Ya, kerja merupakan sebuah hal yang akan di jalani setiap orang di dunia ini. Karena bukan hal yang tidak mungkin lagi kita akan melewati hal ini, karena kerja merupakan hal yang bisa mencukupi keinginan,dan memenuhi semua kebutuhan hidup. Nah sebelum kita bekerja pastinya kita akan melalui proses yang panjang mulai dari tes secara tertulis, tes psikologi, dan yang paling mendebarkan dari semua tes adalah tes interview. Tes Interview merupakan tes dimana kita akan di lihat semua pengetahuan kita dan tentunya bagaimana sikap kita dalam berhadapan dengan orang lain ya. So buat kamu yang akan menjalani tes interview ini ikuto langkah berikut supaya kamu tidak dipandang sebelah mata dan terlihat mempesona di hadapan orang yang menginterview kamu

 

1. Buat CV yang Menarik dan Antimainstream

Kenapa cv bisa mempengaruhi pesonamu dalam interview?
Karena cv adalah komponen utama dimana kita menuliskan semua tentang diri kita, dan apapun yang pernah kita capai selama ini. Selain itu sebelum interviewer mulai mengajukan pertanyaan maka akan melihat CVmu terlebih dahulu.Buat cvmu semenarik mungkin dengan penuh kreatifitas yang kamu miliki, karena dengan memiliki cv yang menarik dan antimainstream maka interviewer akan merasa kagum karena kamu di anggap membuat cv yang tidak biasa-biasa saja. So sekarang kamu bisa bilang selamat tinggal untuk cv yang menggunakan kertas polos putih bertuliskan tinta hitam dengan foto background merah atau biru.

2. Tunjukkan Prestasimu

Ini merupakan sebuah senjata yang bisa kamu tunjukkan terhadap orang yang menginterviewmu. Enggak perlu takut atau malu dengan apapun prestasi yang pernah kamu dapatkan selama ini, tunjukkan kalau memang kamu punya prestasi yang layak untuk di tunjukkan.

3. Buat dirimu Terlihat Segar

Terlihat segar merupakan sebuah point penting ketika kita akan interview. Pada saat interview usahakan kamu bisa tampil menarik dan terlihat segar jangan sampai kamu pada saat akan interview terlihat tidak rapi apalagi berkeringat
arrrghh..... Itu bisa membuat interviewer kamu ilfeel dan nggak akan betah dan nyaman untuk berlama-lama menginterview kamu.

Tidak repot kok untuk membuatmu terlihat segar , caranya cukup mudah yaitu :

1. 1 jam sebelum sesi interview buat dirimu tenang dengan tanpa ada yang membuat kamu stress

2. Cuci muka, atau kalau perlu kamu mandi di tempat kamu akan di interview dengan membawa peralatan mandi kamu.

3. Gunakan parfum yang berbau tidak terlalu menyengat.

4. Gunakan pakaian yang rapi mulai dari atas sampai bawah, dan pastikan terlihat bersih.

dengan langkah di atas bisa membuatmu terlihat segar dan tidak berkeringat. Dan kamu akan bisa membuat orang yang menginterview kamu betah berlama-lama dengan kamu.

4. Minum Air Putih

minum air putih

minum air putih via http://www.hendrawida.com

Ya kita tau semua manfaat air putih sangatlah baik untuk tubuh kita. Dengan meminum air putih sebelum kita interview akan membuatmu sedikit relax karena kamu akan merasakan kesegaran dari air putih yang kamu minum. Dengan begitu kamu akan merasa segar dan relax ketika kamu waktu interview.

5. Buang Rasa Nervousmu Sekarang

Nervous adalah hal yang bersifat manusiawi pada saat kita akan menghadapi sesuatu yang baru kita lakukan atau bahkan yang sering kita lakukan. Hey buat kamu yang suka nervous atau grogi ini saatnya kamu harus membuang jauh jauh rasa grogimu, karena jika kamu grogi maka konsentrasimu akan buyar dan akan sangat mengganggu buat proses tes interview kamu.Berikut tips buat kamu hilangin grogi pada saat interview :

1. Buat mainset positif yang bisa menaikkan rasa percaya dirimu.

2. Jangan buat suasana tegang ketika kamu interview, buat suasana seperti kamu mengobrol dengan teman-temanmu.

3. Jika kamu belum bisa menjawab sebuah pertanyaan karena kamu grogi , kamu bisa beralasan sedikit dengan berpura-pura kamu tidak mendengar pertanyaan interview dan membuat interviewer mengulang pertanyaannya, nah pada saat itu kamu harus berpikir cepat untuk memikirkan jawabannya.

4. Dudu relax

5. Senyum dan jangan pasang wajah raut tegang.

So... sekarang kamu bisa bilang selamat tinggal pada rasa grogimu ya.

6. Jawab Pertanyaan dengan Bijak

jawab pertanyaan

jawab pertanyaan via http://www.levo.com

Menjawab pertanyaan dengan bijak merupakan hal utama ketika kamu melakukan interview. Kamu harus menjawab pertanyaan dengan mengeluarkan segala pengetahuan yang kamu miliki, jika kamu tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan maka kamu jangan menjadi anak sok tahu yang bisa menjawab semua pertanyaan yang di utarakan, bisa saja interviewer berpura-pura tidak tahu untuk mengetes kamu bisa menjawab atau tidak padahal interviewer tahu jawabannya. Jika kamu tidak bisa menjawab namun kamu sok tahu maka perjalanan kamu berakhir di sini , solusinya kamu bisa menjawab dengan bijak dengan jawaban

1. Maaf saya belum mengetahui

2. Maaf saya lupa

3. Maaf saya belum mengerti.

Jadi sekarang kamu harus menjawab dengan bijak setiap pertanyaan dalam tes interview supaya perjuanganmu tidak berakhir dengan sia-sia.

 

Sekarang sudah tahu kan cara supaya membuatmu tampil mempesona dan tidak dipandang sebelah mata oleh interviewer karena kamu sudah menunjukkan hal-hal yang bisa membuat mereka kagum dengan semua yang kamu miliki. Dan paling penting sebelum interview maka kamu harus berdoa supaya diberi kelancaran dan kesuksesan dalam tes interview.