedekahkan kepada para anak yatim.

Menabung itu penting untuk masa depan, tapi bolehlah sebagian tabungan kita disisihkan untuk membelikan sarung dan mukena untuk mereka. mereka dapat pahala beribadah kitapun juga mendapatkan pahala sedekah.

4. Hanya dilakukan setahun sekali, Sholat Taraweh berjamaah di masjid jadi momen yang tak boleh dilewatkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan

Solat Tarawih berjamaah via https://tennynadim.files.wordpress.com

Melihat masjid penuh untuk melakukan solat isya dan solat traweh berjamaah adalah moment yang hanya ada dibulan Ramadhan. Jadikan kesempatan bulan penuh berkah ini untuk melakukan solat berjamaah di mesjid bersama keluarga. Selain mendapat pahala 27kali lipat, solat traweh juga menjadi kesempatan untuk membambah pengetahuan kita mengenai agama Islam. eits, jangan lupa buku ramadhannya dibawadan ditanda tangan pak ustadz ya.. 🙂

5. Di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, saatnya berburu malam Lailatul Qadar dengan melakukan I’tikaf di Masjid

Yups ! 10 hari terakhir bulan Ramadhan merupakan kesempatan kita sebagai muslim untuk semakin rajin meraup pahala yang diberikan oleh ALLAH SWT. Selain untuk mempertebal keimanan kita, I'tikaf juga dapat memperdalam ilmu agama kita. Dengan I'tikaf yang khusuk kita juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Jadi, setelah melakukan i'tikaf, kita semakin sadar akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dan evaluasi diri kita untuk menjadi manusia yang lebih baik dan taat.

6. Patungan THR atau hadiah lebaran untuk orang baik di sekitar kita yang sering terlupakan

Kalau kegiatan-kegiatan yang diatas udah terlalu mainstream untuk dilakukan, melakukan patungan bareng komunitas atau teman dan keluarga bisa jadi alternatif baru untuk melakukan kebaikan di bulan suci ini. Salah satu kegiatannya misalnya patungan untuk memberikan hadiah lebaran seperti mudik gratis untuk orang-orang tercinta disekitar kita seperti pak satpam, penjaga sekolah, bapak kos, asisten rumah tangga, OB di kantor, sebagai salah satu bentuk rasa cinta dan terimakasih kita atas kerja keras mereka selama ini.

Kalau kamu kesulitan buat mencari donatur, ada banyak situs donasi yang bisa kamu lirik untuk membuat kampanye donasi secara gratis. Situs donasi bisa membantu kamu menemukan donatur-donatur yang memberi kamu dana agar goal kamu untuk memberikan hadiah lebaran kepada orang-orang yang kamu sayang bisa trealisasi. Caranya dengan membuat kampanyemu di situs donasi tersebut, jangan lupa sebarkan informasi mulia ini kepada teman-teman, kerabat serta keluargamu agar mereka bisa ikut berdonasi.

Semakin banyak orang yang ikut berdonasi melalui kampanyemu semakin banyak pula orang yang mendapatkan pahala melalui donasi tersebut. Apabila dilakukan sendiri akan sulit, namun apabila dilakukan bersama-sama akan lebih baik, bukan?