Menguasai bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sangat vital dalam kehidupan modern saat ini. Ke manapun kamu pergi, dalam kualifikasi apapun, pertanyaan tentang "do you speak English?" selalu ditanyakan. Mau belajar komputer, perlu bahasa Inggris. Mau baca buku dengan teori oke, perlu bahasa Inggris. Mau penelitian dan baca jurnal, perlu bahasa Inggris. Mau melamar beasiswa atau melamar pekerjaan (kecuali melamar anak orang), semua perlu bahasa Inggris.

Tapi, sangat disayangkan zaman sekarang masih banyak orang yang menganggap bahwa belajar bahasa Inggris itu susah dan mahal. Padahal, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, bahkan di rumah, yang bisa meningkatkan kemampuan salah satu International ini. Jangan khawatir, gampang dan murah kok caranya. Ini dia!

 

1. Rajin nonton kartun berbahasa Inggris, bisa membuatmu pelan-pelan mengerti dialog dasar dalam bahasa inggris

Film kartun sebagai media belajar bahasa via https://www.google.com

Oooh yeah, kartun, film anak-anak yg menggunakan bahasa Inggris merupakan media yang sangat menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Kenapa kartun? Umumnya kartun yang banyak dialognya memiliki struktur grammar yang baik dan mudah dimengerti karena ditujukan untuk anak-anak. Tapi ingat ya, jangan memilih kartun yang lebih banyak gerakannya dibanding dialognya.

Carilah kartun yang banyak berdialog sehingga akan ada banyak kalimat yang bisa dipelajari. Kartun juga biasanya berdurasi singkat, sehingga tidak terlalu melelahkan untuk diikuti sambil belajar.

2. Bagaimana dengan lagu anak-anak? Gampang banget pasti!

Belajar dari lagu via https://themodernman.com

Lagu merupakan media belajar yang menurut saya juga sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris. Disini, skill yang diasah adalah listening.

Dengan mendengarkan lagu, dan tertarik dengan liriknya, maka akan muncul rasa PENASARAN. That’s it, curiosity atau rasa penasaran merupakan motivasi instrinsik yang kuat untuk memulai suatu kegiatan pembelajaran. Apalagi jika kamu senang mendendangkan lagunya, wah jadi tambah semangat ingin tahu liriiknya. Tapi ingat ya, jangan sekali sekali langsung nge-google liriknya. Cobalah pelan-pelan mendengarkan lalu menuliskan kata kata yang kira kira bisa kamu tebak hanya dengan mendengarkan saja. Nah, setelah itu lalu bisalah di google liriknya untuk mencocokkan apa yang sudah didengar dan ditebak, ya. Ini namanya kalau di dunia pendidikan, fase confirmation yang penting dalam fase pembelajaran.

Kenapa lebih disarankan children song atau old song?

Lagu anak-anak itu biasanya sederhana nbaik lirik maupun struktur kalimatnya. Selain itu iramanya juga cenderung bertempo lambat dan mudah diikuti. Lagu lama juga bisanya masih memiliki struktur grammar yang baik sehingga tidak menyesatkan untuk dijadikan bahan pembelajaran.

Penting bagi seorang pemula untuk belajar grammar yang baik, tidak langsung lompat ke struktur grammar yang slang meskipun itu populer. So, mulai dari old song dan lagu anak-anak dulu yaa, jika sudah mahir bolehlah melaju ke lagu yang bertempo cepat dan menggunakan grammar yang lebih kasual dan populer.

3. Biasakan juga untuk berdialog bahasa Inggris dengan keluarga atau teman sekantormu

Gunakan english klub untuk mengasah speakingmu via http://google.com

Ini bisa juga lho digunakan sebagai bahan pembelajaran yang menyenangkan. Meski kadang agak rikuh di awal, tapi memulai daily conversation dengan seorang kawan akarab di kantor (meskipun sesama WNI) asal sama sama mau belajar, ini sah sah saja.

Coba deh ajak teman sekantor yang ingin belajar bahasa Inggris untuk memulai English day. Skill yang diasah disini adalah speaking dan keberanian berbicara di hadapan publik. Kadang banyak yang merasa malu dan sungkan berbicara bahasa Inggris di depan umum. Takut dianggap sombong atau lebay. Hey, kalau pikiran dogmatis seperti itu terus dipelihara, kapan bisa majunyaaa hehehe. So, jangan perdulikan kalimat sumbang di awal kegiatan ini, ya. Kalau kamu dan teman se English club-mu konsisten, suara sumbang itu perlahan akan hilang, kok.

