Banyak yang bilang kalau Jodohmu adalah cerminan dirimu. Jodohmu sebanding dengan kualitas dirimu, tapi pernyataan tersebut tidak selamanya benar karena pasti ada disaat dimana kamu tidak bisa mendapatkan seseorang yang sama baiknya denganmu atau malah lebih baik darimu.

Beruntungnya kalau kamu mendapatkan yang lebih baik, tapi kalau kamu mendapatkan hal sebaliknya, ternyata pasangan yang kamu harapkan sama kualitas dan kebaikannya dengan mu malah tidak sesuai yang kamu harapkan, itulah tandanya kamu sudah salah memilih pasangan.

Saat kamu memaksakan diri untuk terus bertahan dengan orang yang salah, sama halnya kamu sudah membuang-buang semua waktu, materi dan tenagamu pada hal yang tidak berguna. Karena dalam sebuah hubungan pasti ada yang namanya komitmen, pengorbanan dan biaya yang tak sedikit tentunya.

Jika kamu terus memaksakan diri bertahan dengan orang yang salah dengan alasan kamu sudah terlalu lama menjalin hubungan dengannya, kamu malu dengan lingkungan dan orang terdekatmu kalau terlihat tidak punya pasangan, maka kamu sudah mengambil jalan yang salah, keputusan yang bodoh.

Ciri-ciri lain saat kamu memilih orang yang salah adalah pasangan memperlakukan mu tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, pasangan berani bertindak kasar baik dari fisik maupun emosional, selalu menyalahkan mu, tidak pernah menghargaimu, sering berbohong dan pernah berselingkuh atau tidak serius menjalin komitmen dengan mu.

Tandanya kamu harus segera mengambil tindakan untuk mengakhiri hubungan mu dengan orang yang salah atau kamu akan mengalami 6 kerugian ini jika terus bersama dengan orang yang salah:

1. Tidak akan pernah merasakan kebahagiaan dan ketenangan hidup jika terus bersama orang yang salah

kebiasaan-yang-membuat-anda-tidak-bahagia via http://wikihai.com

Sudah jelas kamu tahu bahwa kamu bersama dengan orang yang salah, tapi kamu masih saja mempertahankan hubungan mu dengan harapan dia bisa berubah menjadi lebih baik. Percuma saja! Kamu hanya akan membuat dirimu kelelahan dan stress menghadapi sikap pasangan yang memperlakukan mu seenaknya dan tidak menghargaimu.

Bukankah tujuan mu menjalin hubungan dengannya adalah untuk saling membahagiakan? Tapi kalau dengan bersama justru membuatmu stress menghadapi semua sikapnya, kamu harus berani untuk meninggalkannya. Kamu harus tegas untuk memperjuangkan kebahagiaanmu.

Tidak peduli seberapa kuat dan sabarnya kamu menghadapi sikap pasangan mu, tapi jangan terus memaksakan hubungan yang sudah tidak baik untuk kamu pertahankan.

2. Menyia-nyiakan waktu bersama orang yang salah

wasting-time via http://kampusupdate.com

Advertisement

Bertahan dengan orang yang salah sudah pasti kamu sudah menyia-nyiakan waktu mu.

Harusnya kamu menyadari bahwa tiap hari, jam, menit dan detik waktu mu sangat berharga dan tidak seharusnya kamu menyia-nyiakannya dengan terus bertahan dengan orang yang sering memperlakukanmu dengan buruk, tidak bisa memberi kepastian tentang hubungan kalian dan sering menghilang dan menggantungkanmu dengan status yang tidak jelas.

Mungkin dia bisa saja memberikan alasan yang baik untuk membuatmu tetap bertahan, tapi apakah kamu tidak sayang pada dirimu sendiri dan waktu berharga mu yang sudah kamu habiskan dengan orang yang salah, orang yang tidak bisa memberi kepastian.

3. Kehilangan sudut pandang hidupmu

Saat kamu sudah sadar bahwa kamu sudah salah memilih pasangan tapi kamu memaksakan diri untuk terus bertahan dengannya, sama saja kamu sudah membuang semua sudut pandang, standar dan karakteristik pasangan ideal yang kamu impikan selama ini. Pasangan yang bisa memperlakukan mu seperti apa yang kamu inginkan.

Dan dengan terus bertahan dengan orang yang salah, yang tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan sama saja kamu terus membohongimu dirimu sendiri untuk bisa menerimanya.

4. Melewatkan kesempatan untuk bertemu dengan orang yang tepat

lost chance via https://www.flickr.com

Ingat, ada orang yang lebih tepat untukmu diluar sana yang sedang menunggu keberanianmu untuk keluar dari zona nyaman mu bersama dengan orang yang salah selama ini. Ada orang yang lebih tepat yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan sedang menunggu mu tapi kamu tidak akan pernah menyadari keberadaannya kalau kamu terus bertahan dengan pasangan mu yang sekarang.

Pasangan terbaik mu adalah orang yang tepat, kalau kamu masih saja bersama dengan orang yang salah, mana mungkin kamu mendapatkan pasangan terbaik mu?

5. Melewatkan waktu luang dengan orang-orang terdekatmu (teman-teman dan keluarga)

stop wasting time via http://myshopdiscountsblog.com

Secara tidak langsung saat kamu terus bersama dengan orang yang salah kamu juga kehilangan momen-momen berharga dengan teman dan keluarga mu. 

Kamu hanya terus mengorbankan waktu mu untuk terus bersama dengan orang yang salah. Siapkah kamu mengorbankan waktu berhargamu hanya untuk terus bersama dengan orang yang salah?

6. Menyia-nyiakan semua pengorbanan dan investasi pada orang yang salah

burning money via http://www.sheknows.com

Coba pikir 2 kali sebelum kamu menginvestasikan banyak materi, waktu dan tenagamu pada orang yang salah. 

Semakin banyak kamu berinvestasi pada orang yang salah, semakin kamu takut untuk kehilangan dan meninggalkannya.

Karena kamu sudah terlalu banyak berkorban dan tidak mungkin kamu menyia-nyiakan semua pengorbanan mu begitu saja. Itulah yang menjadi alasan mu untuk tetap bertahan dengannya selama ini.

Sekarang kamu harus mempertimbangkan lagi bagaimana pasangan mu yang sekarang. Apakah kamu yakin sudah bersama dengan orang yang tepat atau kamu masih meragukannya. Kamu bisa baca inilah 7 ciri-ciri pria yang tidak pantas dipertahankan sebagai bahan pertimbangan apakah dia memang pasangan yang tepat untuk mu ataukah tidak.

Jangan hanya membuang-buang waktu mu bersama orang yang salah. Semakin banyak kamu menyia-nyiakan waktu mu bersama orang yang salah, semakin kamu membiasakan dirimu dengan perlakuan buruknya dan tanpa sadar kamu akan merasa bahwa tidak ada yang salah dengan hubungan mu yang buruk itu.