4. Latihan bicara di depan cermin. Mudah, murah dan bisa kamu lakukan kapanpun

Self talk dengan cermin juga menyenangkan via http://kaskus.co.id

Bagi kamu yang benar-benar tidak punya teman untuk speaking, maka cermin di kamar bisa jadi teman yang baik, lho. Saya yang termasuk penyendiri sering menggunakan cermin atau bahkan pantulan bayangan saya sendiri di kamar mandi dan mulai berbicara Bahasa Inggris. Sendiri? Yup, sendiri.Topiknya sederhana saja, bisa tentang memperkenalkan diri, atau tentang hobi, atau hal yang disukai. Cobalah topik-topik sederhana yang bisa membuatmu nyaman. 

Awalnya memang merasa seperti orang gila, karena berbicara sendiri, tapi akhirnya karena terbiasa, saya pun merasa nyaman. Bagi kamu yang bukan penyendiri seperti saya, cara ini mungkin agak aneh. Tapi benar-benar efektif saat benar-benar tidak ada teman yang diajak bicara, lho. Dan keuntungannya adalah, ada saatnya kamu benar-benar terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris (meskipun sendirian) dan akhirnya mampu berbicara di depan publik.

Skill yang diasah disini adalah speaking tentu saja dan juga karena kamu belajar sendiri, maka motivasi dirinya juga lebih terasa. Coba deh, start mirror speaking hari ini!

5. Rajin menulis diary dengan bahasa Inggris. Meski jadul, ini ampuh juga lho!

Diary untuk belajar menulis via https://www.google.com

Meskipun jadul, media ini juga ampuh untuk mengasah writring skill dalam bahasa Inggris, lho. Saya termasuk yang menggunakan media ini. Awalnya karena saya tidak punya diary yang ada kuncinya (hihi jadul banget), jadi saya memilih menulis dalam bahasa Inggris. Intinya sih biar rahasia aman terjaga. Hihi…

Tapi akhirnya saya jadi terbiasa menulis dalam bahasa Inggris. Di sini, skill yang diasah adalah writing tentu saja. Grammar-mu pun bisa lebih terasah karena sering menulis. Awalnya bisa dari hal-hal sederhana dulu, misalnya tentang pengalamaan hari ini atau kekesalanmu pada seorang teman, lama lama akhirnya kamu jadi terbiasa menulis.

6. Demi kemampuan ‘reading’ yang baik, cobalah untuk membaca buku apapun tentang bahas inggris

Buku anak anak asyik juga lho buat belajar via https://www.google.com

Selain listening, speaking dan writing, reading juga merupakan skill dalam bahasa Inggris yang penting untuk diasah. Kadang reading terasa begitu melelahkan. Untuk itu, mulailah dengan buku buku sederhana. Saya ingat dulu memulai belajar reading dengan buku anak-anak Noddy. Atau buku karangan Enyd Blyton yang mudah dipahami. Seperti halnya lagu dan film, segala sesuatu yang ditujukan untuk anak-anak itu biasanya memiliki struktur grammatical yang baik dan tidak membingungkan pelajar pemula. Carilah buku buku bedtime stories atau buku cerita terkenal semisal Cindrella atau Snow White. Dengan begitu, kamu akan terbiasa belajar sedikit demi sedikt untuk meningkatkan reading skill.

7. Jika ke-6 tahap tadi sudah kamu lakukan, saatnya kamu berani mengajar! Mengajar adik atau anak-anak TK maksudnya

Belajar melalui mengajar via https://www.google.com

Dengan kemapuan berbahasa Inggrismu yang belum begitu sempurna, kamu pun bisa mendedikasikan diri sebagai pengajar, lho. Bukan mengajar di sekolah-sekolah seperti guru pada umumnya, di sini kamu bisa memulai dengan adikmu atau anak-anak TK.

Tentunya, mulailah dengan bahasa Inggris yang sederhana seperti menghafal nama-nama hewan, angka, nama makanan atau alat transportasi. Selain memberikan pengajaran sederhana bagi mereka, kamu pun bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrismu menjadi lebih maksimal lagi!

Gimana, nggak susah 'kan? Asal kamu telaten, dijamin kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat tajam! Good luck…